Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
7Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Model Pembelaj. Trigonometri dan Lingkaran SMA XI-IA

Model Pembelaj. Trigonometri dan Lingkaran SMA XI-IA

Ratings: (0)|Views: 1,890|Likes:
Published by M.Rahmatullah, S.Pd

More info:

Published by: M.Rahmatullah, S.Pd on Jul 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/09/2012

pdf

text

original

 
51
PG Matematika Kelas XI 
Bab 3TrigonometriRumus Trigonometeri Jumlah dan Selisih Dua Sudut
A.
Standar Kompetensi
Menggunakan manipulasi aljabar untuk merancang rumus trigonometri dan menyusun bukti.B.
Kompetensi Dasar
1.Menggunakan rumus trigonometri jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda.2.Merancang rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dan sudut ganda.C.
Indikator
Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut.Menggunakan rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut.Menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut.Menggunakan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah.Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut.D.
Materi Pokok 
TrigonometriE.
Alokasi Waktu
8 jam pelajaranF.
Strategi Pembelajaran
1.
Apersepsi/Motivasi 
Melakukan tanya jawab tentang permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan penggunaantrigonometri terutama yang berhubungan dengan trigonometri jumlah dan selisih dua sudut. Misalnyamenentukan jarak dua kapal yang berjarak 80 km dari pelabuhan dengan kapal pertama pada jurusan030° dan kapal kedua pada jurusan 045°.2.
Kegiatan Inti 
Rumus cos (a – b) dan cos (a + b) 
a.Bertanya jawab untuk membahas penyelesaian dari permasalahan yang disampaikan pada apersepsi.Kegiatan ini bertujuan untuk menyegarkan ingatan siswa pada trigonometri dan sifat-sifatnya yangtelah dipelajari di kelas X. Selanjutnya kegiatan ini diarahkan untuk menentukan nilai cos 15° yangmerupakan kosinus selisih dua sudut, yaitu 45° dan 60°.Selanjutnya, siswa dikenalkan rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut.cos (a – b) = cos a cos b + sin a sin bcos (a + b) = cos a cos b – sin a sin bb.Secara terbimbing, siswa mendiskusikan bukti dari rumus kosinus selisih dan jumlah dua sudut bersamateman sebangkunya.c.Siswa mencoba menggunakan rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut dengan melengkapi isian.d.Menguji keterampilan siswa dalam menyelesaikan persoalan dengan menggunakan rumus kosinusselisih dan jumlah dua sudut. Selanjutnya, beberapa siswa menuliskan pekerjaannya di papan tulisuntuk dibahas bersama.
Rumus sin (a + b) dan sin (a – b) 
e.Secara terbimbing, siswa mendiskusikan bukti rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut.sin (a + b) = sin a cos b + cos a sin bsin (a – b) = sin a cos b – cos a sin b
Jenjang Sekolah:SMA dan MAMata Pelajaran:MatematikaKelas:XlProgram Studi : Ilmu
Alam
 
52
Model Pembelajaran 
f.Siswa mencoba menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut dengan melengkapi isian.g.Menguji keterampilan siswa dalam menyelesaikan persoalan dengan menggunakan rumus sinus selisihdan jumlah dua sudut. Selanjutnya, beberapa siswa menuliskan pekerjaannya di papan tulis untukdibahas bersama.
Rumus tan (a + b) dan tan (a – b) 
h.Bersama teman sebangkunya, siswa membuktikan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut.tan (a + b) =
btanatan1 btanatan
+
tan (a – b) =
btanatan1 btanatan
+
i.Siswa mencoba menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut dengan melengkapi isian. j.Menguji keterampilan siswa dalam menyelesaikan persoalan dengan menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut. Selanjutnya, beberapa siswa menuliskan pekerjaannya di papan tulisuntuk dibahas bersama.k.Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan nilai trigonometri jumlah dan selisih dua sudut.3.
Penutup 
a.Mengevaluasi kegiatan belajar yang telah dilakukan.b.Menekankan kepada siswa bahwa rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut merupakan dasardari rumus-rumus trigonometri yang akan dipelajari pada subbab-subbab berikutnya.G.
Sumber/Bahan/Alat
1.Buku Matematika kelas Xl Program Studi Ilmu Alam, Intan Pariwara, halaman 75–83.2.Buku PG Matematika kelas Xl Program Studi Ilmu Alam, Intan Pariwara, halaman 189–200.H.
Penilaian
1.Tes tertulis (
paper and pen test 
)Aspek-aspek yang dinilai:a.kemampuan membuktikan rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut;b.kemampuan menggunakan rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut;c.kemampuan membuktikan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut;d.kemampuan menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut;e.kemampuan membuktikan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut; danf.kemampuan menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut.2.Tes kinerja (
performance test 
)Aspek-aspek yang dinilai:a.keaktifan dalam tanya jawab;b.kemampuan bekerja sama dengan teman sebangku; danc.kemandirian dalam mengerjakan soal-soal latihan.
Rumus Trigonometri Sudut Rangkap
A.
Standar Kompetensi
Menggunakan manipulasi aljabar untuk merancang rumus trigonometri dan menyusun bukti.B.
Kompetensi Dasar
1.Menggunakan rumus trigonometri jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda.2.Merancang rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dan sudut ganda.C.
Indikator
Menggunakan rumus sinus, kosinus, dan tangen sudut rangkap.Merancang dan membuktikan rumus trigonometri sudut rangkap.Menyatakan sinus, kosinus, dan tangen suatu sudut sebagai fungsi trigonometri dari sudut rangkap.D.
Materi Pokok 
Trigonometri
 
