Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penatausahaan PNBP

Penatausahaan PNBP

Ratings: (0)|Views: 1,416 |Likes:
Published by Ernalia Cahyono
Sejalan dengan adanya Reformasi, Pemerintah secara terus menerus menghimbau agar PNBP ditingkatkan, untuk menjawab hal tersebut maka perlu penata usahaan PNBP dimaksud, dengan sedikit tulisan ini mungkin bisa menambah pengetahuan pembaca dalam penataannya, semoga berguna. salam.
Sejalan dengan adanya Reformasi, Pemerintah secara terus menerus menghimbau agar PNBP ditingkatkan, untuk menjawab hal tersebut maka perlu penata usahaan PNBP dimaksud, dengan sedikit tulisan ini mungkin bisa menambah pengetahuan pembaca dalam penataannya, semoga berguna. salam.

More info:

Published by: Ernalia Cahyono on Jun 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/07/2013

pdf

text

original

 
PENATAUSAHAAN PENDAPATAN NEGARA BUKAN PAJAKKEMENTERIAN KEHUTANAN NON KAYU
1.
 
Penjelasan Umum
 Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) adalah wujud daripengelolaan keuangan negara yang merupakan instrumen bagi Pemerintahuntuk mengatur pengeluaran dan penerimaan negara dalam rangkamembiayai pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan,mencapai pertumbuhan ekonomi, meningkatkan pendapatan nasional,mencapai stabilitas perekonomian, dan menentukan arah serta prioritaspembangunan secara umum. APBN ditetapkan setiap tahun dan dilaksanakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Penetapan APBN dilakukan setelahdilakukan pembahasan antara Presiden dan DPR terhadap usulan RAPBNdari Presiden dengan memperhatikan pertimbangan Dewan PerwakilanDaerah (DPD). Seperti tahun- tahun sebelumnya, pada tahun 2009, APBNditetapkan dengan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2008 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2009.Salah satu unsur APBN adalah anggaran pendapatan negara dan hibah1,yang diperoleh dari :Penerimaan perpajakan;Penerimaan negara bukan pajak; danPenerimaan Hibah dari dalam negeri dan luar negeri.PNBP merupakan lingkup keuangan negara yang dikelola dandipertanggungjawabkan sehingga oleh Itjen Kementerian sebagai aparatfungsional dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang merupakan lembagaaudit dapat turut melakukan pemeriksaan atas komponen yang
 
mempengaruhi pendapatan negara yang merupakan penerimaan negaraMenyadari pentingnya dalam pengelolaan dan Penata usahaan PNBP,maka kemudian dilakukan kegiatan Penyegaran Bendahara PNBP denganmengacu pada peraturan perundang-undangan, diantaranya :UU Nomor 20 Tahun 1997 tentang Penerimaan Negara BukanPajak;PP Nomor 22 Tahun 1997 tentang Jenis dan PenyetoranPenerimaan Negara Bukan Pajak;PP Nomor 9 yahun 1998 tentang tariff atau jenis yang berlakupada DephutbunPP Nomor 73 Tahun 1999 tentang Tatacara PenggunaanPenerimaan Negara Bukan Pajak yang Bersumber dari KegiatanTertentu;PP Nomor 22 Tahun 2005 tentang Pemeriksaan PNBP;Permenkeu No. 73/PMK.05/2008 tentang Tata CaraPenatausahaan dan Penyusunan Laporan PertanggungjawabanBendahara Kementerian / Lembaga / Kantor / Satuan Kerja.Permenkeu No. 29 Tahun 2009 tentang Tata Cara PenentuanJumlah, Pembayaran, dan Penyetoran PNBP Yang Terutang.Permenkeu No. 231/PMK.02/2009 tentang Pedoman UmumPemeriksaan PNBP.Permenkeu No. 34 Tahun 2010 ttg Pengajuan dan PenyelesaianKeberatan Atas Penetapan PNBP Yang TerutangPeraturan Dirjen Perbendaharaan Kemkeu No. PER-47/PB/2009tentang Juklak Penatausahaan dan Penyusunan LaporanPertanggungjawaban Bendahara Kementerian / Lembaga /Kantor / Satuan Kerja.
2. Maksud dan Tujuan
Pengertian Bendahara secara umum adalah setiap orang yang
 
diberi tugas menerima, menyimpan, membayar dan atau menyerahkanuang atau surat berharga atau barang-barang Negara; sedangkanpengertian dari Bendahara Penerima adalah orang yang ditunjuk untuk menerima, menyimpan, menyetorkan, menatausahakan danmempertanggungjawabkan uang pendapatan Negara dalam rangkapelaksanaan APBN.PNBP Yang merupakan penerimaan Negara memegang perananpenting dalam membiayai penyelenggaraan pemerintahan Negara danpembangunan nasional , oleh karenanya diperlukan langkah-langkahpengadministrasian yang efisien agar bermanfaat secara optimal sehinggamendorong pertumbuhan PNBP dari masa kemasa .Tujuan penatausahaan PNBP secara umum adalah:
-
 
Memenuhi amanat reformasi di bidang keuangan negara denganmemberikan pedoman/pengaturan yang komperhensif mengenaipenataan Kas Bendahara instansi
-
 
Menggantikan konsepsi lamasedangkan tujuan khusus yang akan dicapai untuk meningkatkanpengetahuan, keterampilan dalam kegiatan pengelolaan danpenatausahaan PNBP oleh Bendahara penerima sesuai dengan peraturanperundang-undangan yang berlaku Adapun sasaran yang akan dicapai adalah :
1.
 
Memahami dasar hukum dan Ruang Lingkup PNBP;
2.
 
Memahami pengertian Bendahara Penerimaan;
3.
 
Melaksanakan prosedur pemungutan dan penyetoran PNBP;
4.
 
Melaksanakan penerimaan pada MAP PNBP;
5.
 
Melaksanakan pembukuan pada BKU dan buku-bukupembantu/register berkenaan;

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Syarifah Amani liked this
A Ainut Tijar liked this
EF Fadli liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->