Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
21Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah

makalah

Ratings: (0)|Views: 776 |Likes:
Published by DwiPrio Anggoro

More info:

Published by: DwiPrio Anggoro on Jul 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2013

pdf

text

original

 
Makalah Geologi 
 Struktur 
Geologi struktur
adalah studi mengenai distribusi tiga dimensi tubuh batuandan permukaannyayang datar ataupun terlipat, beserta susunan internalnya.Geologi struktur mencakup bentuk permukaan yang juga dibahas pada studigeomorfologi,  metamorfisme dangeologi rekayasa. Dengan mempelajari struktur tiga dimensi batuan dan daerah, dapat dibuat kesimpulan mengenai sejarahtektonik ,lingkungan geologi pada masa lampau dan kejadian deformasinya. Hal ini dapat dipadukan pada waktu dengan menggunakankontrol stratigrafi maupungeokronologi, untuk menentukan waktu pembentukan struktur tersebut.Secara lebih formal dinyatakan sebagai cabang geologiyang berhubungan dengan proses geologi dimana suatu gaya telah menyebabkan transformasi bentuk, susunan, atau struktur internal batuankedalam bentuk, susunan, atau susunan intenal yang lain.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses suatu pembentukan struktur geologi dari batuan yaitu : Sifat elastisitas batuan, resistivity, plastisitas danviskositas.Faktor-faktor lain seperti : Pori-pori batuan dan tekstur batuan.Suatu struktur geologi dapat terbentuk akibat suatu gaya-gaya yang terjadi, yaitu :a.Tensi (gaya tarik)b.Kompresi (gaya tekan)c.Kopel (gaya ganda)d.Torsi (gaya Putar)Gaya berupa kompresi dapat menghasilkan struktur berupa perlipatan, pensesaran,dan penunjaman. Sedangkan gaya berupa tensi menghasilkan struktur berupapatahan.
 
10
 
Makalah Geologi 
 Struktur 
Gambar Perlipatan
Dalam Kerja Lapangan, tidak semua metode analisis digunakan. Metode analisis yang palingumum digunakan dalam Kerja Lapangan adalah ketebalan dan kedalaman, proyeksi stereografis,analisis lipatan, dan peta dan profil geologi.Dalam analisis geologi struktur, terdapat hal – hal yang perlu diperhatikan dalam analisis, yaitu :Þ Struktur yang mengenai batuan berumur paling muda akan mempengaruhi batuan yang berumur lebih tua.Þ Pemisahan struktur yang terdapat pada batuan berumur paling muda dengan batuan yang berumur lebih tua.Þ Analisis dilakukan dari batuan yang berumur paling muda ke batuan yang lebih muda.Untuk memperoleh hasil analisis yang tepat dan benar, analisis geologi struktur dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu :1) Pengambilan data struktur di lapangan2) Analisis struktur 3) Integrasi hasil analisis4) Pemodelan struktur 5) Aplikasi dari hasil analisis struktur 
10
 
Makalah Geologi 
 Struktur 
1) Pengambilan data struktur di lapanganDalam pengambilan data struktur di lapangan, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah pengeplotan lokasi pengambilan data. Hal ini penting sekali untuk menentukan posisipengambilan data pada peta yang nantinya dapat membantu dalam analisis strukturnya.Pengambilan data pada tiap struktur berbeda – beda tergantung dari hasil analisis yangdiinginkan. Tetapi, umumnya, data – data yang diambil adalah sebagai berikut :Þ Kekar Data yang diambil adalah strike dan dip dari bidang kekar. Perlu diperhatikan dalam pengambilan data kekar, harap dipisahkan bidang kekar yang terdapat pada satuan batuan yang berbeda. Selain itu, dibedakan juga antara kekar tarik dan kekar gerus agar data yang diambiltidak tercampur aduk. Untuk kekar – kekar yang memiliki dip >= 80o, jumlah data yang harusdiambil minimal 25 pasang kekar (50 kekar). Sedangkan untuk kekar – kekar yang memiliki dip<= 80o, jumlah data yang diambil minimal 1 pasang kekar (2 kekar). Semakin banyak data yangdiambil, hasilnya semakin baik.Þ Sesar Data yang diambil adalah strike dan dip dari bidang sesar, struktur penyerta (jika ada), besarnyaoffset sesar, kinematika, dan litologi apa saja yang dipotong oleh sesar. Untuk data ini, perludilakukan sketsa dari singkapan sesar agar data yang tidak tercatat di lapangan dapat dilihatkembali pada sketsa.Þ LipatanAdanya lipatan di suatu daerah dapat diketahui dari strike dan dip perlapisan batuan dimana arahdari dipnya berlawanan. Data yang diambil untuk analisis adalah strike dan dip dari perlapisan batuan yang ada.
2) Analisis Struktur
Untuk menganalisis struktur – struktur diatas, dilakukan beberapa metode analisis, yaitu :Þ Diagram Kontur Diagram kontur digunakan untuk menganalisa struktur kekar yang memiliki dip yang besarnyakurang dari 80o. Cara dari metode ini sudah diajarkan pada acara sebelumnya. Tetapi, untuk analisa yang datanya diambil dari lapangan (faktual), ada hal penting yang perlu dilakukan,yaitu:
10

Activity (21)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
weniahaan liked this
Leo Pityunk liked this
Catu Amaral liked this
Ocinas Sinatra liked this
Refdhie Zulmiie liked this
Refdhie Zulmiie liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->