Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Penggunaan Teknologi Informasi

Tugas Penggunaan Teknologi Informasi

Ratings: (0)|Views: 583 |Likes:
Published by anon_752607862

More info:

Published by: anon_752607862 on Jun 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/16/2013

pdf

text

original

 
PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASIDALAM BIDANG KESEHATAN
Perkembangan teknologi informasi telah merambah ke seluruh lapisanmasyarakat. Tidak terkecuali pada bidang kesehatan, khususnya pada manajemenrumah sakit. Pada awalnya, rumah sakit mengandalkan tenaga manual baik untuk menyimpan database pasien, inventaris, penggajian dokter dan karyawan, pembuatandokumen, administrasi dan lain lain.Seaat ini, rumah sakit mengandalkan berbagai kemajuan teknologi informasiuntuk memudahkan manajemen administrasi di rumah sakit, memudahkanadministrasi keluar masuk pasien, manajemen kasir, memudahkan pencariandatabase pasien, mencatat inventaris rumah sakit baik berupa sarana maupun obatobatan, sistem akuntansi untuk memudahkan penggajian, dan sebagainya.Pencetakan kartu pasien, surat keterangan dan surat surat lain juga menjadilebih mudah dengan adanya teknologi informasi. Penggunaan sistem jaringan jugasemakin memudahkan antar dokter atau divisi dalam rumah sakit untuk bertukar data, karena setiap database akan mudah diakses dari seluruh komputer di rumahsakit tersebut, tanpa harus berjalan jauh menuju ruang arsip dan tanpa harus susah payah mencari dokumen dalam lemari, karena sudah dimudahkan dengan komputer dan jaringan. Apalagi bila memnggunakan jaringan nir kabel atau biasa disebutwireless, rumah sakit tidak perlu susah payah merapikan kabel yang berseliwerankarena tinggal menyediakan access point di setiap sudut ruangan.Keberadaan internet juga memudahkan dokter dan pihak rumah sakit untuk mempublikasikan rumah sakit melalui internet. Bahkan juga melalui internet, pihak rumah sakit bisa menyediakan berbagai fasilitas penting misalnya konsultasi online, pendaftaran pemeriksaan, pembayaran online, dan sebagainya.
1.E-HEALTH
E-Health merupakan aplikasi teknologi informasi dan komunikasiyang mencakup keseluruhan cakupan fungsi yang mempengaruhi sektor kesehatan. E-Health memiliki arti yang luas bukan hanya sekedar internet ataudotcom saja. E-Health merupakan solusi Enterprise di bidang kesehatan
 Pengantar Teknologi Informasi
| 1
 
karena melibatkan banyak pihak mulai dari masyarakat sampaidengan Produsen Obat atau Farmasi.E-Health dalam berbagai hal dapat meningkatkan akses ke pelayanankesehatan dan meningkatkan kualitas dan efektifitas dari pelayanan yangdiberikan. Aplikasi atau solusi e-Health meliputi produk, sistem dan pelayananyang menjadi lebih sederhana dengan aplikasi berbasis internet. E-Healthmeliputi aplikasi untuk para profesional dan otoritas kesehatan yang lebih baik daripada sistem kesehatan pribadi untuk masyarakat dan pasien. Sebagai contohadalah health information networks, electronic medical records, telemedicineservices, personal wearable and portable communicable systems, health portals,dan banyak teknologi komunikasi dan informasi lain yang bertujuan membantu pencegahan, diagnosa, perawatan, monitoring kesehatan, dan manajemen gayahidup.
2.TELEMEDICINE
Telemedicine
adalah layanan kesehatan yang dilakukan dari jarak jauh.Telemidicine adalah transfer data medik elektronik dari satu lokasi ke lokasilainnya. Telemedicine adalah praktek kesehatan dengan memakai komunikasiaudio, visual dan data. termasuk perawatan, diagnosis, konsultasi dan pengobatanserta pertukaran data medis dan diskusi ilmiah jarak jauh. Berdasarkan pengertian-pengertian diatas, dapat kita pahami bahwa cakupan telemedicinecukup luas, meliputi penyediaan pelayanan kesehatan (termasuk klinis, pendidikan dan pelayanan administrasi) jarak jauh, melalui transfer informasi(audio, video, grafik), dengan menggunakan perangkat-perangkat telekomunikasi(audio-video interaktif dua arah, komputer, dan telemetri) dengan melibatkandokter, pasien dan pihak-pihak lain. Secara sederhana, telemedicinesesungguhnya telah diaplikasikan ketika terjadi diskusi antara dua dokter membicarakan masalah pasien lewat telepon.Manfaat telemedicine mencakup ke dalam 3 aspek yang saling terkait satusama lain yaitu pasien, dokter dan rumah sakit. Manfaat langsung bagi pasienadalah:
Mempercepat akses pasien ke pusat-pusat rujukan.
 Pengantar Teknologi Informasi
| 2
 
Mudah mendapatkan pertolongan sambil menunggu pertolonganlangsung dari dokter-dokter pribadi.
Pasien merasakan tetap dekat dengan rumah dimana keluarga dansahabat dapat memberikan dukungan langsung.
Menurunkan stres mental atau ketegangan yang dirasakan di tempatkerja.
Menseleksi antara pasien-pasien yang perlu dibawa ke rumah sakitdan pasien yang tidak perlu perawatan di rumah sakit akan tetap tinggal dirumah.Contoh aplikasi yang digunakan dalam telemedicine:
Jaringan Informasi Medis Asia-Pasifik via ETS-V (AMINE – AsiaPacific Medical Information Network via ETS-V).Setelah selama empat tahun beroperasi (1992-1996) ternyata 80% traffik adalah trafik non-klinis seperti masalah-masalah administrasi, manajemenrumah sakit, dan urusan logistik. Oleh Karena itu, AMINEmerekomendasikan agar desain telemedicine di masa yang akan datangturut memperhitungkan trafik-trafik non-klinis seperti ini. Hasil yangnyata adalah AMINE telah berhasil menyelamatkan banyak pasienterutama di negara berkembang di asia pasifik.
Telemedicine via ACTS (Advanced Communications TechnologySatellite ) – NASA.ACTS merupakan salah satu pionir dalam mengaplikasikan telemedicinevia satelit. Salah satu eksprimen telemedicine yang dilakukan adalahtelemammography, yang mendemontrasikan pengiriman citramammografi resolusi tinggi dari daerah pedesaan ke kota menggunakan jaringan akses satelit.Mammografi adalah citra radiologi yang dapat membantu pendeteksiankanker payudara dalam tahap dini. Sayangnya dibutuhkan ahli radiologiyang berpengalaman untuk menginterpretasikan citra tersebut yang tidak selalu tersedia didaerah pedesaan atau kota kecil. Eksprimen inimenghubungkan tempat screening di kota kecil atau pedesaan dengan
 Pengantar Teknologi Informasi
| 3

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Justinus Isbani liked this
Yuii Supergirl liked this
Arif D'aLaystar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->