Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
32Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Etika Bisnis Di Indonesia

Etika Bisnis Di Indonesia

Ratings: (0)|Views: 2,402 |Likes:
Published by haris_setiana

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: haris_setiana on Jul 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/27/2013

pdf

text

original

 
PENYIMPANGAN ETIKA BISNIS DI INDONESIA(Menurut Teori dan Pendapat)
I.PENDAHULUAN
Etika merupakan pemikiran kritis dan rasional mengenai nilaidan norma moral yang menentukan dan terwujud dalam sikapdan perilaku hidup manusia, baik secara pribadi maupunkelompok (Yosephus. 2010).Dalam suatu bisnis, mempraktekkan etika berartimempraktekkan tata cara bisnis yang sopan dan santunsehigga kehidupanbisnis bisa menyenangkan karena salingmenghormati, menimbulkan rasa saling menghargai,meningkatkan efisiensi kerja dan meningkatkan citra pribadidan perusahaan. Berbisnis dengan etika bisnis adalahmenerapkan aturan-aturan umum mengenai etika padaperilaku bisnis. Etika bisnis menyangkut moral, kontak sosial,hak-hak dan kewajiban, prinsip-prinsip dan aturan-aturan.Penyimpangan atau pelangaran etika bisnis bisa terjadi ketikahal-hal tersebut tidak dipatuhi oleh para pelaku bisnis.Di Indonesia, banyak terjadi masalah penyimpangan etikabisnis, bahkan sampai pada tataran yang bisa menyebabkanbencana nasional. Berikut uraian mengenai etika bisnis,penerapan etika bisnis dan penyimpangan etika bisnis yangterjadi di Indonesia baik dalam tingkatan masyarakat,perusahaan maupun negara.
 
II.ETIKA BISNIS
Menurut KNKG (2010), pengertian Etika bisnis mengacu padapenerapan prinsip-prinsip etika pada suatu kondisi bisnis,khususnya dalam menghadapi situasi dilematis dalam bisnis(
business dilemma
). Dilema bisnis timbul bilamana terdapatsituasi bisnis, dimana keputusan yang diambil menghadapidua atau lebih pilihan yang mempunyai dampak yangberbeda yang akan mempengaruhi :
a.
Kemampuan bersaing perusahaan dan profitabilitasnyadanb.Pengaruh yang kurang baik bagi para pemangkukepentingan lainnya.Dalam menciptakan etika bisnis, ada beberapa hal yang perludiperhatikan, antara lain adalah:1.Pengendalian diri
2.
Pengembangan tanggung jawab social (socialresponsibility)
3.
Mempertahankan jati diri dan tidak mudah untukterombang-ambing oleh pesatnya perkembangan informasidan teknologi
4.
Menciptakan persaingan yang sehat
5.
Menerapkan konsep “pembangunan berkelanjutan”
6.
Menghindari sifat 5K (Katabelece, Kongkalikong, Koneksi,Kolusi, dan Komisi)
7.
Mampu menyatakan yang benar itu benar
8.
Menumbuhkan sikap saling percaya antara golonganpengusaha kuat dan golongan pengusaha ke bawah
 
9.
Konsekuen dan konsisten dengan aturan main yang telahdisepakati bersama
10.
Menumbuh-kembangkan kesadaran dan rasa memilikiterhadap apa yang telah disepakati
11.
Perlu adanya sebagian etika bisnis yang dituangkan dalamsuatu hukum positif yang berupa peraturan perundang-undangan
III.
PRINSIP PENERAPAN ETIKA BISNIS DAN CIRI BISNIS YANG BERETIKA
III.1.Prinsip Penerapan Etika BisnisBerikut ini adalah 10 Prinsip di dalam menerapkan EtikaBisnis yang positif:1.Etika Bisnis itu dibangun berdasarkan etika pribadi: Tidak ada perbedaan yang tegas antara etika bisnisdengan etika pribadi. Kita dapat merumuskan etikabisnis berdasarkan moralitas dan nilai-nilai yang kitayakini sebagai kebenaran.
2.
Etika Bisnis itu berdasarkan pada fairness. Apakahkedua pihak yang melakukan negosiasi telahbertindak dengan jujur? Apakah setiap konsumendiperlakukan dengan adil? Apakah setiap karyawandiberi kesempatan yang sama? Jika ya, maka etikabisnis telah diterapkan.
3.
Etika Bisnis itu membutuhkan integritas. Integritasmerujuk pada keutuhan pribadi, kepercayaan dankonsistensi. Bisnis yang etis memperlakukan orangdengan hormat, jujur dan berintegritas. Merekamenepati janji dan melaksanakan komitmen.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->