Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
50Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
G 30-S PKI

G 30-S PKI

Ratings:

2.0

(1)
|Views: 7,280 |Likes:
Published by Mohamed Afree Awan

More info:

Categories:Types, Speeches
Published by: Mohamed Afree Awan on Jun 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/17/2014

pdf

text

original

 
GERAKAN 30 SEPTEMBER 1965/PKI
Setelah pemberontakan PKI Madiun berhasil ditumpas, PKI ternyata tetap bergerak di bawah tanah. PKI muncul kembali pada tahun 1950 dalam kehidupan politik Indonesiadan ikut serta dalam pemilu I tahun 1955.
a.Sebab-sebab Munculnya G30S/PKI
-D.N. Aidit terpilih menjadi ketua PKItahun 1951, ia dengan cepatmembangun kembali PKI yang porak-poranda akibat kegagalan padatahun 1948.-PKI membentuk biro khusus yang secara rahasia bertugasmempersiapkan kader-kader di berbgai organisasi politik.-Mempengaruhi Presiden Soekarno.-Pimpinan TNI AD membentuk Dewan Jenderal yang akan melakukankudeta terhadap presiden Soekarno pada saat peringatan HUT ABRItanggal 5 Oktober 1965.
b.Gerakan G30S/PKI
-Kesehatan Presiden semakin menurun.-Kamaruzaman yang diangkat sebagai ketua Biro khusus PKImenghubungi kadernya di kalangan ABRI, seperti Brigjen Supardjo,Letkol Untung, Cakrabirawa, Kolonel Sunardi, Maersekal MadyaOmar Dani, Kolonel Anwar.-Letkol Untung memerintahkan kepada seluruh anggota gerakan untuk siap dan mulai bergerak pada dini hari 1 Oktober 1965 untumelakukan serangkaian penculikan dan pembunuhan terhadap 6 perwira tinggi dan seorang perwira pertama dari AD.-Para korban dibawa ke Lubang Buaya. Mereka dimasukkan ke dalamsumur tua dan ditimbun dengan tanah dan sampah. Ketujuh korbandari TNI AD adalah :
1.Letjen Ahmad Yani (panglima AD)2.Mayjen R. Soeprapto (Deputy II Pangad)3.Mayjen Haryono M. T. (Deputy III Pangad)4.Mayjen S. Parman (Asisten I Pangad)5.Brigjen D. I. Panjaitan (Asisten IV Pangad)
 
6.Brigjen Soetojo Siswomiharjo7.Letnan Satu Pierre Tendean (Ajudan Jend A. H. Nasution)
-Jenderal A. H. Nasution berhasil menyelamatkan diri, tapi putrinyayang bernama Ade Irma Suryani menjadi korban sasaran tembak darikaum penculik dan kemudian gugur.-Pada waktu yang bersamaan, PKI melakukan aksi tersebut diYogyakarta, Solo, Wonogiri dan Semarang.-Dewan Revolusi di daerah Yogyakarta yang diketuai oleh MayoMulyono telah melakukan penculikan terhadap Kolonel Katamso danLetkol Sugiono.
c.Penumpasan G30S/PKI
-Menetralisipasi pasukan yang berada di sekitar Medan Merdeka yangdimanfaatkan oleh kaum G30S/PKI.-Operasi militer tentang penumpasan G30S/PKI mulai dilakukan sorehari.-Pasukan RPKAD berhasil menduduki kembali gedung RRI pusat,gedung telekomunikasi dan mengamankan seluruh wilayah MedanMerdeka tanpa terjadi bentrokan senjata.-Pasukan Batalyon 238 Kujang/Siliwangi berhasil menguasai lapangan banteng dan mengamankan markas Kodam V/Jaya dan sekitarnya.-Presiden Soekarno meninggalkan Halim Perdana Kusuma menujuIstana Bogor. Pasukan RPKAD bergerak menuju sasaran dipimpinoleh Kolonel Subiantoro.-Dalam gerakan pembersihan ke kampung-kampung di sekitar lubang buaya, Ajun Brigadir Polisi Sukitman yang sempat ditawan oleh regu penculik berhasil meloloskan diri.-Pada tanggal 3 Oktober 1965 berhasil ditemukan jenazah para perwiratinggi AD yang telah dikuburkan dalam sumur tua.-Keesokan harinya bertepatan dengan HUT ABRI tanggal 5 Oktobe jenazah mereka dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.Mereka dianugerahi gelar pahlawan Revolusi.
 
d.Pemulihan Keamanan dan Ketertiban
-Mayjen Soeharto ditugaskan untuk pemulihan keamanan danketertiban yang terkait dengan G30S/PKI.-Kebijakan Presiden Soekarno mengenai penyelesaian G30S/PKIdinyatakan dalam sidang paripurna Kabinet Dwikora tanggal 6Oktober 1965 di Istana Bogor.
e.Penumpasan G30S/PKI di Jawa Tengah dan Yogyakarta
-Brigjen Surjosumpeno segera memanggil para perwira untuk melakukan taklimat.-Pangdam memerintahkan kepada para pejabat supaya tetap tenang dan berusaha untuk menenangkan rakyat karena situasi yang sebenarnya belum diketahui. Berangkat ke Magelang untuk menyusun kekuatan.-Tanggal 2 Oktober membebaskan kota Semarang dengan kekuatan 2 pleton BTR.-Kota demi kota yang pernah dikuasai oleh pihak G30S/PKI itu berhasil direbut kembali.-Dibentuk Komando Operasi Merapi yang dipimpin oleh KolonelSarwo Edi Wibowo.-Kolonel Sahirman, Kolonel Maryono, dan Kapten Sukarno berhasilditembak mati.-Di Blitar dengan nama Operasi Trisula.-Di luar Jakarta dan Jawa Tengah cukup dilakukan dengan GerakanOperasi Territorial.f.
Dampak Sosial-Politik Peristiwa G30S/PKI terhadap masyarakatIndonesia
.-Kondisi politik Indonesia masih belum stabil, kehidupan ideologynasional belum mapan, kemelaratan di mana-mana, keamanannasional sulit dikendalikan.-Demonstrasi besar-besaran terjadi pada tanggal 10 Januari 1966.-Isi Tritura :
1.Pembubaran PKI.2.Pembersihan kabinet Dwikora dari unsure-unsur PKI.3.Penurunan harga-harga.

Activity (50)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Topek Taurus liked this
Lepto Kelazz Ixb liked this
Agus Prasetio liked this
Khairiyah Rum liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->