Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
36Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
konsumen

konsumen

Ratings:

4.77

(22)
|Views: 4,140 |Likes:
Published by anon-655841

More info:

Published by: anon-655841 on Sep 12, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/12/2012

pdf

text

original

 
Mungkin untuk mencari barang/jasa untuk bisa dijual gampang sekali. Tapi  pertanyaannya bagaimana caranya agar bisa laku terjual ?. Tanpa mengetahui secaratepat cara atau teknik menjual , maka kegiatan menjual tersebut akan banyak gagalnyaketimbang lakunya. Padahal barangnya bagus, peminatnya sebetulnya cukup banyak.Maka ngga salah kalau teknik menjual atau memasarkan ini harus diketahui.
Menyusun strategi demi kepuasan konsumen
Berbicara mengenai strategi artinya juga berada dalam kondisi persaingan dengan kompetitor.Masing-masing berusaha menarik lebih banyak pelanggan demi kelangsungan usahanya.Dalam era persaingan bebas tidak ada satupun yang aman tanpa persaingan. Siapkah Andaberperang?Kesiapan Anda akan tampak dalam strategi yang Anda buat. Apa saja strategi yang bisaditerapkan tersebut?
 
Layaknya peperangan ada dua strategi yang menjadi dasar yaitu menyerang ataubertahan. Mana yang Anda anggap paling sesuai?
Strategi menyerang
 Di sini Anda harus bersikap agresif dalam menjerat pelanggan. Tetapi ingat, agresif dalam arti Anda memiliki persiapan menyerang yang matang dan cukup kuat untukmenyerang. Bagaimana caranya agar Anda menerapkan strategi menyerang ini?Berikut beberapa contohnya:
o
 
Melakukan promosi atau advertisement yang menerangkan bahwa perusahaanAnda memiliki fasilitas pelayanan lebih baik dibanding sebelumnya. Banyak jalan untuk mempromosikan usaha, misalnya dengan iklan di media massamaupun spanduk, leaflet atau billboard yang dipasang di lokasi strategis.
o
 
Memberikan hadiah (dapat berupa service gratis atau souvenir kecil) kepadapelanggan lama yang dapat membawa beberapa pelanggan baru (jumlahpelanggan baru ditetapkan berdasarkan atas biaya untuk hadiah yangdiberikan).
o
 
dll
Strategi defensif atau bertahan
 Di sini Anda hanya mempertahankan yang sudah ada, mungkin yang Anda lakukanhanya meningkatkan fasilitas pelayanan yang Anda miliki.
o
 
Menyediakan beberapa fasilitas yang dapat memberikan kenyamananpelanggan.
o
 
Memberikan souvenir kecil pada pelanggan setelah beberapa kali menggunakanlayanan Anda.
o
 
Mengirimkan kartu ucapan selamat pada hari-hari besar keagamaan bagipelanggan setia, yang telah menjadi pelanggan cukup lama.
 
o
 
dll
 
Membina hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Hal ini dilakukan untukmenjadikan transaksi antara Anda dan pelanggan berkelanjutan. Misalnya denganmemberikan potongan harga pada hari-hari tertentu.
 
Memberikan jaminan atas layanan atau produk yang Anda jual.
 
Menciptakan hubungan personal karyawan/pemilik perusahaan dengan pelanggan,(
customer relationship management 
). Keuntungan yang didapat dari hubunganpersonal ini, diantaranya adalah bila pelanggan mempunyai keluhan atas produk atauservis, mereka akan melaporkannya kepada karyawan/pemilik. Mereka juga bisamemberikan informasi apa yang mereka ketahui tentang pesaing. Tekankan kepadasetiap karyawan untuk mengingat nama pelanggan yang datang dan mengetahuiriwayatnya.Data riwayat setiap pelanggan itu penting sekali, dan Anda bisamenggunakan pemrograman komputer.
 
