Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
37Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Microsoft Word - Makalah an Kepemimpinan

Microsoft Word - Makalah an Kepemimpinan

Ratings: (0)|Views: 2,336 |Likes:
Published by Brandon Todd

More info:

Categories:Types, Reviews, Book
Published by: Brandon Todd on Jun 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/12/2013

pdf

text

original

 
1
KEPEMIMPINAN DAN PENGEMBANGAN KEPEMIMPINANOleh Mohamad Ali MudiniBAB IPENDAHULUAN
A.
 
Latar BelakangKepemimpinan merupakan salah satu fungsi manajemen yang sangat penting untuk mencapai tujuan organisasi. Dalam semua kelompok dalam masyarakat, baik itu keluarga, perkumpulan olah raga, unit kerja, maupun organisasi lainnya, terdapat seseorang yang paling berpengaruh dan dapat dikatakan sebagai pemimpin. Organisasi akan kurang efisientanpa pemimpin, bahkan tidak mampu mencapai tujuan yang ditentukan. Kepemipinanmenghadapi berbagai faktor dalam organisasi seperti struktur, tatanan, koalisi, kekuasaan dankondisi lingkungan, disamping itu, kepemimpinan dapat menjadi alat pemecahan terhadap beberapa persoalan dalam organisasi. Karena pentingnya kepemimpinan inilah, makakepemimpinan menjadi perhatian para ahli.Dalam sejarah pertumbuhan peradaban manusia, banyak ditunjukkan bahwa salah satufaktor yang menentukan keberhasilan dan kelangsungan organisasi adalah kuat tidaknyakepemimpinan. kegagalan dan keberhasilan suatu organisasi banyak ditentukan oleh sosok  pemimpin karena pemimpin merupakan pengendali penentu arah yang hendak ditempuh olehsuatu organisasi menuju tujuan yang hendak dicapai.Konsep kepemimpinan masih menjadi suatu misteri dan belum ada kesepakatan diantara para ahli tentang apa sebenarnya kepemimpinan dan bagaimana cara menganalisakepemimpinan. Kepemimpinan perlu memadukan beberapa konsep agar kepemimpinan yangideal dapat tercapai. Perilaku pemimpin yang positif dan cukup ideal dapat mendorongkelompok dalam mengarahkan dan memotivasi individu untuk bekerjasama dalam kelompok dalam rangka mewujudkan tujuan organisasi.Karena sentralnya peran kepemimpinan tersebut maka dimensi kepemimpinan yang bersifat kompleks perlu dikaji dan dipahami lebih mendalam lagi.B.
 
Topik PembahasanAdapun permasalaha yang akan dibahas dalam makalah ini adalah:1.
 
Bagaimanakah definisi dan hakikat kepemimpinan?2.
 
Apa saja Teori Kepemimpinan yang perlu diketahui?
 
23.
 
Dimensi-dimensi Kepemimpinan apa sajakah yang ada dalam teori kepemipinan?4.
 
Hal apa sajakah yang perlu dilakukan untuk mengembangkan kemampuan pemimpin?5.
 
Bagaimana Cara Mengembangkan Kemampuan Profesional Kepala Sekolah ?
BAB IIPEMBAHASAN1.
 
Definisi dan Hakikat Kepemimpinan
Menurut Purwanto (2004:24), dapat dikemukakan bahwa terdapat tiga teorikepemimpinan ditinjau dari sejarah perkembangannya, yaitu;a.
 
Konsep yang menganggap bahwa kepemimpinan merupakan kemampuan yang berupa sifat-sifat yang dibawa sejak lahir yang ada dalam diri seorang pemimpin b.
 
Konsep yang lebih modern, yaitu konsep yang memandang kepemimpinan sebagaifungsi kelompok, yang sukses tidaknya suatu organisasi tidak hanya dipengaruhi olehkemampuan atau sifat-sifat yang ada pada seseorang, namun lebih mengutamakansifat-sifat maupun cirri-ciri kelompok yang dipengaruhinya.c.
 
Konsep yang lebih maju lagi, yaitu konsep yang tidak hanya didasari oleh pandangan psikologis dan sosiologis, tetapi juga atas konsep ekonomis dan politis.Para peneliti biasanya mendefinisikan kepemimpinan menurut pandangan pribadi merekaserta aspek-aspek fenomena dari kepentingan yang paling baik bagi para pakar yang bersangkutan. Adapun tujuan dari para peneliti diantaranya:a.
 
