Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
0Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kebutuhan Cairan Dan Elektrolit

Kebutuhan Cairan Dan Elektrolit

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 710 |Likes:
Published by Bustanoel

More info:

Published by: Bustanoel on Jul 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/17/2013

pdf

text

original

 
BAB 11PEMBAHASANKEBUTUHAN NUTRISI DAN CAIRAN PADA ANAKA . Pengertian Nutrisi
Nutrisi adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tumbuh dan berkembang.Menurut Narcy Nuwer Konstantinides, nutrisi adalah proses pengambilan zat-zatmakanan penting.Menurut Cristian dan Gregar; 1985, nutrisi adalah jumlah dari seluruh interaksi antaraorganisme dan makanan yang dikonsumsi.Dengan kata lain nutrisi adalah apa yang manusia makan dan bagaimana tubuhmenggunakannya, masyarakat memperoleh makanan dan nutrisi esensial untuk pertumbuhandan pertahanan dari seluruh jaringan tubuh dan menormalkan fungsi dari semua proses tubuh.Nutrisi adalah zat kimia organic dan anorganik yang ditemukan dalam makanan dandiperoleh untuk penggunaan fungsi tubuh. Setiap anak mempunyai kebutuhan nutrien yangberbeda dan karakteristik yang khas dalam mengkonsumsi makanan.
B. Jenis  Jenis Nutrisi1. Karbohidrat
Merupakan sumber energi yang tersedia dengan mudah disetiap makanan, komposisiterdiri dari elemen karbon,hidrogen dan oksigen, karbohidrat harus tersedia dalam jumlah yangcukup sebab kekurangan karbohidrat sekitar 15 % dari kalori yang ada maka dapat menyebabkanterjadinya kelaparan dan berat badan menurun,demikian sebaliknya.Karbohidrat dibagi atas 3 macam yaitu sebagai berikut :
a.
 
Karbohidrat sederhana ( gula )
B
isa berupa monosakarida atau molukel tunggal yang terdiri dari glukosa,fruktosa dan galaktosa . juga berupa disakarida( molukel ganda ).contoh : sukrosa (glukosa + fruktosa ), maltose ( glukosa + glukosa ), laktosa ( glukosa + galaktosa ).
b.
 
Karbohidrat kompleks ( amilum )
adalah polisakarida karena disusun banyak molekulglukosa.
c
.
 
Serat
adalah jenis karbohidrat yang diperoleh dari tumbuh tumbuhan tidak dapat dicernaoleh tubuh dengan sedikit atau tidak menghasilkan kalori tetapi dapat meningkatkan volfeses
2
. Lemak
Merupakan sumber energy yang dipadatkan dan zat gizi yang berperan dalampengangkatan vit A,D,E,K yang larut dalam lemak ,komponen lemak terdiri dari lemak alamiahsekitar 98% diantaranya trigliserida dan gliserol sedangkan 2 persen nya adalah asam lemak
 
bebas diantaranya monogliserida, digliserida, kolesterol dan fosfolipid termasuk lesitin , sefalin,sfingomekelin dan serebrosid.
 Fungsi lemak terdiri dari ;
a.
 
Sebagai sumber energy merupakan sumber energy yang dipadatkan dengan memberikan9 kal /grb.
 
Ikut serta membangun jaringan tubuhc.
 
Perlindungand.
 
Penyekat atau isolasi lemak akan mencegah kehilangan panas dari tubuhe.
 
Perasaan kenyang ,lemak dapat menundu waktu pengosongan lambang dan mencegahtimbul rasa lapar kembali segera setelah makan .f.
 
Vitamin larut dalam lemak
3
. Protein
Merupakan konstituen penting pada semua sel ,jenis nutrisi ini berupa struktur nutrisikomplek yang terdiri dari asam asam amino .protein akan dihidrolisis oleh enzim-enzimproteolitik untuk melepaskan asam-asam amino yang kemundian akan diserap oleh usus.
Fungsi protein terdiri dari :
 
Protein mengantikan protein yang hilang selama proses metabolism yang normal danproses pengausan yang normal
 
Protein menghasilkan jaringan baru
 
Preotein diperlukan dalam perbuatan protein protein yang baru dengan fungsi khususdalam tubuh yaitu enzim hormon dan hemoglobin
 
Protein sebagai sumber energi.
4
. Vitamin
B
ahan organik yang tidak dapat di bentuk oleh tubuh dan berfungsi sebagai katalisatormetabolisme sel yang dapat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan serta dapatmempertahankan organisme di dalam tubuh.
Ada
2
jenis vitamin yaitu :
 
Vit yang larut dalam lemak yaitu vit A,D,E,K
 
Vit yang larut dalam air yaitu
B
dan C ( tidak disimpan dalam tubuh jadi harus di dalamdiet setiap harinya)
5
. Mineral dan air
Merupakan unsur esensial bagi fungsi normal sebagai enzim dan sangat penting dalampengendaliaan sistem cairan tubuh . mineral merupakan konstituen esensial pada jaringan lunak,cairan dan rangka. rangka mengandung sebagian besar mineral, tubuh tidaak dapat mensintesissehingga harus di sediakan lewat makanan .
 
Air merupakan kebutuhan nutrisi yang sangat penting ,mengingat kebutuhan air padabayi relative tinggi 75- 80 % berat badan, di bandingkan dengan orang dewasa yang hanya 55-60%
Fungsi mineral terdiri dari :
1.
 
Konstituen tulang dan gigi ,Contoh : kalsium , magnesium , fosfor2.
 
Pembentukan garam garam yang larut dan mengendalikan komposisi cairan tubuh,contoh : Na,Cl ( extra seluler ), k,mg,p( intra seluler)3.
 
B
ahan dasar enzim dan protein
C. Dampak Nutrisi Pada Tumbuh Kembang Anak
a. dampak psikologismencakup 3 aspek yaitu ;1.Psikodinamika ( freud )
 
Pada usia bayi, pembunuhan kebutuhan yang uatama adalah kebutuhan dasarmelalui oral
 
F
ase oral berhasil dilalui apabila anak mendapat kepuasan dalam pemenuhankebutuhan oral saat makan
 
Dampak psikodinamika yang diperoleh bayi adalah kepuasan2 . psikososial ( erikson )
 
Dampak psikososial yang diperoleh adalah tercapainya rasa percaya dan tidakpercaya sebagai kegagalan dalam pemenuhan kebutuhan tersebut
 
Makanan dapat merupakan stimulasi yang dapat meringankan rasa lapar anak ,dan pemuasan yang konsisten terhadap rasa lapar dapat mempengaruhikepercayaan anak pada lingkungannya, terutama keluarga.3.malturasi organik ( piaget )
 
 
Perkembangan organik yang dialami anak melalui makanan adalah pengalamanmendapatkan beberapa sensoris , seperti rasa atau pengecapan , penciuman ,pengerakan , dan perabaan .
 
Dengan makanan anak akan dapat meningkatkan ketrampilan ,seperti memegangbotol susu , memegang cangkir, sendok ; dan ketrampilan koordinasi gerak , seperti :menyapu dan menyendok makanan .
b. Dampak Fisiologis
Asupan nutrisi yang tepat untuk bayi , toddler, prasekolah , usia sekolah, dan remajaakan sangat berdampak pada pertumbuhan fisik , yaitu anak akan bertambah berat danbertambah tinggi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->