Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
POS UN 2006-2007

POS UN 2006-2007

Ratings:

4.5

(2)
|Views: 2,816|Likes:
Published by manip saptamawati
POS UN 2006-2007
POS UN 2006-2007

More info:

Published by: manip saptamawati on Sep 11, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2014

pdf

text

original

 
 
PROSEDUR OPERASI STANDAR (POS)UJIAN NASIONALSMP, MTs, SMPLB, SMA, MA, SMALB, DAN SMK TAHUN PELAJARAN 2006/2007
 BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN2007
 
 
d:\UN\POS UN 2006 CIPUTRA 17 DES 2006 
1
I. PESERTA UJIAN NASIONAL
A.
 
Persyaratan Calon Peserta Ujian Nasional
1.
 
Setiap peserta didik yang belajar pada tahun terakhir di satuan pendidikan SMP,SMPLB (Tunanetra, Tunarungu, Tunadaksa ringan dan Tunalaras), MTs, SMA,SMALB (Tunanetra, Tunarungu, Tunadaksa ringan dan Tunalaras), MA, danSMK berhak mengikuti Ujian Nasional (UN);2.
 
Khusus peserta didik SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaranuntuk mata pelajaran yang diujikan secara nasional dapat mengikuti UN;3.
 
Untuk mengikuti UN, peserta didik harus memenuhi persyaratan:a. memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada satuan pendidikansekurang-kurangnya sampai dengan semester I tahun terakhir kecuali bagi peserta didik SMK yang menggunakan “kurikulum 2004” seperti tersebut pada butir 2; b. memiliki ijazah atau surat keterangan lain yang setara, atau berpenghargaan sama, dengan ijazah dari satuan pendidikan yangsetingkat lebih rendah, atau memiliki bukti kenaikan kelas dari kelas IIIke kelas IV untuk siswa
 Kulliyatul-Mu’alimin Al-Islamiyah
 (KMI)/
Tarbiyatul-Mu’alimin Al-Islamiyah
(TMI) yang pindah ke SMA,MA, dan SMK. Penerbitan ijazah yang dimaksud sekurang-kurangnya 3tahun sebelum mengikuti ujian Sekolah/Madrasah, atau sekurang-kurangnya 2 tahun untuk peserta program percepatan belajar.4.
 
Peserta didik yang belajar di sekolah internasional di Indonesia yangmemiliki ijin untuk menerima siswa WNI, dapat mengikuti UN padasekolah/madrasah penyelenggara terdekat dengan persyaratan sebagaimanatercantum pada butir 1 dan 3 di atas.5.
 
Peserta UN yang karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah tidak dapatmengikuti UN di satuan pendidikan yang bersangkutan, dapat mengikuti UN disatuan pendidikan lain pada jenjang dan jenis yang sama atau pada tempat lainyang ditentukan sebagai penyelenggara ujian.6.
 
Peserta UN yang karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah tidak dapatmengikuti UN utama dapat mengikuti UN susulan.7.
 
Peserta UN yang tidak lulus UN pada tahun sebelumnya yang akan mengikutiUN tahun pelajaran 2006/2007 boleh menempuh seluruh mata pelajaran yangdiujikan atau mata pelajaran yang nilainya belum memenuhi syarat kelulusan,sesuai Permen 45 tahun 2006. Nilai yang digunakan adalah nilai tertinggi darikedua hasil ujian.
B.
 
Pendaftaran Calon Peserta Ujian
1.
 
Sekolah/madrasah penyelenggara UN melaksanakan pendaftaran calon peserta dengan menggunakan format pendaftaran dari Pusat PenilaianPendidikan.2.
 
Peserta UN yang tidak lulus UN pada tahun sebelumnya berhak mengikuti UN2006/2007 dengan mendaftar di sekolah/madrasah asal atau di
 
 
d:\UN\POS UN 2006 CIPUTRA 17 DES 2006 
2sekolah/madrasah yang menyelenggarakan UN di tempat yang bersangkutan berada.3.
 
Bagi SMK yang memiliki siswa yang tidak dapat mengikuti UN di sekolahasal, karena PKL wajib mendaftarkan siswa yang bersangkutan untuk dapatmengikuti UN di sekolah yang ditetapkan sebagai penyelenggara UN;4.
 
Sekolah/madrasah penyelenggara UN mengirimkan daftar calon peserta keTim Pengolah Hasil UN di Provinsi melalui Dinas Kabupaten/Kota/Kandepag paling lambat dua bulan sebelum ujian;5.
 
Tim Pengolah Hasil UN di Provinsi mengkoordinasikan
entri
data calon peserta dengan menggunakan
 software
yang diterbitkan oleh Pusat PenilaianPendidikan (Puspendik);6.
 
Tim Pengolah Hasil UN Provinsi mencetak dan mendistribusikan Daftar  Nominasi Sementara (DNS) ke sekolah/madrasah penyelenggara UN melaluiDinas Kabupaten/Kota/Kandepag;7.
 
Sekolah/madrasah penyelenggara UN melakukan verifikasi DNS danmengirimkan hasil verifikasi ke Tim Pengolah Hasil UN Provinsi melaluiDinas Kabupaten/Kota/Kandepag;8.
 
Tim Pengolah Hasil UN Provinsi melakukan finalisasi data, mencetak danmendistribusikan Daftar Nominasi Tetap (DNT) beserta Kartu Peserta UN kesekolah/madrasah penyelenggara UN melalui Dinas Kabupaten/Kota/Kandepag paling lambat satu bulan sebelum pelaksanaan UN;9.
 
Kepala sekolah/madrasah penyelenggara UN menandatangani danmembubuhkan stempel pada Kartu Peserta UN yang telah ditempel foto peserta.
II. PENYELENGGARA UJIAN NASIONAL
Penyelenggara UN terdiri dari Penyelenggara UN Tingkat Pusat, Penyelenggara UNTingkat Provinsi, Penyelenggara UN Tingkat Kabupaten/Kota, dan PenyelenggaraUN Tingkat Sekolah/Madrasah.
A. Penyelenggara Ujian Nasional Tingkat Pusat
1.
 
Penyelenggara UN Tingkat Pusat ditetapkan dengan keputusan Ketua BSNPyang terdiri dari unsur-unsur: b.
 
BSNP;c.
 
Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional;d.
 
Sekretaris Jenderal, Departemen Pendidikan Nasional;e.
 
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan TenagaKependidikan, Departemen Pendidikan Nasional;f.
 
Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah,Departemen Pendidikan Nasional;g.
 
Inspektorat Jenderal, Departemen Pendidikan Nasional, danh.
 
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Departemen Agama.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
umartoriq liked this
Ana Fajar liked this
ANDHY AFANDI liked this
ANDHY AFANDI liked this
edruk liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->