Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
19Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
kimia unsur

kimia unsur

Ratings: (0)|Views: 3,585|Likes:

More info:

Published by: Vie Kilidiwluvvierra on Jun 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/05/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
LATAR BELAKANGUnsur
adalah zat murni yang dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebihsederhana dengan reaksi kimia biasa,
Se
nyawa
adalah zat yang terbentuk dari penggabungan unsur-unsur dengan pembagian tertentu. Senyawa dihasilkan darireaksi kimia antara dua unsur atau lebih melalui reaksi pembentukan. Misalnya,karat besi (hematit) berupa Fe2O3 dihasilkan oleh reaksi besi (Fe) dengan oksigen(O). Senyawa dapat diuraikan menjadi unsur-unsur pembentuknya melalui reaksi penguraian. Senyawa mempunyai sifat yang berbeda dengan unsur-unsur  pembentuknya. Senyawa hanya dapt diuraikan menjadi unsur-unsur pembentuknyamelalui reaksi kimia. Pada kondisi yang sama, senyawa dapat memiliki wujud berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Sifat fisika dan kimia senyawa berbedadengan unsur-unsur pembentuknya. Misalnya reaksi antara gas hidrogen dan gasoksigen membentuk senyawa air yang berwujud cair.
B.
 
RUMU
S
AN MA
S
ALAH
Masalah yang dibahas dalam penulisan makalah ini adalah :
1
.
 
PENGERTIAN UN
S
UR DAN
S
ENYAWA2.
 
KEGUNAAN UN
S
UR DAN
S
ENYAWA3.
 
DAMPAK NEGATIF UN
S
UR DAN
S
ENYAWAC.
 
TUJUAN
T
ujuan penulisan makalah dengan judul ´ Makalah Kimia
T
entangKegunaan Serta Dampak Negatif Unsur dan Senyawa´ adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam hal Mengetahui Pelajaran Kimia.Adapun kegunaanya adalah akan menjadi bahan referensi untuk tugaskelompok Selain itu, merupakan salah satu persyaratan dalam menyelesaikan matakuliah Kimia.
 
2
 
BAB IIPEMBAHA
S
ANA.
 
PENGERTIAN UN
S
UR DAN
S
ENYAWA
 
Unsur
adalah zat murni yang dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebihsederhana dengan reaksi kimia biasa. Penulisan lambang unsur mengikuti aturansebagai berikut:1.
 
L
ambang unsur diambil dari singkatan nama unsur. Beberapa lambang unsur  berasal dari bahasa
L
atin atau Yunani nama unsur tersebut. Misalnya
 Fe
darikata
ferrum
(bahasa latin) sebagai lambang unsur 
besi
.2.
 
L
ambang unsur ditulis dengan satu huruf kapital.3.
 
Untuk Unsur yang dilambangkan dengan lebih dengan satu huruf, huruf pertamalambang ditulis dengan huruf kapital dan huruf kedua/ketiga ditulis dengan huruf kecil.4.
 
Unsur-unsur yang memiliki nama dengan huruf pertama sama maka huruf  pertama lambang unsur diambil dari huruf pertama nama unsur dan huruf keduadiambil dari huruf lain yang terdapat pada nama unsur tersebut. Misalnya,
 Ra
 untuk 
ad 
ium
dan
 
 Rn
untuk 
adon
.Pada suhu kamar (25 C) unsur dapat berwujud
Padat, Cair,dan Gas,
 secara umum unsur terbagi menjadi dua kelompok yaitu:
y
 
Unsur Logam
: umumnya unsur logam diberi nama akhiran ium. Umumnyalogam ini memiliki titik didih tinggi, mengilap, dapat dibengkokan , dan daptmenghantarkan panas atau arus listrik.
y
 
Unsur Non Logam
: umumnya memiliki titik didih rendah, tidak mengkilap,kadang-kadang rapuh tak dapat dibengkokkan dan sukar menghantarkan panas atau arus listrik.
 
