Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Kebudayaan Lintang Empat Lawang

Makalah Kebudayaan Lintang Empat Lawang

Ratings: (0)|Views: 1,884 |Likes:

More info:

Published by: Virnakimlin Frigustini on Jun 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/02/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang
Pada tanggal 20 Apri 2007 lalu Empat lawang resmi menjadiKabupaten ke 15 di Propinsi Sumatera Selatan, melepaskan diri darikabupaten Lahat. Kabupaten Empat Lawang disahkan melalui UUNo. 1 Tahun 2007,Kabupaten Empat Lawang yang terletak di lembah BukitBarisan dan Gunung Dempo, berbatasan langsung denganKabupaten Musi Rawas yang terletak disebelah utara, KotaMadyaPagar Alam dan Bengkulu Selatan yang terletak di sebelah selatan,Kabupaten Lahat disebelah Timur dan Kabupaten Rejang Lebong disebelah Barat.Memiliki luas 225.644 KM
2
serta jumlah penduduk sebanyak229.552 jiwa yang tersebar di 146 desa di 7 Kecamatan yaituKecamatan Pendopo Lintang, Kecamatan Muara Pinang, KecamatanLintang Kanan, Kecamatan Ulumusi, Kecamatan Pasemah Air Keruh,Kecamatan Talang Padang dan Kecamatan Tebing Tinggi.
I.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan sebelumnya,maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah:1. Bagaimana Asal Mula nama Empat Lawang?2. Apa saja Adat Istiadat yang ada di Kabupaten Empat Lawang?3. Apa saja Kesenian yang ada di Kabupaten Empat Lawang?
- 1 -
 
4. Apa saja Makanan Khas yang ada di Kabupaten Empat Lawang?5. Apa saja Arsitektur Tradisional yang ada di Kabupaten EmpatLawang?
I.3. Tujuan
 Tujuan dari penulisan makalah ini adalah :1. Untuk mengetahui asal mula nama Empat Lawang2. Untuk mengetahui adat istiadat yang ada di Kabupaten EmpatLawang3. Untuk mengetahui kesenian yang ada di Kabupaten EmpatLawang4. Untuk mengetahui makanan khas yang ada di Kabupaten EmpatLawang5. Untuk mengetahui arsitektur tradisional yang ada di KabupatenEmpat Lawang
I.4. Metode
Dalam mendapatkan data guna terciptanya data-data yangakurat, maka dalam penulisan makalah ini penulis menggunakanmetode yaitu Browsing di internet.
- 2 -
 
BAB IIPEMBAHASAN
Arti kata Lawang yang sesungguhnya adalah Lawangan atauPamitan, yaitu orang yang terkemuka atau Sesepuh dan dapat puladiartikan Pahlawan.Pada zaman nenek moyang kita dulu, terdapat Empat Pahlawanyang merangkap jadi Iman dan juga menjadi pimpinan didaerahEmpat Lawang dengan kawasan wilayah :I.
 
Marga Tedajen, sekarang disebut Marga Lubuk Puding denganzuriatnya sekarang ini adalah Pangeran Halek, DemangAchmad (dari Komering) istrinya adik Pangeran (Mariatul)anaknya Bapak Hasan Belando, Bapak Drs. Halek dll.II.
 
Marga Kejaten Mandi Musi Ulu, sekarang disebut Marga Tanjung Raya dengan zuriatnya : Pangeran H. Abubakaranaknya Pasirah A. Zaini (alm) dllIII.
 
Marga Muara Pinang, dengan zuriatnya Pasirah Sani.IV.Marga Muara Danau, dengan zuriatnya Pangeran Majidanaknya Pasirah A.K. Matjik dan Demang Umar.Disamping keempat Marga tersebut diatas, ada margatersendiri dulu disebut
Miji,
kalau sekarang disebut dengan Istimewayaitu Marga Singkap Dalam Musi Ulu, sekarang disebut MargaKarangdapo, daerahnya meliputi Talang Padang, yang dipimpin oleh
Puyang Kagede
yang nama aslinya
Nung Kodo Lindung.
Daerah Marga Tedajen / Marga Lubuk Puding dari watessampai Karangdapo, daerah Marga Kejatan Mandi Musi Ulu / Marga
- 3 -

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
mano cerito puyang kedum di ayek lintang, katek o.
Trimakasih banyak atas imfo nya kakak ,imformasi ini sangat membantu kami untuk tugas mata kuliah atau pun yang laiinnya.
1 thousand reads
1 hundred reads
Muhammad Ramdon liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->