Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
14Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Studi Penyebab Kematian Akibat Kecelakaan Lalu Lintas

Studi Penyebab Kematian Akibat Kecelakaan Lalu Lintas

Ratings: (0)|Views: 2,334|Likes:
Published by ibnuhasbiali
Studi Penyebab Kematian Akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Bagian Kedokteran Forensik RSUD dr.Zainoel Abidin
Studi Penyebab Kematian Akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Bagian Kedokteran Forensik RSUD dr.Zainoel Abidin

More info:

categoriesTypes, Research, Science
Published by: ibnuhasbiali on Jun 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/12/2013

pdf

text

original

 
Artikel
Studi Penyebab Kematian Akibat Kecelakaan Lalu Lintas yang Diperiksa diBagian Kedokteran Forensik Rumah Sakit Umum Daerah dr.Zainoel AbidinBanda Aceh Periode Januari 2007 - Mei 2011
Saiful Hadi*, Taufik Suryadi**
*Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Senior Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal Rumah Sakit UmumDaerah dr.Zainoel Abidin Banda Aceh/FK UNSYIAH**Dokter Ahli Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal Rumah Sakit Umum Daerah dr.Zainoel AbidinBanda Aceh/FK UNSYIAH
ABSTRAK 
 Perkembangan teknologi transportasi yang meningkat pesat, telah menyebabkan tingkat kecelakaan lalu lintas semakin tinggi. Akibat kemajuan teknologi, disatu sisi menyebabkan daya jangkau dan daya jelajah transportasi semakin luas, disisi lain menjadi penyebab kematian yang  sangat serius dalam beberapa dekade terakhir. Keadan ini, semakin parah mengingat kurangnyakesadaran masyarakat akan keselamatan lalu lintas, dan lamban atau kurang tepatnya penanganganan korban akibat kecelakaan lalu lintas. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain studi cross-sectional untuk mengetahui penyebabkematian korban kecelakaan lalu lintas yang diperiksa di Bagian Kedokteran Forensik FK UNSYIAH/RSUD dr.Zainoel Abidin Banda Aceh. Teknik pengambilan data menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan meneliti data sekunder, yaitu kumpulanvisum et repertum korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas periode Januari 2007- Mei2011. Hasil penelitian dari 47 korban menunjukkan bahwa, berdasarkan jenis kelamin, laki-laki paling banyak menjadi korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas yaitu 41 korban (87,23%), sedangkan perempuan hanya 6 korban (12,77%). Berdasarkan kelompok umur, dewasa awal adalah kelompok terbanyak menjadi korban kecelakaan lalu lintas yaitu mencapai 59,57 % (28orang) , diikuti usia remaja sebanyak 17,02% (8 korban), usia setengah baya sebanyak 10,64%(5 korban). Dan terdapat 6 korban yang tidak teridentifikasi usianya. Penyebab kematian terbanyak akibat kecelakaan lalu lintas adalah koma, yaitu sebanyak 78,72%(37 korban). Sinkop menyebabkan 17,02% (8 korban) kematian, dan asfiksia menyebabkan4,26% (2 korban) kematian. Kata kunci: kecelakaan lalu lintas, penyebab kematian, koma, sinkop, asfiksia.
PENDAHULUAN
Kecelakaan lalu lintas merupakansalah satu masalah kesehatanmasyarakat yang mempengaruhi semuasektor kehidupan. Pada tahun 2002diperkirakan sebanyak 1,18 juta orangmeninggal karena kecelakaan. Angkakecelakaan ini merupakan 2,1% darikematian global.
1
Kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab terbanyak terjadinya cederadi seluruh dunia. Kecelakaan lalu lintasmenempati urutan ke-9 pada
disabilityadjusted life years
(DALYs) dan
1
 