53
PG Matematika Kelas XI 
E.
Alokasi Waktu
5 jam pelajaranF.
Strategi Pembelajaran
1.
Apersepsi/Motivasi 
Melakukan tanya jawab untuk mengingatkan rumus-rumus trigonometri yang telah dipelajari di kelas Xdan di subbab sebelumnya. Perlu disampaikan kepada siswa bahwa suatu rumus trigonometri dapat berubahpenampilan sesuai kebutuhan.Misalkan:cos
2
x + sin
2
x = 1sin
2
x = 1 – cos
2
xcos
2
x = 1 sin
2
x2.
Kegiatan Inti 
a.Secara terbimbing, siswa berdiskusi untuk menurunkan rumus trigonometri sudut rangkap, yaitusin 2a, cos 2a, dan tan 2a. Selanjutnya, tiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kemudiandisimpulkan bersama.b.Menyampaikan bahwa rumus trigonometri sudut rangkap digunakan untuk menentukan nilaitrigonometri sudut 2a apabila nilai trigonometri sudut a diketahui. Sedangkan untuk menentukan nilaitrigonometri sudut
21
a dapat digunakan rumus berikut.sin
21
a =
±
 
acos
2121
cos
21
a =
±
 
acos
2121
+
Selanjutnya, dua siswa diminta ke depan untuk menurunkan rumus tersebut.c.Memberi tugas kepada siswa untuk menurunkan beberapa rumus trigonometri yang lainnya sebagaipengembangan materi. Misalnya menurunkan rumus sin 3a dan cos 3a.d.Siswa mencoba menggunakan rumus trigonometri sudut rangkap dengan melengkapi isian.e.Menguji keterampilan siswa dalam menyelesaikan persoalan dengan menggunakan rumus trigonometrisudut rangkap. Selanjutnya, beberapa siswa menuliskan pekerjaannya di papan tulis untuk dibahasbersama.3.
Penutup 
a.Mengevaluasi kegiatan belajar yang telah dilakukan.b.Menyampaikan kepada siswa bahwa rumus-rumus trigonometri terutama rumus trigonometri sudutrangkap banyak digunakan dalam pembahasan bab-bab berikutnya. Misalnya pada bab Limit Fungsidan Turunan Fungsi, atau Integral yang akan dipelajari di kelas Xll.G.
Sumber/Bahan/Alat
1.Buku Matematika kelas Xl Program Studi Ilmu Alam, Intan Pariwara, halaman 84–87.2.Buku PG Matematika kelas Xl Program Studi Ilmu Alam, Intan Pariwara, halaman 200–206.H.
Penilaian
1.Tes tertulis (
paper and pen test 
)Aspek-aspek yang dinilai:a.kemampuan menurunkan rumus trigonometri sudut rangkap;b.kemampuan menggunakan rumus trigonometri sudut rangkap; danc.kemampuan menyatakan suatu bentuk tertentu menjadi bentuk trigonometri sudut rangkap.2.Tes kinerja (
performance test 
)Aspek-aspek yang dinilai:a.keaktifan dalam tanya jawab;b.kemampuan bekerja sama dalam kelompok; danc.kemandirian dalam mengerjakan soal-soal latihan.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
arsya_arief liked this
Rizky Pratama liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->