Mampu mengantisipasi perubahan atau penambahan harapan pelanggan denganmeningkatan kemampuan internal karyawan untuk pelayanan pelanggan, dansebagainya.
Meningkatkan kemampuan menjual
Sales
lebih sederhana diterjemahkan sebagai sebuah teknik penjualan dalam sebuahperusahaan. Pekerjaan satu ini adalah lahan yang cukup positif dan memiliki peluang karir yang baik. Tentu saja jika Anda melakukannya dengan benar dan sungguh-sungguh.Tetapi mungkin bagi sebagian orang, pekerjaan di bidang penjualan ini adalah sesuatu yangsangat dihindari. Mengapa, karena banyak yang berpendapat jenis pekerjaan penjualan initergantung dari bakat Anda. Jika Anda mempunyai bakat menjual yang baik maka Anda punakan sukses sebagai tenaga penjual. Sebetulnya pernyataan tersebut ada benarnya.Teknik menjual sebuah produk membutuhkan keahlian berbicara dan berkomunikasi persuasif.Sedangkan, tidak semua orang mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik. tetapibukan berarti bidang penjualan ini hanya berlaku bagi mereka yang punya bakat komunikasitersebut. Dengan beberapa latihan dan kemauan keras, Anda bisa menjadi seorang tenagapenjual yang andal.Apa saja yang bisa dijadikan modal dasar menjadi tenaga penjual tersebut. Pertama yangharus Anda dalami adalah mental. Seorang tenaga penjual harus selalu mau belajar danmempunyai kerendahan hati untuk koreksi diri secara terus-menerus. Menganalisis sebuahpengalaman menjadi pelajaran berharga untuk melangkah ke depan.Kemudian, pengetahuan dan informasi lengkap. Sebagai tenaga penjual, Anda harusmempunyai informasi lengkap tentang produk yang Anda jual untuk ditransfer kepada parakonsumen. Pembeli tentunya ingin mengetahui dengan rinci produk yang ditawarkan kersebut.Dan sebelum yakin dengan paparan informasi Anda, mereka tidak akan memutuskan untukmembelinya.Satu-satunya cara agar meyakinkan pembeli adalah dengan memberikan informasi lengkapmengenai produk tersebut. Kemukakan kelebihan-kelebihan yang dimiliki dibandingkan produklainnya. dengan begitu pembeli akan bisa membandingkan dan memutuskan keyakinannya.
 
Ketiga yaitu mengasah kemampuan berkomunikasi persuasif dibantu dengan sarana-saranayang memang diperlukan. Berbagai buku cara-cara berkomunikasi banyak tersedia, cukupdengan latihan sungguh-sungguh dan berani mempraktekannya, seseorang bisa menjaditenaga penjual yang baik.Bagaimanapun, kemauan dan kerja keras adalah dua hal yang menjadi kunci keberhasilanAnda di segala bidang.
Berlomba memuaskan pelanggan
Dalam berbisnis ada dua faktor yang perlu diperhatikan baik-baik, yaitu pelanggan dankompetitor. Anda harus selalu waspada akan dua faktor ini karena siapa tahu nanti Andakecolongan pelanggan karena kelalaian mewaspadai langkah kompetitor.Jadi, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui dengan pasti apa keinginanpelanggan? Cobalah slalu dapat memuaskan pelanggan. Untuk mengetahuinya, tentu sajaharus diadakan survey. Ada banyak cara melakukan survey pasar dan tidak harus kaku atauterpatok pada aturan-aturan resmi. Anda bisa juga mewawancarai beberapa orang dengancara mengobrol biasa. Gali dan temukan informasi dari berbagai sumber.Mengapa ini sangat penting? Karena seperti yang telah disebutkan di atas, jika Anda bersikapacuh, pelanggan bisa lari ke kompetitor Anda. Anda tidak akan mendapat uang dan kompetitor Anda akan semakin sukses. Mampukah Anda menghadapi situasi demikian?Dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, Anda bisa mendapatkan jawaban sesungguhnyaapa yang bisa memuaskan mereka. Jangan sampai langkah Anda didahului kompetitor.Pelanggan terbaik Anda adalah juga prospek terbaik bagi para pesaing. Jika satu pelangganlolos dari pegangan, maka Anda harus bertanya, apakah pesaing menawarkan produk atau jasa yang lebih baik, atau mungkin mereka lebih bagus dalam bisnis dibanding Anda.Ada beberapa pertanyaan dasar yang perlu Anda tanyakan kepada pelanggan seperti dikutipdari penulis buku, David. G:
 
What do you like about buying from us?
 
Why did you buy from us in the first place?
 
What problems did you have before you bought from us?
 
How did we help you solve those problems?
 
How are things better for you now?Kembangkan metode survey usaha Anda misalnya dengan memulai beberapa
brainstorming,focus group discussion
, riset pasar, atau cara-cara lain. Mengetahui keinginan pelanggan itupenting, namun faktanya banyak perusahaan melupakannya. Jangan Anda melakukan hal yangsama
 
Bagaimana mempertahankan konsumen?

Activity (36)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yusi Arianty liked this
Topfm Cilegon liked this
Deka Karuniawan liked this
rifki70 liked this
arijm1707 liked this
Nona Manis liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->