Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bab 2 - Konsep Dasar Web Design

Bab 2 - Konsep Dasar Web Design

Ratings: (0)|Views: 38 |Likes:
Published by cecep arifuddin
ebook tutorial Web Design bahasa Indonesia, semoga bermanfaat
ebook tutorial Web Design bahasa Indonesia, semoga bermanfaat

More info:

Published by: cecep arifuddin on Jun 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/19/2011

pdf

text

original

 
8
BAB 2
KONSEP PEMBUATAN WEB
Sebelum membuat web secara profesional, tugas penting sebagaiseorang pengembang web adalah memberikan ide dan gagasantentang point apa saja yang akan ditampilkan dalam sebuah halamanweb. Dengan demikian, seorang pengembang web juga perluberkonsultasi dengan pemilik web itu sendiri agar segala sesuatuyang menjadi tujuan pemilik web dapat terpenuhi.Lain halnya dengan seorang pengembang web (web developer) yangdiberikan kebebasan dalam membuat sebuah web. Pemiliki webumumnya mempercayakan sepenuhnya kepada pengembang web(web developer). Nah, jika demikian maka sebagai seorangpengembang web harus benar-benar membuktikan keterampilannyadalam membuat web secara profesional agar para pemiliki web tidakkecewa dengan karya yang telah dibuat.Untuk menjadi seorang pengembang web profesional tidaklah mudahkarena harus memadukan antara bahasa pemrograman web dengannilai seni yang terdapat dalam setiap halaman web. Keduanya harusdimiliiki, jika salah satu saja maka belum bisa disebut sebagaiseorang pengembang web profesional. Meskipun pintar bahasa phpdalam membuat web, tapi jika tidak didukung oleh jiwa seni makahasilnya kurang maksimal. Begitu pula sebaliknya, jika hanya pandaimembuat tampilan halaman web tapi tidak didukung olehpengetahuan tentang bahasa pemrograman web maka hal itu akansia-sia saja.Sebagai seorang pengembang web pemula, tidak perlu berkecil hati jika ingin menjadi seorang pengembang web profesional. Yangterpenting adalah adanya kemauan untuk terus belajar dan belajarlagi agar wawasan tentang pengembangan web terus bertambah.Ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh para pengembang webpemula ketika pertama kali ingin membangun sebuah web dari awal.
 
9
Agar web yang dibuat nampak profesional perlu memahami beberapakonsep dasar dalam mengolah web, mulai dari tool yang digunakan,format gambar yang sesuai, hingga pemilihan warna teks dan latarbelakang sebuah halaman web.Berikut ini terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalammembuat sebuah website.
DAPAT DIGUNAKAN (USABILITY)
Usabilitas merupakan hal yang sangat penting dalam merancang web(web design). Memang sangat baik jika memiliki sebuah websitedinamis yang nampak profesional dan bagus , namun jika perlu waktuyang sangat lama untuk mendownload sebuah artikal ataupenggunaan navigasinya sangat rumit maka tidak heran jikapengguna akan “hengkang” dari website Anda dan tidak akan kembalilagi. Perlu diketahui, umumnya pengguna (
user 
) ingin mendapatkaninformasi secara cepat meskipun tampilan website-nya biasa saja.Jika terlalu lama saat mencari informasi maka para pengguna akanlangsung menutup halaman web tersebut. Ingat, janganmengorbankan aspek usabilitas dalam mendesain website.
NAVIGASI (NAVIGATION)
Navigasi juga menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah websiteyang berfungsi untuk membantu pengguna (
user 
) dalam menjelajahwebsite kita untuk mencari informasi yang diinginkan secara mudah.Navigasi yang bagus mencerminkan struktur website yang sangatbaik.Kadangkala ditemukan beberapa format navigasi, diantaranya:
-
 
Papan Navigasi (Navigation Panel)
o
Bisanya dalam bentuk menu-menu yang tersusun rapi.
 
o
Sebaiknya diatur link pada bagian kiri (dari tanganAnda) atau di bagian atas dari sebuah halaman web.
o
Dapat berupa teks maupun grafik.
o
Harus mengambil ruang yang tidak terlalu banyak.
o
Posisi navigasi sebaiknya konsisten pada setiaphalamannya. Jika terpaksa menggunakan warna yangberbeda, pastikan bagian tersebut masih merupakansatu kesatuan.
 
 
10
Gambar Papan Navigasi 
-
 
Tombol Home (Home Button) :
o
Tombol ini sangat familiar di kalangan pengembang web.Fungsi utama tombol ini adalah untuk kembali kehalaman utama (homepage).
o
Tombol home dapat ditempatkan pada setiap halamanweb kecuali halaman utama (homepage).
o
Tombol home maupun logo perusahaan dapat berfungsisebagai navigasi dan sebaiknya diletakkan di bagian kiriatas (dari tangan Anda).
o
Pastikan tombol home maupun logo ada pada setiaphalaman (kecuali halaman utama) agar pengunjung(visitor) lebih familiar dengan navigasi tersebut.
Gambar Tombol Home 
-
 
Link
 
o
Jika teks memiliki hyperlink sebaiknya diberi garisbawah (
underlined 
).
o
Pengunjung mestinya tidak harus disajikan dalambentuk
mouse over 
atau
hover 
pada sebuah link untukmenyadarkan pengunjung bahwa teks tersebut adalahsebuah link – buatlah link yang nyata.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->