Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kendala Dalam Otomasi Perpustakaan_A

Kendala Dalam Otomasi Perpustakaan_A

Ratings: (0)|Views: 196 |Likes:
Published by Jayanie Praja

More info:

Published by: Jayanie Praja on Jun 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/16/2011

pdf

text

original

 
OTOMASI PERPUSTAKAAN
(
PENGERTIAN, TUJUAN, MANFAAT DAN KENDALANYA)Oleh M. Thoha Mahmun,S.IP, M.MKepalaPusdikom dan Dosen Universitas Tridinanti PalembangAbstrak
Kedepan melakukan otomasi perpustakaan merupakan suatu keharusanbagi perpustakaan hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor : 43 Tahun2007 Tentang Perpustakaan yang menjelas bahwa pengembangan layananperpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Namun untukmelakukan otomasi perpustakaan perlu ada suatu pemahanan yang benar terhadap otomasi perpustakaan mulai dari pengertian otomasi perpustakaan,tujuan otomasi perpustakaan, manfaat otomasi perpustakaan dan kendala dalamotomasi perpustakaan. Pemahaman ini sangat penting karena pekerjaan otomasiperpustakaan bukanlah pekerjaan yang mudah seperti membalik telapak tangan,namun perlu pemikiran yang matang agar otomasi perpustakaan dapat berhasildengan baik sesuai tuntutan Undang-Unadang Nomor : 43 Tahun 2007 TentangPerpustakaan.
1. Pendahuluan
Di era informasi, kehadiran teknologi infomasi dan komunikasi sudahtidak dapat ditolak lagi bahkan cenderung menjadi kebutuhan sehari-hari. Hal inidisebabkan karena perkembangan dan kemajuan yang dicapai oleh bidang ilmupengetahuan teknologi informasi yang semakin canggih melalui penemuan-penemuan barunya yang secara terus menerus bermunculan. Salah satuperalatan teknologi informasi adalah adalah berupa komputer. Sekarang,komputer bukan lagi sebagai alat hitung semata sebagaimana awalditemukannya, melainkan sudah berubah fungsi menjadi alat pengolah ,penyimpan dan penyampai data dan informasi yang canggih. Data yangdiolahnyapun tidak hanya berupa angka dan teks semata tapi juga sudahberupa gambar dan suara.Yang menjadi pertanyaan adalah sejauhmana lembaga perpustakaanmemanfaatkan teknologi ini sebagai tertuang dalam Undang-Undang Nomor :
 
43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan yang menjelas bahwa pengembanganlayanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. MerujukUndang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 ini, jelas bahwa penggunaan teknologiinformasi dan komunikasi menjadi yang disarankan atau bahkan kedepan bukanmustahil menjadi keharusan bagi semua perpustakaan. Untuk merubah darisistem manual menjadi sistem otomasi dengan memanfaat teknologi informasidan komunikasi bukan pekerjaan mudah seperti membalikkan telapak tangan.Untuk melakukan perubahan sistem diperlukan suatu kajian yang mendalamagar dapat mendapatkan wawasan yang sama tentang apa yang dimakasuddengan otomasi perpustakaan, tujuan otomasi perpustakaan, manfaat otomasiperpustakaan dan kendala dalam melaksanakan otomasi perpustakaan. Denganmemiliki wawasan yang baik dan benar, diharapkan dapat melaksanakanotomasi perpustakaan sesuai dengan yang dikehendaki oleh Undang-UndangNomor 43 Tahun 2007.
2. Pembahasan2.1. Pengetrian Otomasi Perpustakaan
Otomasi perpustakaan terdiri dari dua kata yaitu otomasi danperpustakaan. Untuk mendapatkan suatu pengertian yang lebih baik terhadapkata otomasi perpustakaan berikut disampaikan arti kata otomasi dan kataperpustakaan.Menurut Concise Oxford Dictionary (1982 : 59 ), Otomasi adalahperalatan yang dioperasikan secara automasi untuk mengemat tenaga fisik danmental manusia. Sedangkan menurut Harrod(1990: 47), Otomasi adalahpengorganisasian mesin untuk mengerjakan tugas-tugas rutin, sehingga hanyadibutuhkan sedikit campur tangan manusia.Perpustakaan menurut (Nurhadi, 1983:11) adalah suatu unit kerja tempatmengumpulkan, menyimpan dan memelihara koleksi bahan pustaka yangdikelola dan diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk digunakansecara kontinyu oleh pemakainya sebagai sumber informasi.
 
Selanjutnya berikut beberapa definisi otomasi perpustakaan beberapapara ahli perpustakaan.Menurut Salim (1991 : 1067), Otomasi perpustakaan adalah suatu sistematau metode yang menggunakan peralatan untuk menggantikan tenaga manusiadalam pekerjaan rutin. Substansi penting dalam definisi ini adalah penggunaanperalatan sebagai pengganti tenaga manusia. Dalam definisi ini belum sampaimenyinggung peralatan apa yang digunakan dan pekerjaan apa yang dapatdigantikannya. Definisi ini lebih menitik beratkan pada arti dari automasi.Definisi yang agak rinci disampaikan oleh Harmawan dalam tulisannyaberjudul Sistem Otomasi Perpustakaan, memberikan definisi bahwa SistemOtomasi Perpustakaan atau Library Automation System adalah software yangberoperasi berdasarkan pangkalan data untuk mengotomasikan kegiatanperpustakaan. Definisi yang hampir sama dikemukakan oleh Lasa HS (1998),otomasi perpustakaan adalah pemanfaatan mesin, komputer, dan peralatanelektronik lainnya untuk memperlancar tugas-tugas perpustakaan.Definisi lebih rinci disampaikan oleh Wahyudi (1999), yang dimaksuddengan otomasi perpustakaan adalah pemanfaatan komputer untuk pengelolaanaktivitas perpustakaan yang menyangkut pengadaan bahan pustaka,pengolahan dan pelayananPendapat yang hampir sama dikemukakan oleh Sulistyo Basuki bahwaotomasi perpustakaan adalah penerapan teknologi informasi untuk kepentinganperpustakaan mulai dari pengadaan, hingga ke jasa informasi bagi pembaca.Dari beberapa definisi tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa otomasiperpustakaan adalah pemanfaat teknologi informasi dan komunikasi untukaktivitas perpustakaan mulai dari pengadaan bahan pustaka, pengolahan bahanpustaka, sirkulasi peminjaman bahan pustaka dan penelusuran bahan pustaka.
2.2. Tujuan Otomasi Perpustakaan
Menurut Cochrane (1995:31), tujuan perpustakaan adalah :1.Memudahkan integrasi kegiatan perpustakaan.2.Memudahkan kerjasama dan pembentukan jaringan perpustakaan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->