Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
15Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SKB Makalah

SKB Makalah

Ratings: (0)|Views: 494 |Likes:
Published by Indesti Viona

More info:

Published by: Indesti Viona on Jul 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/18/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1.Latar Belakang
Dalam menyusun suatu studi kelayakan bisnis, sebagai titik tolak untuk melakukan analisis, diperlukan informasi lingkungan luar perusahaan untuk mengetahui seberapa jauh lingkungan luar tersebut memberikan peluang sekaligusancaman bagi rencanan bisnis, selain juga untuk mengetahui apa saja yang dapatdisumbangkan oleh proyek bisnis bagi lingkungan luar jika bisnis telahdirealisasikan. Berhubungan dengan kemanfaatan dan biaya terhadap lingkunganluar, kedalaman dan keluasan analisis yang akan dilakukan tergantung padakriteria-kriteria yang telah ditentukan untuk menilai suatu proyek.Lingkungan luar yang dimaksud terdiri atas lingkungan ekonomi, sosial dan politik. Dalam makalah ini akan dibahas lebih lanjut hubungan timbal balik antaralingkungan luar bisnis dan bisnis itu sendiri, yang terdiri atas Aspek Ekonomi,Aspek Sosial dan Aspek Politik.
1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan masalahsebagai berikut :
1.
Bagaimana pengaruh Aspek Ekonomi terhadap bisnis.
2.
Bagaimana pengaruh Aspek Sosial terhadap bisnis.
3.
Apa dampak Aspek politik terhadap bisnis.
1.3.Tujuan Penulisan
1
 
1.
Dapat mengetahui pengaruh-pengaruh Aspek Ekonomi dalam dunia bisnis2.Dapat mengetahui pengaruh-pengaruh Aspek Sosial dalam dunia bisnis3.Dapat mengetahui dampak Aspek Politik terhadap bisnis.
BAB IIPEMBAHASAN2.1. Aspek Ekonomi
Cukup banyak data mikroekonomi yang tersebar diberbagai media secaralangsung maupun tidak langsung dapat dimanfaatkan perusahaan. Datamikroekonomi tersebut banyak banyak yang dapat dijadikan sebagai indikator ekonomi yang dapat diolah menjadi informasi penting dalam rangka studikelayakan bisnis, misalnya : PDB (Produk DomestiknBruto), Investasi, inflasi,kurs valuta asing, kredit perbankan, anggaran pemerintah, pengeluaran pembangunan, perdagangan luar negeri dan neraca pembayaran.Selain menjadikan fakta makroekonomi sebagai input dalam studikelayakan bisnis, hendaknya perlu dikaji imbal-baliknya, yaitu bahwa bisnis yangdirencanakan hendaknya bermanfaat bagi pihak lain. Aspek-aspek penilaianmanfaat bisnis byang direncanakan dapat ditinjau dari beberapa sisi yang penjelasannya disajikan berikut ini :
2.1.1Sisi Rencana Pembangunan Nasional 
2
 
Analisa manfaat proyek ditinjau dari sisi ini, dimaksudkan agar proyek dapat :
a.Memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat 
Kegiatan usaha yang dapat dikerjakan oleh tenaga kerja lokal tidak perludigantikan oleh tenaga kerja asing. Juga pengguanaan tenaga mesin perludipertimbangkan terlebih dahulu apakah tidak akan menjadi lebih baik jikamenggunakan tenaga kerja masyarakat sekitar.
b.Menggunakan sumber daya lokal 
Sumber daya lokal misalnya bahan baku. Komponen bahan baku produk lokal jika dimanfaatkan (dengan catatan kualitas cukup layak sesuai standar)untuk proses produksi, jelas akan meningkatkan perekonomian didaerahtersebut karena sumber daya lokal ini dapat dijadikan usaha bagi masyarakat.
c.Menghasilkan dan menghemat devisa
Penggunaan bahan baku yang diambil dari produk lokal berartimengurangi penggunaan bahan impor. Sudah tentu penggunaan bahan bakulokal ini menghemat devisa negara apalagi jika kandungannya dapat terusditingkatkan jika perlu sampai 100 persen. Jika produk yang dihasilkansebagian atau bahkan seluruhnya untuk pasar ekspor, maka bisnis ini akanmenghasilkan devisa.
d.Menumbuhkan industri lain
Dengan adanya proyek bisnis yang baru, diharapkan tumbuh industri pendukung lainnya seperti industri bahan baku maupun industri sebagaidampak positif adanya kegiatan ekonomi didaerah tersebut.
e.Turut menyediakan kebutuhan konsumen dalam negeri sesuai dengankemampuan
3

Activity (15)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
ajis gagap liked this
Widiyanto Tok liked this
F'Kim Nancy C liked this
Famisari Rino liked this
Flutdika Deffri liked this
Nita Rozasativa liked this
F'Kim Nancy C liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->