Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
materi bio: evolusi

materi bio: evolusi

Ratings: (0)|Views: 599 |Likes:
Published by Occhi A Casper

More info:

Published by: Occhi A Casper on Jun 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

 
EVOLUSI
Standar Kompetensi4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemasKompetensi Dasar4.1. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas4.2. mengkomunikasikan hasil studi evolusi biologi4.3. menjelaskan kecendrungan baru tentang teori evolusi Tujuan Pembelajaran1. Menjelaskan pengertian evolusi2. Menjelaskan jenis-jenis evolusi3. Menjelaskan berbagai teori evolusi4. Menjelaskan pokok-poko pikiran darwin5. Menjelaskan petunjuk-petunjuk evolusi6. Menjelaskan mekanisme evolusi7. Sejarah evolusi manusia8. Tepri kecendrungan evolusi
 Mana yang lebih survive?Kupu-kupu Biston bitulariaKupu-kupu Biston bitulariaKamuflase, upaya bertahan terhadap predator
 
Sesual warnadaunMenyesuaikan Sesuai warna batang
Materi EvolusiEvolusi adalah proses perubahan struktur tubuh makhluk hidup yangberlangsung sangat lambat dan dalam waktu yang sangat lama. Perubahanyang terjadi sepanjang masa dapat menyimpang jauh dari aslinya yangdapat dikatakan muncul species baru, sehingga juga dapat menyebabkanterjadinya keanekaragaman makhluk hidup.Para ahli berpendapat bahwa makhluk hidup yang ada sekarang inibukanlah makhluk hidup pertama penghuni bumi, tetapi berasal darimakhluk hidup masa lampau yang pernah ada.Sampai lebih kurang 200 tahun yang lalu orang masih berpendapatbahwa semua makhluk di dunia ini tidak mengalami perubahan sepanjangwaktu. Perubahan baru terjadi pada awal tahun 1800-an, yang mana padasaat itu para ilmuwan mulai mempelajari fosil makhluk yang ditemukan.Dengan perkembangan ilmu geologi, mulai dapat diperkirakan umurfosil yang ditemukan. Sejak saat itu manusia mulai berfikir tentang adanyaperubahan untuk makhluk hidup dari waktu ke waktu, sampai akhirnyamuncullah berbagai teori evolusi.
 
A.
 
Teori Evolusi
Evolusi merupakan perkembangan makhluk hidup yang berlangsungsecara perlahan-lahan dalam jangka waktu yang lama dari bentuk sederhanake arah bentuk yang komplek. Namun jika kita menerima anggapan bahwamakhluk hidup sekarang ini berasal dari makhluk hidup di masa lampau yangmengalami perubahan-perubahan secara perlahan-lahan, maka timbulpertanyaan sebagai berikut :~ perubahan-perubahan bagaimanakah yang terjadi sehingga timbul speciesbaru ?~ bagaimanakah asal-usul species makhluk hidup yang ada sekarang ini ?~ faktor-faktor dan kekuatan-kekuatan apakah yang menyebabkan suatuspecies musnah, sedangkan species lain tidak dapat mempertahankankelestariannya ?~ faktor-faktor dan kekuatan apa yang menyebabkan timbulnya speciesbaru ? Tokoh-tokoh evolusi, evolusi di antaranya :1.Aristoteles (384 – 322 BC)Merupakan filosof dari yunani. Teorinya tentang evolusi: evolusi terjadiberdasarkan metafisika alam, yaitu mengubah organisme dan habitatnyadari bentuk sederhana ke bentuk yang kompleks.
 
2.Anaximander (500 SM)Merupakan filosof dari yunani. Teorinya tentang evolusi: Manusia berawaldari makhluk aquatik mirip ikan yang mengalami proses evolusi.3.Empedocles (495 – 435 SM)Merupakan filosof dari yunani. Teorinya tentang evolusi: kehidupanberasal dari lumpur hitam yang mendapat sinar matahari dan kemuadiansecara perlahan berubah menjadi makhluk hidup.

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
0ud1n99 liked this
Fiana Fransisca liked this
Ainur Rosikin liked this
Maria Kabelen liked this
Nadia Nur Anisa liked this
Rheza Adhitya liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->