Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peranan Pajak Bumi Dan Bangunan Terhadap an Pajak Di Dki Jakarta

Peranan Pajak Bumi Dan Bangunan Terhadap an Pajak Di Dki Jakarta

Ratings: (0)|Views: 731 |Likes:
Published by ihsan_prasasty

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: ihsan_prasasty on Jun 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/22/2013

pdf

text

original

 
´ PERANAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN TERHADAPPENDAPATAN PAJAK DI DKI JAKARTA´
FATMAWATI PUTRI109084000020ILMU EKONOMI DAN STUDI PEMBANGUNANFAKULTAS EKONOMI DAN BISNISUIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA1.
 
PENDAHULUAN1.1.
 
Latar Belakang Masalah
Suatu negara dianggap maju, jika ia mampu membangun negaranya baik dari segifisik yaitu pembangunan, maupun non fisik yaitu pembangunan kesejahteraan rakyat.Indonesia terkenal sebagai suatu negara yang kaya akan sumber daya alam, makadalam melaksanakan pembangunan, sumber daya itu harus digunakan secara rasional.Dalam pelaksanaan pembangunan nasional sudah barang tentu memerlukan investasiyang jumlahnya sangat besar dan pelaksanaannya harus dengan kemampuan sendiri.Menurut Undang ± Undang Dasar 1945 Pasal 33 Ayat 3, bahwa bumi termasuk  perairan dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara. Didalam masyarakat, bumi, air, dan kekayaan alam mempunyai fungsi yang penting.Sebagian besar orang membutuhkan tempat tinggal diatas tanah atau air maka bumitermasuk perairan dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya mempunyaifungsi penting dalam pembangunan nasional. Di pihak lain bumi dan bangunanmemberikan keuntungan dan atau kedudukan sosial ekonomi yang lebih baik bagiorang atau badan yang mempunyai suatu hak atasnya dan memperoleh manfaat dari bumi dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya, karena mendapat suatu hak dari negara, maka yang mendapat hak tersebut wajib menyerahkan sebagian darikenikmatan yang diperolehnya kepada negara melalui pembayaran pajak.Dalam hal ini untuk meningkatakan kemandirian suatu negara, ia bergantung pada penerimaan dalam negeri yaitu dari pajak masyarakat. karena pajak merupakan
 
 penerimaan yang paling aman dan handal karna langusng dikontribusikan untuk kepentingan negara yang pada akhirnya akan digunakan untuk kepentinganmasyarakat banyak. Sehingga jika penerimaan pajak sudah maksimalmaka bantuandari luar negeri yang merupakan pelengkap semakin lama semakin berkurang dannegara mampu membiayai sendiri pembangunan. Berikut data mengenai PBB danPendapatan Pajak di DKI Jakarta :Tahun PBB Pendapatan Pajak Presentase2000 129.865.000.000 151.056.501.110 116,32 %2001 197.887.094.000 218.779.254.646 110,56%2002 108.286.670.000 110.938.703.865 102,45%Dari bagan di atas di jelaskan bahwa pada tahun 2000 presentase antara PBBdengan Pendapatan Pajak sebesar 116,32 %, sedangkan pada tahun 2001 sebesar 110,56%, dan tahun 2002 sebesar 102,45%. Maka dapat disimpulkan bahwa pajak  bumi dan bangunan sangat berpengaruh terhadap pembangunan.Dalam struktur penerimaan negara, penerimaan pajak mempunyai peranan yangsangat penting dan merupakan komponen terbesar serta sumber utama pendapatandalam negeri untuk menopang pembiayaan penyelenggaraan pemerintah, dan pembangunan nasional.Dengan melihat fenomena diatas, maka penulis akan mengamati dengan cermat bagaimana efektivitas kinerja kantor pelayanan pajak untuk pajak bumi dan bangunan(KPP PBB) dalam hal penerimaan PBB dan pengaruhnya terhadap pembangunandaerah, yang digambarkan dalam karya ilmiah ini dengan judul :
´ PERANANPAJAK BUMI DAN BANGUNAN TERHADAP PENDAPATAN PAJAK DIDKI JAKARTA´.1.2. Identifikasi Masalah
Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ), merupakan penerimaan pajak yang sangat diperlukan oleh suatu negara khususunya daerah, yaitu untuk kelancaran pembangunan serta kemajuan daerah itu sendiri. Karena PBB merupakan sumber utama daerah, dalam APBD penerimaan PBB tersebut dimasukan dalam kelompok  penerimaan daerah dari bagi hasil pajak.
 
 N
amun dalam kegiatannya masih sering tidak sesuai dengan apa yang seharusnyadapat terjadi sehinga penulis mengidentifikasikan masalah pada :1.
 
Bagaimanakah gambaran dari penerimaan Pajak Bumi dan Pembangunan(PBB) di DKI JAKARTA?2.
 
Bagaimanakah gambaran dari tingkat pendapatan pajak di DKI JAKARTA?3.
 
Berapa besar pengaruh Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terhadap pembangunan ekonomi di DKI JAKARTA?
1.3.
 
Batasan Masalah
Dalam penulisan karya ilmiah ini penulis hanya membatasi permasalahan pada :tingkat penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di DKI JAKARTA dan tingkatPenadapatan pajak di DKI JAKARTA, serta pengaruh PBB terhadap Pendapatan pajak di DKI JAKARTA.
1.4. Tujuan Masalah
1.
 
Untuk mengetahui seberapa besar tingkat penerimaan pajak bumi dan bangunan (PBB ) di DKI JAKARTA.2.
 
Untuk mengetahui seberapa besar pendapatan pajak di DKI JAKARTA.3.
 
Untuk mengetahui besarnya peranan Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ) di DKIJAKARTA.
 
1.5.
Manfaat penelitian
 1. Untuk Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan ( KPP PBB ) dan BAPPEDADKI JAKARTA adalah sebagai bahan evaluasi atas kinerja yang telahdilaksanakan.2.
 
Bagi penulis sebagai tambahan pengetahuan tentang pajak bumi dan bangunandan pendapatan pajak serta keterkaitan hubungan antara keduanya.
 
3.
 
Bagi pihak lain, sebagai informasi tambahan tentang pajak bumi dan bangunanyang berhubungan dengan pendapatan pajak suatu daerah khususnya bagimahasiswa dan masyarakat pada umumnya sehingga dapat mengetahui betapa pentingnya PBB terhadap perkembangan dan kemajuan suatu daerah.
 

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Tommy Omink liked this
Putri Rezeki liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->