Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
39Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah AKHLAK TASAWUF

makalah AKHLAK TASAWUF

Ratings:

5.0

(2)
|Views: 2,930 |Likes:
Published by anton hidayat

More info:

Published by: anton hidayat on Jul 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/20/2014

pdf

text

original

 
 
Akhlak Tasawuf 
- 1 -
BAB I
 
PENDAHULUAN
 
LATAR BELAKANG
Akhlak memiliki peranan penting bagi perjalanan hidup manusia, dimanaakhlak merupakan salah satu khazanah intelektual muslim yang kehadirannyahingga kini makin dirasakan dan memandu perjalanan hidup manusia agarselamat di dunia dan akhirat. Tidak berlebihan jika misi utama kerasulanMuhammad SAW. adalah untuk menyempurnakan akhlak mulia, dan sejarahmencatat bahwa faktor pendukung keberhasilan dakwah beliau antara lainadalah akhlaknya yang mulia.Maka kajian tasawuf sangat dibutuhkan untuk merespon dan memprediksimasa depan tasawuf, dalam makalah ini akan dibahas tentang pengertianakhlak, pengertian tasawuf, dasar-dasar tasawuf dalam al-Qur’an dan hadis.Kajian ini setidaknya memberikan pandangan objektif terhadap tasawuf. Jikaberbicara tentang pengertian tasawuf akan ditemukan banyak sekalipengertian yang berbeda-beda dikalangan para ulama. Secara singkat bahwailmu tasawuf adalah ilmu yang mempelajari usaha membersihkan diri, berjuangmemerangi hawa nafsu, mencari jalan kesucian dengan ma’rifat menujukeabadian, serta berpegang teguh pada janji Allah dan mengikuti syariatRasulullah dalam mendekatkan diri dan mencapai keridlaan-Nya.
BAB II
 
PENGERTIAN DAN DASAR-DASAR AKHLAK TASAWUF
 
A. Pengertian Akhlak
 
1. Pengertian akhlaq secara etimologis ahkhlaq
Adalah bentuk jamak dari khuluq yang artinya budi pekerti, tingkah laku,perangai atau tabi’at Mempunyai sinonim etika dan moral Etika dan moralberasal dari bahasa Latin yang berasal dari kata etos : kebiasaan dan moresartinya kebiasaannya. Kata akhlaq berasal dari kata kerja khalaqa yang artinyamenciptakan. Khaliq maknanya pencipta atau Tuhan dan makhluq artinya yang
 
 
Akhlak Tasawuf 
- 2 -
diciptakan, sedangkang khalaq maknanya penciptaan. Kata khalaqa yangmempunyai kata yang seakar diatas mengandung maksud bahwa akhlaqmerupakan jalinan yang mengikat atas kehendak Tuhan dan manusia. Padamakna lain kata akhlaq dapat diartikan tata perilaku seseorang terhadap oranglain. Jika perilaku atupun tindakan tersebut didasarkan atas kehendak Khaliq(Tuhan) maka hal itu disebut sebagai akhlaq hakiki. Dengan demikian akhlaqdapat dimaknai tata aturan atau norma prilaku yang mengatur hubunganantara manusia dengan Tuhan serta alam semesta.
2. Pengertian akhlaq secara terminologis
menurut :
 
a) Imam Ghozali :
 
Akhlaq adalah sifat yang tertanam dalam jiwa (manusia) yang melahirkanperbuatan-perbuatan dengan mudah tanpa memerlukan pemikiran maupunpertimbangan?.
 
b) Ibnu Maskawaih :
 
Akhlaq adalah gerak jiwa yang mendorong kearah melakukan perbuatandengan tidak membutuhkan pikiran.Definisi akhlak secara substansial tampak saling melengkapi dan darinya kitadapat melihat lima ciri yang terdapat dalam perbuatan akhlak yaitu:
Pertama,
perbuatan akhlak adalah perbuatan yang telah tertanam kuat dalam jiwa seseorang sehingga telah menjadi kepribadiannya.
Kedua,
perbuatan akhlak merupakan yang dilakukan dengan mudah dan tanpapemikiran. Ini tidak berarti bahwa pada saat melakukan perbuatan yangbersangkutan dalam keadaan tidak sadar atau gila. Pada saat yangbersangkutan melakukan suatu perbuatan ia tetap sehat pikirannya dan dalamkeadaan sadar.
Ketiga,
bahwa perbuatan akhlak adalah perbuatan yang timbul dari dalam diriseseorang yang mengerjakannya tanpa ada paksaan atau tekanan dari luar.
 
 
Akhlak Tasawuf 
- 3 -
Keempat,
perbuatan akhlak adalah perbuatan yang dilakukan dengansesungguhnya, bukan main-main atau sandiwara.
Kelima,
sejalan dengan ciri yang keempat perbuatan akhlak khususnya akhlakyang baik yang dilakukan karena ikhlas semata-mata karena Allah, bukankarena ingin mendapat pujian.Dalam perkembangan selanjutnya akhlak tumbuh menjadi suatu ilmu yangberdiri sendiri yaitu ilmu yang memiliki ruang lingkup pokok bahasan. Jikadefinisi tentang akhlak tersebut kita perhatikan secara seksama, akan tampakbahwa ruang lingkup pembahasan ilmu akhlak adalah membahas tentangperbuatan-perbuatan manusia, kemudiann menetapkan apakah perbuatantersebut merupakan perbuatan yang baik atau buruk.Pokok-pokok masalah dalam ilmu akhlak pada intinya adalah perbuatanmanusia, perbuatan tersebut selanjutnya ditentukan kriterianya apakah baikatau buruk. Objek ilmu akhlak adalah membahas perbuatan manusia yangselanjutnya perbuatan tersebut ditentukan baik atau buruk.Tujuan-tujuan kita mempelajari ilmu akhlak dan permasalahannyamenyebabkan kita menetapkan sebagian yang baik dan sebagian sebagaiyang buruk. Bersikap adil termasuk baik, sedangkan perbuatn zalim termasukburuk. Selanjutnya Mustafa Zahri mengatakan bahwa tujuan perbaikan akhlakitu adalah membersihkan kalbu dari kotoran-kotoran hawa nafsu sehingga hatimenjadi bersih dan suci.
B. Pengertian Tasawuf
 Dari segi bahasa terdapat sejumlah kata atau istilah yang dihubung-hubungkanpara ahli untuk menjelaskan kata tasawuf. Harun Nasution, menyebutkan limaistilah yang berkenaan dengan tasawuf, yaitu:
al-Shuffah 
(orang yang tinggal diserambi masjid nabi) ,
shaf ( 
barisan)
, sufi 
(suci)
, sophos 
(bahasa yunani:hikmat), dan
suf 
(kain wol).

Activity (39)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Muhammad Nurhadi liked this
Sari Jilbaber liked this
Fadli Al Gifari liked this
Reflita Putri liked this
Mahrusin Amariey liked this
Kang Fahmi liked this
Kewin Harahap liked this
Shashin Art liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->