Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
71Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Lampiran Draft Laporan Akhir

Lampiran Draft Laporan Akhir

Ratings: (0)|Views: 5,941 |Likes:
Published by Tiyo Prihantiyono

More info:

Published by: Tiyo Prihantiyono on Jun 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/18/2013

pdf

text

original

 
 1
 
LAMPIRAN
 
LAPORAN
 
 AKHIR
2011
Penilaian Status Norma, Standar,Prosedur, dan Kriteria untuk Pelayanan Pemerintah Daerah 
Submitted by Center for Economic and Public Policy Study – Universitas Gadjah Mada(CEPPS-UGM) for Decentralization Support Facility (DSF) and the Ministry of Home Affairs (MOHA)
 
 2
LAMPIRAN 1ANALISIS SOTK KEMENTERIANDAN LEMBAGA PEMERINTAH
 
 
 3
A.
 
KEMENTERIAN PENDIDIKAN REPUBLIK INDONESIA1.
 
Deskripsi
Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 yang menekankan bahwa tiapwarganegara berhak mendapatkan pengajaran. Untuk itu, Pemerintah mengusahakan danmenyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional yang diatur dengan undang-undang.Sehubungan dengan tuntutan konstitusi dimaksud, Pemerintah berketetapan untuk membentuk lembaga yang bertanggung jawab pada usaha pencerdasan kehidupan bangsa. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah 38 tahun 2007, urusan Pemerintahan Bidang Pendidikandi selenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Republik Indonesia. Bidang UrusanPendidikan terdiri dari sub bidang pendidikan, yaitu sub bidang kebijakan, sub bidangPembiayaan, sub bidang kurikukum, sub bidang sarana dan prasarana, sub bidang pendidik dan tenaga kependidikan, dan sub bidang pengendalian mutu pendidikan.
1.a. Visi
“Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan Nasional untuk Membentuk InsanIndonesia Cerdas Komprehensif.”
1.b. Misi
a.
 
Ketersediaanmeningkatkan ketersediaan layanan pendidikan. Sebagai upaya menyediakan sarana-prasarana dan infra struktur satuan pendidikan (sekolah) dan penunjanglainnya.
b.
 
KeterjangkauanMemperluas keterjangkauan layanan pendidikan. Mengupayakan kebutuhan biayapendidikan yang terjangkau oleh masyarakat.
c.
 
KualitasMeningkatkan kualitas/mutu dan relevansi layanan pendidikan. Sebagai upayamencapai kualitas pendidikan yang berstandar nasional dalam rangkameningkatkan mutu dan daya saing bangsa.
d.
 
KesetaraanMewujudkan kesetaraan dalam memperoleh layanan pendidikan. Tanpa membedakanlayanan pendidikan antarwilayah, suku, agama, status sosial, negeri dan swasta, sertagender.
e.
 
Kepastian JaminanMenjamin kepastian memperoleh layanan pendidikan. Adanya jaminan bagi lulusansekolah untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya atau mendapatkanlapangan kerja sesuai kompetensi.
2.
 
Struktur, Organisasi, dan Tata Kerja
Dalam UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 50disebutkan bahwa pengelolaan sistem pendidikan nasional merupakan tanggung jawabMenteri. Hal ini lebih spesifik lagi dengan dibentuknya Kementerian Pendidikan Republik Indonesia berdasarkan Perpres No. 24 Tahun 2010. Kementerian Pendidikan Republik Indonesia merupakan kementerian yang bertanggungjawab atas penyelenggaraan urusan dibidang pendidikan dalam pemerintahan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 24 tahun2010 Pasal 433. Dalam Peraturan Presiden Nomor 24 tahun 2010 telah dijelaskan tentangtugas, fungsi dan organisasi dari Kementerian Pendidikan Republik Indonesia dalam pasal433-454.