Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manajemen Sekolah Bermutu Dalam Kajian Sekolah Potensial

Manajemen Sekolah Bermutu Dalam Kajian Sekolah Potensial

Ratings: (0)|Views: 571|Likes:
Published by Jerry Makawimbang

More info:

Published by: Jerry Makawimbang on Jun 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/04/2013

pdf

text

original

 
Manajemen Sekolah Bermutu dalam kajian Sekolah Potensial (Calon SSN),Sekolah Kategori Mandiri (SKM)/Sekolah Standar Nasional (SSN), Dan RintisanSekolah Berstandar Internasional (RSBI)
I.
 
Konsep Mutu PendidikanA.
 
Pengertian Mutu.
Mutu merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia baik secaraindividual, berkelompok, bermasyarakat, berbangsa dann bernegara. Mutu memiliki banyak  pengertian. Berikut ini terdapat beberapa pengertian tentang mutu antara lain sebagai berikut :
 
1.
 
 Menurut Wiyono
(1999)
 Mutu
adalah faktor yang mendasar dari pelanggan. Mutu adalah penentuan pelanggan, bukan ketetapan insinyur, pasar atau ketetapan manajemen. Ia berdasarkan atas pengalaman nyata pelanggan terhadap produk dan jasa pelayanan,mengukurnya, mengharapkannya, dijanjikan atau tidak, sadar atau hanya dirasakan,operasional teknik atau subyektif sama sekali dan selalu menggambarkan target yang bergerak dalam pasar yang kompetitif´.
2.
 
D
efinisi
 Mutu Dalam Kamus Indonesia-Inggris
kata mutu memiliki arti dalam bahasaInggris quality artinya taraf atau tingkatan kebaikan; nilaian sesuatu. Jadi mutu berartikualitas atau nilai kebaikan suatu hal.
3.
 
D
alam membahas definisi mutu kita perlu mengetahui definisi mutu produk yangdisampaikan oleh lima pakar Manajemen Mutu Terpadu (
Total Quality Management 
).Berikut ini definisi-definisi tersebut :a.
 
 J 
uran
menyebutkan bahwa mutu produk adalah kecocokan penggunaan produk untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan.
b.
 
 Ph
ilip B Crosby
mendefinisikan mutu adalah conformance to requirement, yaitu sesuaidengan yang disyaratkan atau distandarkan. Boleh juga diartikan bahwa ³Mutu adalahkesesuaian terhadap permintaan persyaratan
The Conformance Of Requirements)
c.
 
 Deming 
mendefinisikan mutu, bahwa mutu adalah kesesuaian dengan kebutuhan pasar.d.
 
eigenbaum
mendefinisikan mutu adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya.e.
 
arvin dan Davis
menyebutkan bahwa mutu adalah suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, manusia/tenaga kerja, proses dan tugas, serta lingkunganyang memenuhi atau melebihi harapan pelanggan atau konsumen.
 
4
.
 
h
e
 J 
apan Industrial Standard 
(1960) mendefinisikan mutu sebagai keseluruhan sifat ataukinerja yang benar yang menjadi sasaran optimasi untuk menentukan apakah sebuah produk atau jasa dapat memenuhi tujuan penggunaannya.
5.
 
h
e European Organization for Quality Control 
(1988) mutu adalah keseluruhan sifat dankarekteristik produk atau jasa yang berhubungan dengan kemampuannya untuk memuaskankonsumen.
6.
 
 Edward Sallis
(2010) mengatakan bahwa mutu adalah suatu ide yang dinamis makadefinisinya tidak boleh kaku karena sama sekali tidak akan membantu memahami mutu.
D
alam pandangannya mutu merupakan sebuah konsep yang absolute sekaligus relative.Mutu dalam percakapan sehari-hari sebagian besar dipahami sebagai sesuatu yang absolute,misalnya restoran yang mahal dan mobil ± mobil yang mewah. Sebagai suatu konsep yangabsolute, mutu sama halnya dengan sifat baik, cantik, dan benar; merupakan suatu idealismeyang tidak dapat dikompromikan.
D
alam definisi yang absolute, sesuatu yang bermutumerupakan bagian dari standar yang sangat tinggi dan tidak dapat diungguli.
D
engandemikian ³produk yang bermutu adalah sesuatu yang dibuat secara sempurna dan dengan biaya yang mahal. Mutu adalah semua yang memiliki kuaitas standar tinggi´. Mutu dalam pandangan ini menunjukkan keunggulan status dan posisi, dimana sedikit orang yang dapatmencapainya.
7.
 
Mutu
adalah gambaran total sifat dari suatu produk atau jasa peayanan yang berhubngandengan kemampuannya untukmemberikan kebutuhan kepuasaan´ (
 A
merican Society For Quality Control 
).
B
.
 
Pengertian Mutu Pendidikan
D
alam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 63 tahun 2009 tentang sistem penjaminan mutu pendidikan Pasal (1) ayat (1), memberikan pengertian bahawa MutuPendidikan adalah tingkat kecerdasan kehidupan bangsa yang dapat diraih dari penerapanSistem Pendidikan Nasional.
C
.
 
S
tandar Mutu Pendidikan1.
 
S
tandar mutu
Standar mutu adalah paduan sifat ± sifat barang atau jasa termasuk sistemmanajemennya yang relatif 
esta
b
lish
dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. EdwardSallis mengemukakan bahwa standar mutu dapat dilihat dari dua sisi yaitu :
 
a.
 
Standar produk barang atau jasa yang ditunjukan dengan :1)
 
Sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan atau
conformance to spesification
;2)
 
Sesuai dengan penggunaan atau tujuan, atau
 fittness for purpose or use
;3)
 
Produk tanpa cacat atau
 z
ero deffect 
;
4
)
 
Sekali benar dan seterusnya atau
right first time, every time
  b.
 
Standar untuk pelanggan yang ditunjukan dengan :1)
 
Kepuasan pelanggan atau
customer satisfaction,
 bila produk barang atau jasa dapatmelebihi harapan pelanggan,
exceeding customer expectation
 
2)
 
Setia kepada pelangganatau
delighting the customer 
2
.
 
S
tandar mutu pendidikan.
Standar Mutu pendidikan di Indonesia ditetapkan dalam suatu Standarisasi Nasional dandikenal dengan Standar Nasional pendidikan. Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 1 ayat (1)memberikan pengertian bahwa. Standar Nasional Pendidikan (SNP) adalah kriteria minimaltentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.Standar Nasional Pendidikan tersebut meliputi :a.
 
 Standar kompetensi lulusan
adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakupsikap, pengetahuan, dan keterampilan. b.
 
 Standar isi 
adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalamkriteria tentang kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian, kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjangdan jenis pendidikan tertentu.c.
 
S
tandar proses
adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan.d.
 
 Standar pendidik dan tenaga kependidikan
adalah kriteria pendidikan prajabatan dankelayakan fisik maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan.e.
 
 Standar sarana dan prasarana
adalah standar nasional pendidikan yang berkaitandengan kriteria minimal tentang ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi dan berekreasi, serta sumber belajar lain, yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->