Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
6Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PP Nomor 7 Tahun 2011 tentang Pelayanan Darah

PP Nomor 7 Tahun 2011 tentang Pelayanan Darah

Ratings: (0)|Views: 1,129|Likes:
Published by Jum'atil Fajar
Peraturan pemerintah ini berisi berbagai hal seputar pelayanan darah yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun Palang Merah Indonesia
Peraturan pemerintah ini berisi berbagai hal seputar pelayanan darah yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun Palang Merah Indonesia

More info:

Published by: Jum'atil Fajar on Jun 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/12/2013

pdf

text

original

 
 
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 7 TAHUN 2011 TENTANGPELAYANAN DARAHDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 92Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentangKesehatan, perlu menetapkan Peraturan Pemerintahtentang Pelayanan Darah;Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945;2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentangKesehatan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 144, Tambahan LembaranNegara Republik Indonesia Nomor 5063);MEMUTUSKAN:Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANG PELAYANANDARAH.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan:1.
 
Pelayanan darah adalah upaya pelayanan kesehatan yang memanfaatkan darah manusia sebagai bahandasar dengan tujuan kemanusiaan dan tidak untuktujuan komersial.2. Pelayanan . . .
 
 - 2 -2.
 
Pelayanan transfusi darah adalah upaya pelayanankesehatan yang meliputi perencanaan, pengerahandan pelestarian pendonor darah, penyediaan darah,pendistribusian darah, dan tindakan medispemberian darah kepada pasien untuk tujuanpenyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan.3.
 
Penyediaan darah adalah rangkaian kegiatanpengambilan dan pelabelan darah pendonor,pencegahan penularan penyakit, pengolahan darah,dan penyimpanan darah pendonor.4.
 
Fraksionasi Plasma adalah pemilahan derivat plasmamenjadi produk plasma dengan menerapkanteknologi dalam pengolahan darah.5.
 
Pelayanan Apheresis adalah penerapan teknologimedis berupa proses pengambilan salah satukomponen darah dari pendonor atau pasien melaluisuatu alat dan mengembalikan selebihnya ke dalamsirkulasi darah pendonor.6.
 
Pendonor Darah adalah orang yang menyumbangkandarah atau komponennya kepada pasien untuktujuan penyembuhan penyakit dan pemulihankesehatan.7.
 
Fasilitas Pelayanan Kesehatan adalah suatu alatdan/atau tempat yang digunakan untukmenyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan, baikpromotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif yangdilakukan oleh Pemerintah, pemerintah daerahdan/atau masyarakat.8.
 
Unit Transfusi Darah yang selanjutnya disingkatUTD, adalah fasilitas pelayanan kesehatan yangmenyelenggarakan donor darah, penyediaan darah,dan pendistribusian darah.9. Bank . . .
 
 - 3 -9.
 
Bank Darah Rumah Sakit yang selanjutnya disingkatBDRS, adalah suatu unit pelayanan di rumah sakit yang bertanggung jawab atas tersedianya darahuntuk transfusi yang aman, berkualitas, dan dalam jumlah yang cukup untuk mendukung pelayanankesehatan di rumah sakit dan fasilitas pelayanankesehatan lainnya.10.
 
Pemerintah Pusat yang selanjutnya disebutPemerintah, adalah Presiden Republik Indonesia yang memegang kekuasaan pemerintahan negaraRepublik Indonesia sebagaimana dimaksud dalamUndang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.11.
 
Pemerintah Daerah adalah gubernur, bupati, atau walikota, dan perangkat daerah sebagai unsurpenyelenggara pemerintahan daerah.12.
 
Menteri adalah menteri yang menyelenggarakanurusan pemerintahan di bidang kesehatan.Pasal 2Pengaturan pelayanan darah bertujuan:a.
 
memenuhi ketersediaan darah yang aman untukkebutuhan pelayanan kesehatan;b.
 
memelihara dan meningkatkan mutu pelayanandarah;c.
 
memudahkan akses memperoleh darah untukpenyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan;dand.
 
memudahkan akses memperoleh informasi tentangketersediaan darah.BAB II . . .

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Benu Riadi liked this
Rika Berty liked this
Jum'atil Fajar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->