Se
nyawa
adalah zat yang terbentuk dari penggabungan unsur-unsur dengan pembagian tertentu. Senyawa dihasilkan dari reaksi kimia antara dua unsur ataulebih melalui reaksi pembentukan. Misalnya, karat besi (hematit) berupa Fe2O3dihasilkan oleh reaksi besi (Fe) dengan oksigen (O). Senyawa dapat diuraikanmenjadi unsur-unsur pembentuknya melalui reaksi penguraian.Senyawa mempunyai sifat yang berbeda dengan unsur-unsur  pembentuknya. Senyawa hanya dapt diuraikan menjadi unsur-unsur pembentuknyamelalui reaksi kimia. Pada kondisi yang sama, senyawa dapat memiliki wujud
 
3
 
 berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Sifat fisika dan kimia senyawa berbedadengan unsur-unsur pembentuknya. Misalnya reaksi antara gas hidrogen dan gasoksigen membentuk senyawa air yang berwujud cair.
B.
 
KEGUNAAN UN
S
UR DAN
S
ENYAWA
Unsur-unsur utama dalam bentuk unsur atau senyawa memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan kita sehari-hari. Mari kita pelajari kegunaan beberapaunsur dan senyawa dari unsur golongan utama.
1
.
 
Golongan Alkalia. Unsur Natrium
 Natrium memiliki kemampuan daya gabung terhadap oksigen besar, sehinggasangat mudah terbakar di udara. Oleh karena itu, Na disimpan dalam minyak tanah atau dalam parafin cair. Natrium terbakar dengan nyala kuning. Natrium banyak digunakan untuk pembuatan lampu-lampu natrium dan pembuatansenyawa-senyawa organik.
b
.
Se
nyawa Natrium Hidroksida
 Natrium hidroksida (NaOH), disebut juga soda api atau soda kaustik. NaOHadalah suatu basa yang sangat kuat; larut dengan baik dalam air denganmenimbulkan kalor (larutannya dinamakan
i
nd 
i
nat 
on
); mengikat CO2 dariudara dan berubah menjadi Na2CO3. Soda api digunakan dalam membuat³sabun keras´, membersihkan minyak tanah, dan dalam industri.
c
.
Se
nyawa Natrium Klorida
 Natrium klorida (NaCl) penting sebagai bahan makanan, dan pengawet sayur,daging, telur, dan ikan. Penambahan NaCl dalam air es digunakan sebagai pendingin dalam pembuatan bermacam-macam es, misal es puter, es lilin, danes krim. Dalam industri, NaCl digunakan sebagai sumber unsur Na dan Cl, dansebagai bahan pembuatan senyawan-senyawa lain yang mengandung Na atauCl, seperti asam klorida, dan soda. NaCl dalam industri keramik dipakaisebagai campuran bahan glasir.
d.
Se
nyawa Natrium Kar
b
onat
 Natrium karbonat (soda) mudah larut dalam air, dan larutannya bersifat basa.Berdasarkan sifat inilah maka soda digunakan sebagai zat pencuci. Sodadigunakan dalam perusahaan pencucian untuk menghilangkan noda minyak.Soda juga dipakai dalam industri kaca, dan untuk melunakkan air sadah.
e
.
Se
nyawa Natrium Hidrog
e
n Kar
b
onat
 Natrium hidrogen karbonat dipakai dalam alat pemadam api. Alat ini diisidengan larutan NaHCO3 dicampur dengan saponin, suatu zat dapat berbuih.

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Zi Shun Kudo liked this
Renaldo Sondakh II added this note|
twrima kasih info nya... :D
Abdul Wahid liked this
Rolas Simbolon added this note|
informasi yang bagus.... trimahkasih ya....
Vita Maizia liked this
Ragil Utami Ayu liked this
Rian Nurdiansyah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->