Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Word Kesehatan Olahraga

Word Kesehatan Olahraga

Ratings: (0)|Views: 348 |Likes:
Published by Indi Saragi
Pedoman Kerja Puskesmas Jilid III - Upaya Kesehatan Olahraga
Pedoman Kerja Puskesmas Jilid III - Upaya Kesehatan Olahraga

More info:

Published by: Indi Saragi on Jul 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/31/2013

pdf

text

original

 
 
BAB IPENDAHULUANA. LATAR BELAKANG1. Pengaruh Olahraga Terhadap Kesehatan
a. Secara laboratoris telah diketahui adanya peningkatan immunobodies dalam tubuh manusiasetelah latihan dengan teratur (Hollman et al 1976). b. Para ahli membuktikan bahwa berbagai fungsi organ tubuh akan meningkatkan dengan nyataapabila diberi latihan fisik memadai.Efek/dampak yang menguntungkan tersebut tidak selalu terjadi pada setiap orang yangmelakukan latihan-latihan fisik, sering timbul pula efek negatif, misalnya:1)
 
Pada atlit-atlit wanita yang melakukan latihan berat dan teratur, sering dijumpai kelainanmenstruasi. Gangguan ini ternyata terjadi pada atlit-atlit yang kurus, setelah diselidikiternyata disebabkan oleh gangguan metebolisme lemak.2)
 
Pada orang-orang tua atau orang-orang yang gemuk, sering dijumpai keluhan pada sendi-sendi tungkai (lutut, pergelangan kaki). Hal ini disebabkan oleh karena sendi-senditersebut menderita beban paling berat pada waktu melakukan latihan fisik.3)
 
Pada atlit penggemar olahraga yang memanipulasikan kelentukan (flexibility) secara berlebihan, sering dijumpai kelainan sendi, misalnya pada senam, bulutangkis, tenis,sepakbola dan lain-lain, kelainan ini kadang-kadang bersifat irreversible (tak dapatsembuh kembali).
2
. Peran Upaya Kesehatan Olahraga
a. Peningkatan (Promotif)Upaya kesehatan olahraga merupakan salah satu cara memadukan latihan, gizi yang baik, perhatian terhadap aspek faal, psikologis, dan lain-lain yang dapat memastikan keberhasilan peningkatan kesegaran jasmani. Dengan latihan yang benar, didapat peningkatan derajatkesehatna tubuh perorangan, maupun kesehatna masyarakat. b. Pencegahan (Preventif)Seperti kita ketahui struktur dan kapasitas organ tubuh tergantung kepada besarnya rangsanganyang diterima.
 
Proses penuan diandai dengan perubahan fisik secara organik maupun fungsional tubuh. Dari penelitian-penelitian ternyata fungsi alat tubuh meningkat, mencapai puncaknya, pada beberapasaat menetap dan kemudian akan menurun sedikit demi sedikit dengan bertambahnya umur.Latihan fisik ternyata dapat menghambat kemunduran-kemunduran yang diakibatkan bertambahnya umur. Hal ini berarti bahwa umur harapan hidup dapat lebih tinggi bila upayakesehatan olahraga juga mencakup golongan usia dewasa.Kehamilan, persalinan dan nifas suatu proses normal yang terjadi dalam siklus kehidupan wanita.Latihan fisik secara teratur sejak sebelum hamil, dalam masa kehamilan akan memperbaikisistem pernafasan, peningkatan kerja jantung, otot-otot menjadi lebih kuat dan persendianmenjadi lebih stabil. Latihan fisik dalam masa kehamilan akan memperbaiki pula kesehatan janinkarena oksigenisasi dalam tubuh ibu lebih lancar. Latihan fisik setelah kehamilan akan bermanfaat kerena mengurangi jaringan lemak, memperbaki kelemahan otot pinggul dan dinding perut, menghilangkan kerutan-kerutan kulit dan menurunkan berat badan. Latihan-latihan iniharus disertai dengan gizi yang baik, dengan demikian upaya kesehatan olahraga bagi golonganwanita hamil akan mengurangi angka kematian ibu dalam masa kehamilan dan masa nifas sertamenurunkan angka kematian bayi karena bayi telah dipersiapkan semenjak janin. Hal ini berarti bahwa derajat kesehatan masyarakat dapat ditingkatkan melalui upaya kesehatan olahraga. Atasdasar inilah kesehatan olahraga dapat berperan sebagai pencegahan, untuk itu perlu penyebaranmegenai manfaat upaya kesehatan olahraga melalui penyuluhan atau pendidikan padakesempatan lokakarya, ceramah langsung pada masyarakat umum maupun melalui organisasiyang ada dalam masyarakat.c. Pengobatan (Kuratif)Penyakit-penyakit yang dapat disembuhkan atau dikurangi dengan olahraga adalah kelemahan/kelainan sirkulasi darah, infusiensi koroner, keadaan setelah infark jantung, kelainan pembuluhdarah tepi, diabetes melitus, phlebitis, thrombophlebitis dan osteoporosis.d. Rehabilitatif (Pemulihan)Untuk membantu para penderita cacat tubuh dengan memberikan latihan fisik (fisioterapi) yang biasanya berbentuk latihan penguatan otot dan memperkuat organ-organ lain. Disini pentingsekali peranan para ahli fisioterapi karena pengobatan berlangsung lama dan tidak bolehdilupakan peraan alat-alat bantu, misalnya : tongkat, penyangga dan lain-lain.e. Selain aspek kesehatan tersebut diatas, maka upaya kesehatan olahraga juga berfungsimenunjang peningkatan prestasi keolahragaan. Tiap kegiatan fisik akan memberikan perubahanfisiologis sesuai dengan beban yang diberikan pada tubuh, terutama perubahan pada sistemkardivaskuler-respirasi. Latihan fisik yang dilakukan sedini mungkin akan merangsangkoordinasi gerak motorik bagi anak, sehingga pada usia remaja koordinasi anggota gerak tubuhlebih baik.
 
