Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
122Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH FOTOSINTESIS

MAKALAH FOTOSINTESIS

Ratings: (0)|Views: 7,603 |Likes:

More info:

Published by: Yuni Petsembianus Etwiory on Jun 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/19/2013

pdf

text

original

 
MAKALAH FOTOSINTESIS
KATA PENGANTAR
 
Pertama-tama penulis panjatkan puji beserta syukur kehadirat ALLAH SWT. Atasrahmat dan hidayahnya,kita semua masih diberikan nikmat yang begitu besar yaitinikmat iman dan islam.
 
Selain itu penilis mengucapkan terimakasih kepada semuah yang telah membimbingdalam pembuatan makalah ini. Serta kepada semuah pihak yang telah membantudalam pembuatanmakalah ini, yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.
 
Dalam penulisan ini penulis mencoba menyampaikan materi tentang ³FOTOSINTESIS´.Salah satu yang perlu kita ketahui bahwa Fotosintesis adalah suatu proses biokimiapembentukan zat makanan atau energi yaitu glukosa yang dilakukan tumbuhan, alga,dan beberapa jenis bakteri dengan menggunakan zat hara, karbondioksida, dan air serta dibutuhkan bantuan energi cahaya matahari.
 
Untuk itu saya selaku penulis akan sedikit menyampaikan beberapa hal tentang prosesfotosintesis serta perananya pada tumbuhan dan tanaman agar kita bias memahamidan mepelajarinya sebagai tujuan untuk bekal ilmu pengetahuan di masa mendatang.
 
Harapan saya selaku penulis, semoga dengan adanya makalah ini bias memberikansedikit jawaban terutama penuli mengharapkan kritik serta saran yang bersifatmembagun dalam penulisan makalah ini karena penulis menyadari bahwa dalampenulisa makalah ini masih jau dari kesempurna¶anya, sehingga kritik dan saran daripara pembaca sangat besar skali perananya.
 
 Ambon 4 mei 2011
 
 A.Haris Pattyekon
 
DAFTAR ISI
 
Kata pengantar«««««««««««««««««««««««««««
 
Daftar Isi«««««««««««««««««««««««««««««...
 
BAB I Pendahuluan ««««««««««««««««««««««««..
 
a.
 
Latarbelakang ««««««««««««««««««««««««
 
b.
 
Rumusan masalah «««««««««««««««««««««..
 
c.
 
Tujuan Penulisan ««««««««««««««««««««««.
 
d.
 
Tijauan pustaka «««««««««««««««««««««««.
 
BAB II Pembahasan ««««««««««««««««««««««««
 
a.
 
Tempat terjadinya proses fotosintesis «««««««««««««..
 
b.
 
Mekanisme terjadinya fotosintesis «««««««««««««««
 
c.
 
Dan factor-faktor yang mempempengaruhi fotosinteasis «««««
 
BAB III Penutup ««««««««««««««««««««««««««
 
 
a.
 
Kesimpulan «««««««««««««««««««««««««
 
b.
 
Saran «««««««««««««««««««««««««««.
 
DAFTAR PUSTAKA
 
BAB I
 
PENDAHULUAN
 
 A.
 
LATARBELAKANG
 
Pada tahun 1771, Joseph Priestley, seorang ahli kimia dan pendetaberkebangsaan Inggris, menemukan bahwa ketika ia menutup sebuah lilin menyaladengan sebuah toples terbalik, nyalanya akan mati sebelum lilinnya habis terbakar. Iakemudian menemukan bila ia meletakkan tikus dalam toples terbalik bersama lilin, tikusitu akan mati lemas. Dari kedua percobaan itu, Priestley menyimpulkan bahwa nyalalilin telah "merusak" udara dalam toples itu dan menyebabkan matinya tikus Iakemudian menunjukkan bahwa udara yang telah ³dirusak´ oleh lilin tersebut dapat³dipulihkan´ oleh tumbuhan. Ia juga menunjukkan bahwa tikus dapat tetap hidup dalamtoples tertutup asalkan di dalamnya juga terdapat tumbuhan.
 
Pada tahun 1778, Jan Ingenhousz. okter kerajaan Austria, mengulangi eksperimenPriestley. Ia memperlihatkan bahwa cahaya matahari berpengaruh pada tumbuhansehingga dapat "memulihkan" udara yang "rusak".
 
