Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
158Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Asma Bronkial Referat

Asma Bronkial Referat

Ratings: (0)|Views: 5,228 |Likes:

More info:

Published by: Fadhlina Muharmi Harahap on Jul 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/16/2013

pdf

text

original

 
 Laporan Kasus
ASMA BRONKIAL
Oleh :
FADHLINA MUHARMI HARAHAP0708112239
Pembimbing :
dr.ARLINA GUSTI, Sp.P
KEPANITERAAN KLINIK SENIOR BAGIAN ILMU PENYAKIT DALAM – PULMONOLOGIFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS RIAURSUD ARIFIN ACHMAD PEKANBARU2011
 
ASMA BRONKIAL1.Definisi
Asma adalah penyakit inflamasi kronis saluran pernapasan yangdihubungkan dengan hiperresponsif, keterbatasan aliran udara yangreversibel dan gejala pernapasan.
1
Asma bronkial adalah salah satu penyakit paru yang termasuk dalam kelompok penyakit paru alergi danimunologi yang merupakan suatu penyakit yang ditandai oleh tanggapreaksi yang meningkat dari trakea dan bronkus terhadap berbagai macamrangsangan dengan manifestasi berupa kesukaran bernapas yangdisebabkan oleh penyempitan yang menyeluruh dari saluran napas.Penyempitan ini bersifat dinamis dan derajat penyempitan dapat berubah, baik secara spontan maupun karena pemberian obat.
2
2.Epidemiologi
Asma dapat ditemukan pada laki – laki dan perempuan di segalausia, terutama pada usia dini. Perbandingan laki – laki dan perempuan pada usia dini adalah 2:1 dan pada usia remaja menjadi 1:1. Prevalensiasma lebih besar pada wanita usia dewasa. Laki-laki lebih memungkinkanmengalami penurunan gejala di akhir usia remaja dibandingkan dengan perempuan.
3
Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hingga saatini jumlah penderita asma di dunia diperkirakan mencapai 300 juta orangdan diperkirakan angka ini akan terus meningkat hingga 400 juta penderita pada tahun 2025.
4
Hasil penelitian
 International Study on Asthma and Allergies inChildhood 
(ISAAC) pada tahun 2005 menunjukkan bahwa di Indonesia prevalensi penyakit asma meningkat dari 4,2% menjadi 5,4%.
 
Diperkirakan prevalensi asma di Indonesia 5% dari seluruh penduduk Indonesia, artinya saat ini ada 12,5 juta pasien asma di Indonesia.
5
Penelitian yang dilakukan oleh Anggia D pada tahun 2005 diRSUD Arifin Achmad Pekanbaru didapatkan kelompok umur terbanyak yang menderita asma adalah 25 – 34 tahun sebanyak 17 orang (24,29%)dari 70 orang, dan perempuan lebih banyak dari pada laki – laki (52,86%).
6
3.Faktor Resiko
Faktor resiko asma dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu :a.AtopiHal yang diturunkan adalah bakat alerginya,meskipun belum diketahui bagaimana cara penurunannya.Penderita dengan penyakit alergi biasanya mempunyaikeluarga dekat yang juga alergi. Dengan adanya bakat alergiini, penderita sangat mudah terkena penyakit asma bronkial jika terpajan dengan faktor pencetus. b.Hiperreaktivitas bronkusSaluran pernapasan sensitif terhadap berbagairangsangan alergen maupun iritan.c.Jenis KelaminPerbandingan laki – laki dan perempuan pada usiadini adalah 2:1 dan pada usia remaja menjadi 1:1.Prevalensi asma lebih besar pada wanita usia dewasa.d.Rase.Obesitas

Activity (158)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ridski D. Miru liked this
Rh Rafsanjany liked this
Rh Rafsanjany liked this
aiya_soraya liked this
Wahab Ropek liked this
Dini Iriani liked this
Meutia Putri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->