Mengadakan identifikasi para pemimpin b.
 
Melatih para pemimpinc. Menemukan apa yang dikerjakan para pemimpind.
 
Menentukan bagaimana pemimpin diseleksie.
 
Untuk membandingkan efektifitas pemimpin (Wahyosumidjo, 2002:18 )Oleh karena itu, menemui adanya definisi kepemimpinan yang tunggal sangatlah sulit.Kepemimpinan menurut Tannenbaum, Wesler dan Massarik dalam Wahjosumidjo (2002:17) adalah kemampuan seseorang dalam mempengaruhi orang lain dengan sengaja, dalamsuatu situasi melalui proses komunikasi, untuk mencapai tujuan atau tujuan-tujuan tertentu.Adapun menurut Ivanchevich (1995: 334 ), kepemimpinan adalah suatu upaya penggunaan jenis pengaruh bukan paksaan untuk memotivasi orang-orang mencapai tujuan tertentu.Sutisna (1993), dalam Mulyasa (2004:107) merumuskan kepemimpinan sebagai prosesmempengaruhi kegiatan seseorang atau kelompok dalam usaha kearah pencapaian tujuandalam situasi tertentu. Mulyasa juga menyebutkan bahwa menurut Supardi (1988)
 
3mendefinisikan kepemimpinan sebagai kemampuan untuk mengerakkan, mempengaruhi,memotivasi, mengajak, mengarahkan, menasehati, membimbin, menyuruh, memerintah,melarang, dan bahkan menghukum bila perlu, serta membina dengan maksud agar manusiasebagai media manajemen mau bekerja dalam rangka mencapai tujuan administrasi secaraefektif dan efisien. Sedangkan menurut Atmosudirdjo dalam Fattah (2004:25) menyebutkan bahwa kepemimpinan merupakan suatu bentuk persuasi seni
(art)
 pembinaan kelompok-kelompok orang-orang tertentu, biasanya melalui human relation dan motivasi yang tepat.Definisi-definisi yang bermacam-macam ini menunjukkan bahwa kepemimpinanmelibatkan pengaruh dan pentingnya proses komunikasi. Selain itu, unsur lain dalam definisitersebut adalah terfokus pada pencapaian tujuan. Keefektifan pemimpin khususnya dipandangdengan ukuran tingkat pencapaian satu atau kombinasi tujuan tersebut.Definisi-definisi yang berbeda-beda tersebut mengandung kesamaan asumsi yang bersifatumum ,seperti:a.
 
Di dalam satu kelompok melibatkan interaksi antara dua orang atau lebih (pemimpindan pengikutnya) b.
 
dalam melibatkan proses mempengaruhi, dimana pengaruh yang sengaja digunakanoleh pemimpin terhadap bawahan. (Wahjosumidjo, 2002: 17)Selain kesamaan asumsi tersebut, terdapat perbedaan pula, yaitu:a.
 
siapa yang menggunakan pengaruh b.
 
tujuan dari usaha untuk mempengaruhic.
 
cara pengaruh itu digunakanAdapun menurut Fattah (2004:88), pemimpin pada hakikatnya adalah seseorang yangmempunyai kemampuan untuk mempengaruhi perilaku orang lain di dalam kerjanya denganmenggunakan kekuasaan, dan kekuasaan adalah kemampuan untuk mengarahkan danmempengaruhi bawahan sehubungan dengan tugas-tugas yang harus dilaksanakannya.Pemimpin memiliki peranan yang sangat pentiong. Purwanto (2004:65) menyatakan bahwa menurut ahli ilmu jiwa, pemimpin yang baik memiliki peran:1.
 
Sebagai pelaksana (executive)2.
 
Perencana (planner)3.
 
Seorang ahli (expert)4.
 
Mewakili kelompoknya5.
 
Mengawasi hubungan antar anggota kelompok 6.
 
Bertindak sebagai pemberi ganjaran dan hukuman7.
 
Bertindak sebagai wasit dan pengarah

Activity (37)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
iklan_anda liked this
Putry Rezeky liked this
Calvinders liked this
Adec Lindha liked this
Berta Agusti W liked this
Fero Zhan liked this
Sam Apriadi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->