diperkirakan akan menempati peringkatke-3 di tahun 2020. Sedangkan di Negara berkembang urutan ke-28.
2
Cedera akibat kecelakaan lalu lintasadalah penyebab utama kematian dandisabilitas (ketidakmampuan) secaraumum terutama di Negara berkembang.
3
Kematian akibat kecelakaan lalulintas di Indonesia menunjukankecenderungan yang meningkat, yaitudari 1,0% pada tahun 1986, menjadi1,5% pada tahun 1992, 1,9% padatahun 1995, 3,5% pada tahun 1998 danmenjadi 5,7% di tahun 2001.
4-5
Data dari Ditlantas MarkasBesar Kepolisian RI menunjukkan bahwa pada tahun 2009 terdapat 99.951korban kecelakaan lalu lintas dengan18,46% (18.448 korban) meninggal.Sedangkan di Aceh terdapat 1.466korban kecelakaan lalu lintas denganmortalitas sebanyak 34,04% (499korban).
7
Di Indonesia, sebahagian besa(70,0%) korban kecelakaan lalu lintasadalah pengendara sepeda motor yang berusia produktif (15-55 tahun) dan berpenghasilan rendah. Cedera kepala(33,2%) menempati peringkat pertama pada urutan cedera yang dialami olehkorban kecelakaan lalu lintas.
8
Kecelakaan Lalu Lintas
Kecelakaan adalah serangkaian peristiwa dari kejadian-kejadian yangtidak terduga sebelumnya, dan selalumengakibatkan kerusakan pada benda,luka atau kematian.
3
Berdasarkan Peraturan PelaksanaanUndang-Undang Lalu Lintas danAngkutan Jalan Tahun 1993 Bab XI :1. Pasal 93 Ayat (1): kecelakaan lalulintas adalah suatu peristiwa di jalanyang tidak di sangka-sangka dantidak disengaja melibatkankendaraan dengan atau pemakai jalan lainnya yang mengakibatkankorban manusia atau kerugian harta benda.2. Pasal 93 ayat (2): korban kecelakaanlalu lintas sebagaimana dimaksuddalam ayat (1), dapat berupa korbanmati, koban luka berat dan korbanluka ringan.
9
Berdasarkan Peraturan pemerintah PP No 43 Th l993 Pasal korban,menyebutkan bahwa korban mati.adalah korban yang dipastikan matisebagai akibat kecelakaan lalu lintasdalam jangka waktu paling lama 30hari setelah kecelakaan tersebut.
Penyebab Kematian
Cara kematian
(mode of death)
yaitukeadaan yang terjadi pada proseskematian, melalui salah satu dariruntuhnya 3 pilar kehidupan, yaitu: persarafan (otak), peredaran darah(jantung), dan pernafasan (paru).Masing-masing dalam bentuk koma,sinkop dan asfiksia.
10
Koma
(coma)
Koma dalah gangguan fungsi otayang menyebabkan kehilangankesadaran, bisa total (complete) atauhanya sebagian (partial). Kegagalan
2
 
 pilar kehidupan otak menyebabkanlumpuhnya fungsi otak dan pusat-pusat pengaturan tubuh
(vital centres).
 
10
Kerusakan fungsi otak dapatdiakibatkan oleh penekanan otak yangditimbulkan akibat keadaan atau penyakit dari jaringan otak atau selaput pembungkus otak. Ini dapat terjadikarena efusi darah di atas atau di dalamsubstansi otak akibat perdarahan,fraktur tulang tengkorang, inflamasi,abses, tumor otak, emboli, thrombosis,heat stroke, hypothermia atau akibatkeracunan opium, barbiturate,chloroform, alcohol, CO
2
, CO, uremiadan sebagainya.
10
Tanda post-mortem korbanmeninggal akibat koma didapati tanda-tanda trauma pada tulang tengkorak,cedera otak dan efusi darah kedalamrongga kepala, oedem cerebri, abses,atau tumor. Koma akibat trauma biasanya dijumpai perdarahan diantaratulang tengkorak dan duramater (perdarahan epidural), atau diantaraduramater dengan jaringan ota(perdarahan subdural). 
10
 Cedera kepala akibat trauma seringkita jumpai di lapangan. Di AmerikaSerikat, kejadian cedera kepala setiaptahunnya diperkirakan mencapai500.000 kasus. Dari jumlah di atas,10% penderita meninggal sebelum tibadi rumah sakit dan lebih dari 100.000 penderita menderita berbagai tingkatkecacatan akibat cedera kepalatersebut.
11
Di negara berkembang sepertiIndonesia, perkembangan ekonomi danindustri memberikan dampak frekuensicedera kepala cenderung semakinmeningkat.
12
.
Sinkop (
 syncope
)
10
Sinkop adalah kegagalan fungsi jantung dan pembuluh darah.Kelumpuhan sirkulasi darah dengancepat menyebabkan turunnya tekanandarah, denyut nadi pelan, wajah dan bibir pucat, begitu juga bagian ujung-ujung tubuh seperti kuku, kelopamata, dan bagian dalam tampak pucat,dan tubuh menjadi lemah. Seringdisertai gejala-gejala seperti pusing,telinga berdenging, penglihatan kabur, pupil dilatasi. Bila berlangsung lamadapat terjadi sianosis, keringat dingin,mual, muntah, cenderung menjadi pingsan, konvulsi, disusul kematian.Kematian dapat terjadi akibat berhentinya denyut jantung yangdisebabkan oleh: perdarahan tiba-tibadalam jumlah banyak akibat pecahnya pembuluh darah besar, atau organ-organ dalam seperti paru-paru, limpa,atau pecahnya aneurisma, varisesmanyebabkan tubuh kehilangan darah.Keadaan ini dapat menyebabkanterjadinya syok hipovolemik.Tanda-tanda post mortem sangat berhubungan, dengan penyebab sinkop.Bila karena perdarahan yang banyak secara tiba-tiba melebihi 1/3 volumedarah dalam tubuh, akan didapatitanda-tanda kehilangan darah, pucat pada bibir, kuku, konjungtiva, organ paru kolaps, hati dan organ interna laintampak pucat.
Asfiksia (
asphyxia)
3

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Atika Wulandari liked this
John Wafa Azwar liked this
Nur Hasanah liked this
NingSyifa Asih liked this
Ayina Mardiyah liked this
Imad Khusnul liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->