Ia juga menemukan bahwatumbuhan juga 'mengotori udara' pada keadaan gelap sehingga ia lalu menyarankanagar tumbuhan dikeluarkan dari rumah pada malam hari untuk mencegah kemungkinanmeracuni penghuninya.
 
 Akhirnya di tahun 1782, Jean Senebier, seorang pastor Perancis, menunjukkan bahwaudara yang ³dipulihkan´ dan ³merusak´ itu adalah karbon dioksida yang diserap olehtumbuhan dalam fotosintesis. Tidak lama kemudian, Theodore de Saussure berhasilmenunjukkan hubungan antara hipotesis Stephen Hale dengan percobaan-percobaan
 
"pemulihan" udara. Ia menemukan bahwa peningkatan massa tumbuhan bukan hanyakarena penyerapan karbon dioksida, tetapi juga oleh pemberian air. Melaluiserangkaian eksperimen inilah akhirnya para ahli berhasil menggambarkan persamaanumum dari fotosintesis yang menghasilkan makanan (seperti glukosa). Demikiansemoga ada yg mau membantu menambahkannya. Thank's diberitahukan oleh miftahulfauza.
 
B.
 
RUMUSAN MASALAH
 
Dalam menyusun makalah ini penulis dapat merumuskan masalahnya sebegaiberikut«.
 
1.
 
Dimana tempat terjadinya potsintesis
 
2.
 
Bagaimana mekenisme terjadinya proses fotosintesis
 
3.
 
Faktor- faktor apa yang mempengaruhi proses fotosintesis
 
C.
 
TUJUAN PENULISAN
 
Penulis menyusun makalah ini bertujuan sebagai«.
 
1.
 
Mengetahui tentang tempat terjadinya proses fotosintesis
 
2.
 
Mempelejari bagaimana terjadinya proses fotosintesis
 
3.
 
Mengetahui dan mempelejari faktor-faktor apa yang mempengaruhi proses fotosintesis
 
D.
 
TIJAUAN PUSTAKA
 
Fotosintesis yaitu peristiwa pembentukan makanan dengan bantuan sinar matahari. Proses ini membutuhkan bahan makanan berupa air, karbon dioksida,oksigen dan berbagai zat mineral. Hasil dari fotosintesis akan diedarkan keseluruhbagian tumbuhan melalui pembuluh tapis. Zat-zat mineral yang dibutuhkan olehtumbuhan dalam fotosintesis ini ada 14 unsur, yaitunitrogen,fosfor,belerang,potasium,kalsium,sedikit unsur besi, magnesium, tembaga,boron, klor, seng,kobalt, mangan, dan molibdenum.Jika salah satu dari unsur tersebut tidak terpenuhi, tumbuhan tidak dapat tumbuhsecara normal. Dari peristiwa fotosintesis dihasilkan makanan berupa karbohidratsebagai hasil utama dan oksigen sebagai hasil sampingnya.
 
Suatu ciri hidup yang hanya dimiliki oleh tumbuhan hijau adalah kemampuan dalammengggunakan zat karbon dari udara untuk diubah menjadi bahan organic sertadiasimilasi dalam tubuh tumbuhan. Oleh karena proses pengubahan itu memerlukanenergy cahaya, maka asimilasi zat karbon disebut fotosintesis. Atau secara lengkappengertian fotosintesis atau asimilasi karbon ialah proses pengubahan zat ± zatanorganik H2O dan CO2 oleh klorofil menjadi zat organic karbohidrat dengan bantuancahaya.Klorplas sebagai bahan dasar fotosintesis memiliki energi dari sinar matahari disimpanlalu diubah menjadi molekul dan glukosa. Didalam mitokondria energy yang telahdiubah menjadi glukosa dibongkar kembali untuk digunakan bagi keperluan proses ±proses dalam sel.

Activity (122)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Arwinda Kurnia liked this
Indra SampoerNa liked this
Tri Murtiana liked this
Tri Murtiana liked this
Yuni Khairani liked this
Mustika Nsp liked this
Yuni Khairani liked this
Yakoeza HanZou liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->