Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penelitian Tindakan Kelas Matematika SMP

Penelitian Tindakan Kelas Matematika SMP

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 1,954 |Likes:
Published by Hadi Setyo Nugroho

More info:

Published by: Hadi Setyo Nugroho on Jun 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/17/2014

pdf

text

original

 
1BAB IPENDAHULUANA. Latar Belakang Masalah
Guru merupakan sosok yang bekeradaannya tidak dapat digantikan olehmedia atau fasilitas pembelajaran apapun. Kehadiran guru masih tetap diperlukan,kehadiran guru sebagai sosok yang berdiri di depan kelas keberadaannya sampaikapanpun tidak dapat digantikan oleh media pembelajaran secanggih apapun. Guruharus tetap melaksanakan pembelajaran secara langsung di depan siswa. Oleh karenaitu apapun alasannya guru harus mengajar langsung di depan siswa agar tujuanpembelajaran yang ditetapkan dapat tercapai.Seiring dengan perkembangan jaman, yang berdampak terhadap perubahankurikulum pembelajaran, kualitas pembelajaran perlu selalu ditingkatkan. Keadaantersebut dapat dimulai dengan peningkatan kompetensi para guru, baik dalammenyampaikan materi, menggunakan metode dan teknik mengajar yang tepat,menggunakan media pembelajaran maupun kebutuhan peserta didik. Guru yangprofesional pada hakekatnya adalah mampu menyampaikan materi pembelajaransecara tepat sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik. Namun demikian untuk mencapai ke arah tersebut perlu berbagai latihan, penguasaan dan wawasan dalampembelajaran, termasuk salah satunya menggunakan model dan metodepembelajaran yang tepat. Dalam pembelajaran matematika, guru tidak cukupterfokus hanya pada satu model dan metode tertentu saja. Guru perlu mencobamenerapkan berbagai model dan metode yang sesuai dengan tuntutan materi
 
pembelajaran, termasuk dalam penerapan model pembelajaran kooperatif denganmetode belajar kelompok. Pemilihan model dan metode yang tepat tersebut akandapat meningkatkan pencapaian hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan. Hasilbelajar matematika di SMP N 2 Selomerto hasil belajarnya belum begitu maksimal,dalam setiap ulangan harian rata-rata baru 35% yang dapat tuntas.Berdasarkan konsep tersebut menunjukkan bahwa metode belajar kelompok perlu diterapkan dan dikembangkan guru dengan terlebih dahulu menguasai strategiatau langkah-langkahnya. Metode pembelajaran, termasuk metode belajar kelompok merupakan variasi guru dalam melaksanakan pembelajaran selain yang konvensionaldalam bentuk ceramah. Guru perlu secara cermat memilih materi yang tepat untuk menggunakan metode belajar ini, sehingga hasil belajar siswa lebih optimal.Keberadaan penerapan metode belajar kelompok untuk mata pelajaran matematikasangat diperlukan. Para siswa dapat saling sharing pengetahuan dalam pengambilankeputusan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi bersama. Keadaantersebut memberikan manfaat sebagai pengalaman belajar yang nyata bagi para siswaapalagi mata pelajaran matematika secara keseluruhan lebih menekankan kepadapraktik dibandingkan dengan hanya memahami konsep secara abstrak saja.Berdasarkan hal-hal yang telah dikemukakan selanjutnya menarik untuk dikaji lebih lanjut dalam bentuk penelitian, sehingga judul yang ditetapkan :“Penerapan Model TGT dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MataPelajaran Matematika Pokok Bahasan Ukuran Pemusatan Data Tunggal pada siswaKelas VIII Semester I SMP N 2 Selomerto Tahun Pelajaran 2009 / 2010”.
 
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka rumusanmasalah yang ditetapkan adalah “Apakah dengan penerapan Model TGT dapatmeningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika Pokok BahasanFaktorisasi Aljabar pada siswa Kelas VIII Semester I SMP N 2 Selomerto TahunPelajaran 2009 / 2010?”
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan rumusan masalah yang telah dikemukakan, maka tujuanpenelitian yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalampenerapan Model TGT, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa matapelajaran Matematika Pokok Bahasan Faktorisasi Aljabar pada siswa Kelas VIIISemester I SMP N 2 Selomerto Tahun Pelajaran 2009 / 2010.

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Quan Inn liked this
angghita liked this
Iin Normawati liked this
Valida Sihanaya liked this
Ica Apriliza Ch liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->