Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bab 1 - Pengantar Web Design

Bab 1 - Pengantar Web Design

Ratings: (0)|Views: 394|Likes:
Published by cecep arifuddin
ebook tutorial Web Design bahasa Indonesia, semoga bermanfaat
ebook tutorial Web Design bahasa Indonesia, semoga bermanfaat

More info:

Published by: cecep arifuddin on Jun 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/19/2011

pdf

text

original

 
 1
 BAB 1
PENGANTAR WEB DESIGN
Dalam dunia maya (internet) kita mengenal beberapa istilah tentangweb, www, website, web pages, dan homepage. Bagi orang awan,istilah tersebut bisa saja diartikan sama. Ada sebagian masyakatkita mencantumkan alamat lengkap dengan imbuhan, misalnyahomepage:
www.toolkits.com
atau website:
www.desain2u.com
atau alamat situs:
www.entahkenapa.com
dan lain-lain.Memang, sah-sah saja mencantumkan beberapa kalimat tersebutkarena memang intinya sama yaitu mencantumkan alamat situsyang dapat dikunjungi. Untuk mengetahui arti yang sebenarnya, dibawah ini terdapat sedikit ulasan beberapa istilah dalam internetyang sering ditemui.
www
(Word Wide Web) : merupakan kumpulan web server dariseluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untukdigunakan bersama-sama.
Web
adalah adalah fasilitas
hypertext 
yang mampu menampilkandata berupa teks, gambar, suara, animasi, dan multimedia lainnya,di mana di antara data-data tersebut saling terkait dan berhubungansatu dengan yang lainnya. Untuk memudahkan dalam membacadata tersebut diperlukan sebuah web browser seperti InternetExplorer, Netscape, Opera, maupun Mozilla Firefox
Website (
situs web) : merupakan tempat penyimpanan data daninformasi berdasarkan topik tertentu. Diibaratkan web site ini sepertibuku yang berisi topik tertentu.
Web Pages
(halaman web) : merupakan sebuah halaman khusus
 
 2
dari situs web tertentu. Diibaratkan halaman web ini sepertihalaman khusus dari buku.
Homepage
: merupakan sampul halaman yang berisi daftar isi ataumenu dari sebuah situs web.Mendesain web bukan merupakan pekerjaan yang berat dan bukanmerupakan pekerjaan yang ringan. Apa maksudnya? Merancangweb bukanlah pekerjaan yang berat artinya siapapun bisamenguasai dan membuatnya asalkan memiliki kemauan untukbelajar. Namun merancang web (web design) bukanlah pekerjaanyang ringan artinya tidak semua orang memiliki kemampuan yangluas tentang beberapa aspek yang harus diketahui agar tampilanweb menarik sehingga banyak pengunjung yang datang.Sebagai contoh, ketika kita membuat sebuah homepage (halamanutama web) sangat lama proses aksesnya. Mengapa hal itu bisaterjadi? Itu semua diakibatkan tidak adanya ketentuan besarnya filehalaman utama tersebut. Agar halaman web kita mudah diaksesoleh para pengunjung tentunya harus memiliki pengetahuan dalammendesain sebuah web.Buku ini sengaja disusun untuk memandu para web designerpemula agar menghasilkan sebuah website yang inovatif dan kreatifsecara profesional. Ulasan dalam buku ini menyangkut masalahteknik pembuatan interface (halaman muka) sebuah websitemenggunakan Adobe Photoshop kemudian diolah menggunakanMacromedia Dreamweaver. Selanjutnya, dipercantik dengantambahan animasi yang dibuat menggunakan Macromedia Flash.Jadi kita menggunakan 3 tools untuk membuat situs yang inovatifdan kreatif secara profesional.Dalam buku ini tidak lagi membahas secara teoritis tentangpenggunaan masing-masing tools namun langsung padapermasalahan yang sering dijumpai ketika akan membuat sebuahsitus.
 
 3
 
1.1. TIPS MEMBUAT WEBSITE PROFESIONAL
Terdapat beberapa point penting ketika membuat sebuah websiteyang profesional.1. Homepage (halaman utama) situs Anda harus dapat diaksesmaksimal 8 detik atau dapat diakses melalui koneksi jaringaninternet minimal 28,8 kbps. Apabila proses koneksimembutuhkan waktu yang sangat lama, hal ini akan berpotensihilangnya customer (pengunjung) yang tidak “betah” menungguterlalu lama. Akhirnya situs kita tidak akan dikunjungi olah para“calon customer”.2. Pastikan menyertakan META Tag pada masing-masing halamanwebsite Anda. META Tag adalah kode yang memungkinkansearch engine (mesin pencari seperti: Google) untukmenentukan kata kunci yang relevan dari website Anda.3. Pilihlah warna latar belakang (background) yang sesuai, janganmenggunakan warna yang mempengaruhi teks untuk dibaca.Warna situs menjadi sebuah ekspresi hati Anda. Warna orangemelambangkan keceriaan sedangkan warna ungu atau hitammelambangkan kesuraman. Untuk itu pilihlah warna yang sesuaiuntuk situs Anda berdasarkan isi yang terkandung dalam situstersebut.4. Gunakan animasi seperlunya, jangan terlalu berlebihan karenadapat mempengaruhi konsentrasi pengguna ketika sedangmembaca informasi. Selain itu, animasi juga dapat menghambatakses ke halaman situs Anda. Sebuah animasi yang bagusbukan menjadi jaminan bahwa situs Anda menarik perhatianpengunjung.5. Halaman Utama situs harus lebih spesifik agar para pengunjungdapat mengetahui produk yang ditawarkan. Sebagai contoh, jikasitus Anda merupakan sebuah lembaga konsultasi makasebaiknya jasa-jasa konsultasi yang ditawarkan ditampilkan dihalaman utama. Jangan sampai pengunjung merasa bingung

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->