Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
18Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TANAH LONGSOR

TANAH LONGSOR

Ratings: (0)|Views: 2,360 |Likes:
Published by Ayya Soraya Lessy

More info:

Categories:Types, Speeches
Published by: Ayya Soraya Lessy on Jun 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/02/2014

pdf

text

original

 
Epidemiologi Tanah Longsor | 1
 
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
A
lam merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupanmanusia, oleh karena itu manusia tidak dapat dipisahkan dari alam.
A
lammemang sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia, akan tetapi selainmenguntungkan alam juga dapat merugikan bagi manusia, contohnya akhir-akhir ini banyak sekali bencana alam khususnya di Indonesia. Melihatfenomena tersebut sehausnya manusia dapat berpikir bagaimana untuk dapathidup selaras dengan alam. Karena alam tidak dapat ditentang begitu puladengan bencana.Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng dunia yaitu lempengEurasia, lempeng Pasifik, dan lempeng
A
ustralia yang bergerak salingmenumbuk.
A
kibat tumbukan antara lempeng itu maka terbentuk daerah penunjaman memanjang di sebelah Barat Pulau Sumatera, sebelah SelatanPulau Jawa hingga ke Bali dan Kepulauan Nusa Tenggara, sebelah UtaraKepulauan Maluku, dan sebelah Utara Papua. Konsekuensi lain dari tumbukanitu maka terbentuk palung samudera, lipatan, punggungan dan patahan di busur kepulauan, sebaran gunung api, dan sebaran sumber gempa bumi.Gunung api yang ada di Indonesia berjumlah 129.
A
ngka itumerupakan 13% dari jumlah gunung api aktif dunia. Dengan demikianIndonesia rawan terhadap bencana letusan gunung api dan gempa bumi. Di beberapa pantai, dengan bentuk pantai sedang hingga curam, jika terjadi gempa bumi dengan sumber berada di dasar laut atau samudera dapat menimbulkangelombang Tsunami.Jenis tanah pelapukan yang sering dijumpai di Indonesia adalah hasilletusan gunung api. Tanah ini memiliki komposisi sebagian besar lempungdengan sedikit pasir dan bersifat subur. Tanah pelapukan yang berada di atas batuan kedap air pada perbukitan/punggungan dengan kemiringan sedanghingga terjal berpotensi mengakibatkan tanah longsor pada musim hujan
 
Epidemiologi Tanah Longsor | 2
 dengan curah hujan berkuantitas tinggi. Jika perbukitan tersebut tidak adatanaman keras berakar kuat dan dalam, maka kawasan tersebut rawan bencanatanah longsor. ( Nandi. 2007 )
B.
 
Rumus
an Ma
s
alah
Dari latar belakang permasalahan di atas, maka rumuskan masalahnyaadalah sebagai berikut :a.
 
A
 pa sajakah dampak terhadap kesehatan masyarakat yang diakibatkan olehterjadinya bencana tanaah longsor ? b.
 
Bagaimanakah besaran masalah bencana tanah longsor ?c.
 
Bagaimanakah tahapan pengungsian korban bencana tanah longsor ?d.
 
Bagaimanakah upaya pencegahan untuk menghindari terjadinya bencanatanah longsor ?e.
 
Bagaimanakah prinsip penanggulangan bencana tanah longsor ?
C
.
 
T
uju
an1.
 
T
uju
an U
mum
 
Mengetahui gambaran umum dan penanggulangan sertakegawatdaruratan epidemiologi bencana tanah longsor.
2
.
 
T
uju
an Kh
usus
 
a.
 
Untuk mengetahui dampak bencana tanah longsor terhadap kesehatanmasyarakat. b.
 
Untuk mengetahui besaran masalah bencana tanah longsor.c.
 
Untuk mengetahui tahapan pengungsian korban bencana tanah longsor.d.
 
Untuk mengetahui upaya pencegahan terjadinya tanah longsor.e.
 
Untuk mengetahui prinsip penanggulangan epidemiologi tanah longsor.
 
Epidemiologi Tanah Longsor | 3
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKAA.
 
G
a
mb
aran U
mum
Epide
m
iologi Tanah Long
s
or1.
 
Epide
m
iologi Tanah Long
s
or
Tanah longsor atau dalam bahasa Inggris disebut
 Landslide
, adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan,tanah, atau material campuran tersebut, bergerak ke bawah atau keluar lereng. Proses terjadinya tanah longsor dapat diterangkan sebagai berikut:air yang meresap ke dalam tanah akan menambah bobot tanah. Jika air tersebut menembus sampai tanah kedap air yang berperan sebagai bidanggelincir, maka tanah menjadi licin dan tanah pelapukan di atasnya akan bergerak mengikuti lereng dan keluar lereng (Wikipedia, 2007).Hampir semua pulau utama di Indonesia memiliki beberapakabupaten dan kota yang rawan pergerakan tanah, kecuali Pulau Kalimantanyang hanya memiliki dua kabupaten yang rawan, yakni Kabupaten MurungRaya di Kalimantan Tengah dan Kabupaten Malinau di Kalimantan Timur.Daerah yang memiliki relief morfologi kasar dengan lereng-lereng yangterjal secara umum lebih rawan untuk terjadi gerakan tanah. Di samping itu,kondisi batuan yang tidak kompak dan mudah mengalami degradasiumumnya lebih mudah untuk terjadi gerakan tanah. Setidaknya terdapat 918lokasi rawan longsor di Indonesia. Setiap tahunnya kerugian yangditanggung akibat bencana tanah longsor sekitar Rp 800 miliar, sedangkan jiwa yang terancam sekitar 1 juta.
A
da 6 jenis tanah longsor, yakni: longsoran translasi, longsoranrotasi, pergerakan blok, runtuhan batu, rayapan tanah, dan aliran bahanrombakan. Jenis longsoran translasi dan rotasi paling banyak terjadi diIndonesia. Sedangkan longsoran yang paling banyak memakan korban jiwamanusia adalah aliran bahan rombakan (Nandi, 2007 & Gatot M Sudrajat,2008).

Activity (18)

You've already reviewed this. Edit your review.
Hernie Aenie liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Mala Syahidah liked this
Jihad Baraba liked this
Sischa Echsis liked this
Adnan Halim liked this
Andra Ferdi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->