Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
29Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
etos kerja

etos kerja

Ratings: (0)|Views: 3,280 |Likes:
Published by Pandu Putri S

More info:

Published by: Pandu Putri S on Jun 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/18/2013

pdf

text

original

 
1
BAB 1
 
PEND
AHULUA
N
 
A.
 
LATAR B
E
LAKA
NG
 
krisis multidimensi tahun 1997 menyebabkan banyak pengaruh dalam pembangunan Indonesia. Pertama, di bidang ekonomi, masyarakat lebih mengutamakanekonomi rente daripada ekonomi riil, sebuah cerminan etos kerja yang ingin cepat kayatanpa kerja keras. Kedua, di bidang birokrasi, untuk bisa duduk di jabatan tertentu banyak dilakukan secara tidak profesional, yang mencerminkan etos yang mengutamakan jabatandemi uang dan kekuasaan daripada prestasi dan pelayanan publik. Ketiga, di bidang pendidikan, masih terdapat adanya proses pendidikan yang ditempuh tidak semestinya,merupakan cerminan etos buruk yang menginginkan gelar tanpa kompetensi. Rendahnyaetos Indonesia menurut Jansen juga diperparah dengan negatifnya keteladanan yangditunjukkan oleh para pemimpin. Mereka merupakan model bagi masyarakat yang bukanhanya memiliki kekuasaan formal, namun juga kekuasaan nonformal yang justru seringdisalahgunakan.Selama ini bisa dijelaskan bahwa bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai budaya yangdiidentifikasi dari mentalitas pembangunan yang mengakar dalam kepribadian bangsaIndonesia (menurut Koentjaraningrat), yaitu1.
 
Tidak berorientasi pada achievment, pada amal dari karya, kerja untuk makan/hidup/dunia2.
 
Orientasi pada waktu lampau3.
 
Hidup selaras dengan alam, tergantung pada nasib4.
 
Konsep sama rata sama rasa (konformisme, orientasi pada atasan/vertikal)Etos kerja yang buruk ditambah dengan mentalitas pembangunan yang dimiliki orangIndonesia saat ini menjadi bahan yang perlu dipikirkan secara mendalam.
 
2
 
B.
 
RUMUSA
N
MASALAH1. Apa itu etos kerja ??2. Bagaimana perbandingan kondisi etos kerja bangsa Indonesia dengan bangsalain??3. Hal apa saja yang berpengaruh terhadap etos kerja??4. Bagaimana pengembangan etos kerja yang tepat dilakukan??5. Implikasi etos kerja terhadap pendidikan formal dan pendidikan non formal??6. Bagaimana etos kerja pegawai negeri sipil??7. Solusi guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja??C.
 
TUJUA
N
 
PEN
ULISA
N
 
1.
 
Mendeskripsikan pengertian etos kerja2.
 
Mendeskripsikan kondisi etos kerja di Indonesia saat ini3.
 
Mendeskripsikan pengembangan etos kerja4.
 
Mendeskripsikan hal-hal yang mempengaruhi etos kerja5.
 
Mendeskripsikan implikasi etos kerja terhadap PF dan PNF
D
.
 
MA
NF
AAT
PEN
ULISA
N
 
1.
 
Mengevaluasi kinerja pelbagai pihak pemerintah dalam mengemban amanat rakyat2.
 
Menjadi refrensi untuk memperbaiki etos kerja yang sudah melekat terhadap pemerintahan Indonesia.3.
 
Membangun etos kerja yang baik bagi para pegawai4.
 
Mempersiapkan diri untuk memiliki etos kerja yang baik guna membangun negaradari segala sektor dan dari berbagai pihak terkait misalnya mahasiswa
E
.
 
M
E
TO
DE
 
PEN
ULISA
N
 
D
alam penulisan makalah yang berjudul Etos Kerja ini penulis menggunakan metodestudy literatur atau menelaah lebih dalam terhadap tulisan-tulisan yang ada.
 
3
 
BAB II
PE
MBAHASA
N
 
A.
 
Kajian Teori1.
 
P
engertian etos kerja
Etos berasal dari bahasa Yunani (etos) yang memberikan arti sikap, kepribadian,watak, karakter, serta keyakinan atas sesuatu. Sikap ini tidak saja dimiliki olehindividu, tetapi juga oleh kelompok bahkan masyarakat .
D
alam kamus besar bahasa Indonesia etos kerja adalah semangat kerja yangmenjadi ciri khas dan keyakinan seseorang atau sesesuatu kelompok.Secara terminologis kata etos, yang mengalami perubahan makna yang meluas.
D
igunakan dalam tiga pengertian yang berbeda yaitu:a.
 
suatu aturan umum atau cara hidup. b.
 
suatu tatanan aturan perilaku.c.
 
Penyelidikan tentang jalan hidup dan seperangkat aturan tingkah laku .
D
alam pengertian lain, etos dapat diartikan sebagai thumuhat yang berkehendak atau berkemauan yang disertai semangat yang tinggi dalamrangka mencapai cita-cita yang positif.Akhlak atau etos dalam terminologi Prof.
D
r. Ahmad Amin adalahmembiasakan kehendak. Kesimpulannya, etos adalah sikap yang tetap danmendasar yang melahirkan perbuatan-perbuatan dengan mudah dalam polahubungan antara manusia dengan dirinya dan diluar dirinya .Menurut Sondang P. Siagian (2002) Etos kerja adalah norma-norma yangmengikat dan ditetapkan secara eksplisit serta praktek-praktek yang diterima dandiakui sebagai kebiasaan yang wajar untuk dipertahankan dan diterapkan dalamkehidupan kekaryaan para anggota suatu organisasi.

Activity (29)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Muflihul Khair liked this
Inda Adriyenni liked this
Lia Giri liked this
Merliana Sk liked this
Nis Murib liked this
andokolampung liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->