Pada masa pertumbuhan terjadi penambahan besar dan massa daipada jaringan tubuh dan perrtumbuhan akan berjalan terus sampai usia 20 tahun. Kemampuan tubuh untuk meningkatkankesegaran jasmani dengan latihan olahraga dimulai usia 5-20 tahun dan akan menurun setelahusia 20 tahun. Upaya meningkatkan kesehatan jasmani bagi golongan usia prasekolah sampai purbetas sangat tepat bila dilakukan sedini mungkin sehingga pada masa produktif telah dicapaitingkat kesegaran jasmani yang lebih tinggi.
B. PENGERTIAN1. Sehat
Arti kata ³sehat´ menurut WHO adalah keadan sehat jasmani, rohani (mental) dan sosial,dan bukan hanya bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan. Semakin tinggi kemampuan fisik seseorang, maka semakin mampu ia mengatasi beban kerja yang diberika kepadanya, ataudengan kata lain produktifitas orang tersebut semakin tinggi.
2
. Kesegaran Jasmani
Secara umum kesegaran jasmani (physical fitness) dapat diartikan sebagai kemampuantubuh untuk melakukan kegiatansehari-hari tanpa kelelahan berlebihan.Didalam pengertian tersebut terkandung 3(tiga) hal pokok yaitu beban kerja (pekerjaanharian, cadangan kemampuan/kapasitas dan keadaan kesehatan/derajat kesehatan). Sedangkankomponen kesegaran jasmani terdiri dari ukuran tubuh, kekuatan otot, kecepatan, kelentukan,daya tahan tubuh, keseimbangan dan keterampilan melakukan gerak motorik secara benar.
3. Latihan Fisik/Olahraga
Latihan fisik adalah aktifitas tambahan selain aktifitas fisik sehari-hari. Latihan fisik sebenarnya mempunyai hasil yang khusus, misalnya lari jarak jauh akan meningkatkankemampuan jantung, paru-paru (kempuan aerobik), sedangkan kekuatan otot tidak akan banyak terpengaruh. Latihan fisik yang terlalu berat akan menyebabkan overtraining, sedangkan latihanyang terlalu ringan tidak akan memberikan efek yang dikehendaki.
4. Kesehatan Olahraga
Kesehatan olahraga adalah ilmu yang mengolah segala aspek medis dari kegiatanolahraga yang merupakanaplikasi dari pelbagai cabang ilmu kedokteran terutama fisiologi,kardiologi, orthopedi, ilmu gizi dan psikologi. Jadi kesehatan olahraga adalah semua bentuk kegiatan yang menerapkan ilmu/pengetahuan fisik pada umumnya yang bertujuan meningkatkanderajat kesehatan dan kesegaran jasmani olahragawan untuk mencapai prestasi maksimal padakhususnya.

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ay Alle liked this
Fahria Aldiana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->