Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengaruh Pengeluaran Rutin Serta Pengeluaran Pembangunan Daerah Terhadap Pembangunan Ekonomi Di Kota Tangerang

Pengaruh Pengeluaran Rutin Serta Pengeluaran Pembangunan Daerah Terhadap Pembangunan Ekonomi Di Kota Tangerang

Ratings: (0)|Views: 347 |Likes:
Published by Nida Khofiya

More info:

Published by: Nida Khofiya on Jun 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/28/2013

pdf

text

original

 
1
PENGARUH PENGELUARAN RUTIN SERTA PENGELUARAN PEMBANGUNANDAERAH TERHADAP PEMBANGUNAN EKONOMI DI KOTA TANGERANG NIDA KHOFIYA109084000014Ilmu Ekonomi Studi PembangunanUniversitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta2011Mamoutzou19@yahoo.com 1.1 PendahuluanKota Tangerang adalah salah satu kota dengan jumlah industri pengolahan terbanyak setelah Kabupaten Tangerang. Kondisi ini merupakan daya tarik tersendiri bagi para pencarikerja baik dari dalam maupun luar Kota Tangerang. Menjadikan pertumbuhan sektor – sektor ekonomi di Kota Tangerang meningkat. Gambaran kondisi diatas membuat pemerintah KotaTangerang harus selalu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi setiap kebijakan yangditempuh, terutama dalam pembangunan di bidang perekonomian menjadi kehidupanmasyarakat.Dalam perencanaannya, pemerintah Kota Tangerang memerlukan bermacam-macam datasebagai dasar penentuan strategi dan kebijakan agar sasaran pembangunan dapat dicapai dengantepat. Strategi dan kebijakan pembangunan ekonomi yang telah diambil pada masa-masasebelumnya perlu di monitor dan dilihat hasil-hasilnya, yang selanjutnya menjadi basis kinerjakebijakan ekonomi di masa mendatang.Pembangunan ekonomi merupakan serangkaian usaha dan kebijakan yang bertujuan antaralain untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, memperluas lapangan kerja, meratakan pembagian pendapatan juga meningkatkan dan mengusahalan pergeseran ekonomi dari berbagai
 
2
sektor. Setiap penyelenggara pemerintah baik di pusat maupun daerah sangat memperhatikan pembangunan ekonomi di wilayahnya sendiri.Pada tahap perencanaan, data merupakan salah satu dasar pertimbangan dalam menentukan berbagai skala prioritas dan memetakan berbagai persoalan yang harus diselesaikan melalui program pembangunan. Sementara dalam tahap pelaksanaan pembangunan, data dapatdijadikan sebagai salah satu alat untuk melakukan pengawasan dan pengendalian dari suatu program pembangunan. Sedangkan pada tahap evaluasi, data dapat memenuhi kebutuhaninformasi untuk melakukan penilaian apakah suatu program telah memberikan hasil seperti yangdiinginkan atau belum.Dalam sudut pandang ekonomi, sebuah wilayah akan berkembang sesuai dengan pemanfaatan sumber daya ekonomi (economic resources) yang tersedia dan digunakan. Sumber daya tersebut adalah sumber daya tenaga kerja (labour) dan sumber daya modal (capital). Keduasumber daya tersebut disebut sebagai faktor-faktor produksi (factors of production).Perkembangan perekonomian di Kota Tangerang sendiri diharapkan berhasil memperbaikitingkat kesejahteraan masyarakat, yang diantaranya tercermin pada peningkatan pendapatan per kapita dan penurunan jumlah penduduk miskin.Salah satu jenis data yang sangat dibutuhkan dalam perencanaan pembangunan daerahadalah data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Secara umum PDRB merefleksikanseluruh nilai tambah yang dihasilkan oleh aktivitas produksi barang dan jasa di suatu wilayah pada kurun waktu tertentu. PDRB disajikan atas harga berlaku dan konstan. Untuk melihat perkembangan perekonomian digunakan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE). Sedangkanstruktur perekonomian wilayah dapat dilihat dari distribusi presentase setiap sektor terhadaptotal nilai PDRB. Berdasarkan PDRB tersebut maka Pemerintah Kota Tangerang yangmempunyai tanggung jawab dalam hal kegiatan pembangunan ekonomi di Kota Tangerang,sangat memerlukan data PDRB untuk melihat perkembangan perekonomian Kota Tangerang.Judul dari penelitian ini adalah Pengaruh Pengeluaran Rutin serta Pengeluaran PembangunanDaerah terhadap Pembangunan Ekonomi di Kota Tangerang.
 
3
1.2 Ruang lingkup / batasan masalahPenelitian ini hanya membahas tentang PDRB di Kota Tangerang.
 
Identifikasi1.
 
Bagaimana pengaruh pengeluaran rutin terhadap pembangunan ekonomi kotaTangerang?2.
 
Bagaimana pengaruh pembangunan daerah terhadap pembangunan ekonomi kotaTangerang?3.
 
Bagaimana pengaruh pengeluaran rutin serta pengeluaran pembangunan daerahterhadap pembangunan ekonomi kota Tangerang?1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian1.3.1 Tujuan Penelitian1.
 
Mengetahui besarnya pengaruh pengeluaran rutin terhadap pembangunanekonomi di Kota Tangerang.2.
 
Mengetahui besarnya pengaruh pengeluaran pembangunan daerah terhadap pembangunan ekonomi di Kota Tangerang.3.
 
Mengetahui besarnya pengaruh pengeluaran rutin dan pengeluaran pembangunandaerah terhadap pembangunan ekonomi di Kota Tangerang.1.3.2 Manfaat Penelitian1.
 
Secara akademis, diharapkan sebagai bahan informasi dan dapat dijadikanreferensi bagi penelitian-penelitian selanjutnya tentang pengaruh dari pengeluaranrutin dan pengeluaran pembangunan daerah terhadap pembangunan ekonomi.2.
 
Secara praktis, diharapkan sebagai bahan pertimbangan bagi pembuatkebijakan khususnya Pemerintah Kota Tangerang dalam menentukan arahdan strategi pembangunan di masa mendatang serta sebagai bahan evaluasi bagi perencanaan dalam mengantisipasi pelaksanaan otonomi daerah.

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Alia Wetta liked this
Ngah Aab liked this
Ngah Aab liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->