Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Monopoli

Monopoli

Ratings: (0)|Views: 1,408|Likes:
Published by Ari Purnama Dewi

More info:

Published by: Ari Purnama Dewi on Jun 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/22/2013

pdf

text

original

 
Monopoli
Struktur pasar yang bertentangan dengan pasar persaingan sempurna adalahmonopoli. Monopoli adalah struktur pasar di mana hanya terdapat satu penjual, tidakadasubstitusi produk yang mirip
(close substitute)
, dan terdapat hambatan masuk 
(barriers toentry)
ke pasar 
.
Monopoli berasal dari bahasa Yunani yang berarti ³satu penjual´. Monopoli adalahsuatu model pasar dimana di pasar itu hanya ada satu penjual, output yang dihasilkan produsen bersifat lain daripada yang lain(
Unique product)
dan di pasar ada rintangan bagi produseb lain untuk memasukinya. (Sudarman,1984)Monopoli juga menunjukkan satu bentuk organisasi pasar dalam mana di pasar tersebut hanya ada satu perusahaan yang menghasilkan barang yang tidak ada barang penggantinya.(Salvataro, 1981)Jadi monopoli adalah suatu model atau bentuk pasar persaingan tidak sempurnadimana hanya terdapat satu penjual yang menjual barang yang tidak ada barang penggantinyaatau subtitusi produk.Contohnya adalah pada beberapa daerah di Amerika, monopolis menjual listrik, jasatv kabel, dan jasa telepon local. Monopolis juga menjual perangko pos, makanan di arenaolah raga, produk yang dipatenkan, dan barang serta jasa lain tanpa subtitusi yang dekat.Ciri-ciri pasar monopoli dapat dijelaskan sebagai berikut:
(1). Hanya ada satu penjual.
Karena hanya ada satu penjual maka pembeli tidak mempunyai pilihan lain. Dalam hal ini pembeli hanya menerima syarat-syarat jual-beli yangditentukan penjual.
(2). Tidak ada substitusi produk yang mirip.
Misalnya, aliran listrik. Aliran listrik tidak mempunyai pengganti dari barang lain. Ada barang pengganti tetapi sifatnya berbeda,
 
misalnya, lampu minyak. Lampu minyak tidak dapat menggantikan fungsi aliran listrik untuk menyalakan TV, seterika, dan sebagainya.
(3). Terdapat hambatan masuk ke pasar.
Hambatan ini bisa berbentuk undang-undang,memerlukan teknologi yang canggih, dan memerlukan modal yang sangat besar.
(4). Sebagai penentu harga ( price setter).
Dengan mengendalikan tingkat produksi danvolume produk yang ditawarkan perusahaan monopoli dapat menentukan harga yangdikehendaki.Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya monopoli adalah :
(1). Memiliki bahan mentah strategis atau pengetahuan teknis produksi yang spesifik.
Perusahaan monopoli umumnya menguasai seluruh atau sebagian
 
 besar bahan mentahyang tersedia. Sebagai contoh: Pertamina.
 (2). Hak paten produk atau proses produksi.
Dengan pemberian hak paten akan melidungi perusahaan atau pihak-pihak pencipta suatu produk dari peniruan pihak-pihak lain.
(3). Terdapat skala ekonomis.
Pada beberapa kegiatan ekonomi, dengan menggunakanteknologi modern, produksi yang efisien hanya dapat dilakukan apabila jumlah produksinya sangat besar dan meliputi hampir seluruh produksi yang diperlukan didalam pasar. Ini berarti bahwa pada waktu perusahaan mencapai keadaan di mana biaya produksi minimum, jumlah produksi adalah hampir sama dengan jumlah permintaan rieldi pasar. Dengan sifat skala ekonomis demikian, pada tingkat produksi yang sangattinggi, perusahaan dapat menurunkan harga. Keadaan seperti ini mengakibatkan perusahaan baru tidak akan sanggup bersaing dengan perusahaan yang terlebih dahulu berkembang. Keadaan ini mewujudkan pasar monopoli. Perusahaan jasa umum, seperti perusahaan listrik, perusahaan air minum, perusahaan telepon, dan perusahaan kereta apiadalah contoh-contoh industri yang memiliki sifat skala ekonomis seperti diterangkan diatas.
 
4). Pemberian Hak Monopoli oleh Pemerintah.
Melalui peraturan pemerintah, dapatdiberikan kekusaan monopoli kepada perusahaan-perusahaan atau lembaga-lembagatertentu.Selain itu, adapula yang mengelompokkan faktor-faktor penyebab timbulnya pasar monopoli menjadi 2, yaitu:
Hambata
n Teknis (
Technical Barriers to Entry
)
Ketidakmampuan bersaing secara teknis menyebabkan perusahaan lain sulit bersaingdengan perusahaan yang sudah ada (
existing firm
)1) Perusahaan memiliki kemampuan dan atau pengetahuan khusus (
 special 
 
knowledge
) yangmemungkinkan berproduksi sangat efisien,.2) Tingginya tingkat efisiensi memungkinkan perusahaan monopolis mempunyai kurva biaya (MC dan AC) yang menurun.3) Perusahaan memiliki kemampuan control sumber factor produksi, baik berupaSDA,SDM, maupun lokasi produksi.
Hambata
n Leg
a
li
ta
s
(Legal 
 
 Barriers to Entry
)
 1) Undang ± undang dan Hak Paten2) Hak Paten (
 Patent Right 
) atau Hak Cipta ± 
 
Hanya ada satu produsen ± 
 
Listrik yang dihasilkan PLN tidak mempunyai substitusi ± 
 
Perusahaan ± perusahaan lain tidak dapat memasuki industri listrik karena adahambatan
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->