Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Model Pembelaj. Statistika dan Peluang XI-IS

Model Pembelaj. Statistika dan Peluang XI-IS

Ratings: (0)|Views: 528|Likes:
Published by M.Rahmatullah, S.Pd

More info:

Published by: M.Rahmatullah, S.Pd on Jul 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/06/2012

pdf

text

original

 
27
PG Matematika Kelas XI 
 
Mata Pelajaran
MATEMATIKA
Kelas XI
Program Studi Ilmu Sosial dan Bahasa
SEKOLAH MENENGAH ATASdanMADRASAH ALIYAH
 
28
Model Pembelajaran 
Bab 1StatistikaDiagram Garis, Diagram Kotak Garis, dan Diagram Batang Daun
A.
Standar Kompetensi
Menyajikan dan meringkas data dengan berbagai cara, memberi tafsiran, menyusun, dan menggunakan kaidahpencacahan dalam menentukan banyak kemungkinan; menentukan dan menafsirkan peluang kejadian majemuk.B.
Kompetensi Dasar
Membaca, menyajikan, serta menafsirkan kecenderungan data dalam bentuk tabel dan diagram.C.
Indikator
Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, diagram batang daun, dan diagram kotak garis.Menyajikan data dalam bentuk diagram garis, diagram batang daun, dan diagram kotak garis.D.
Materi Pokok 
StatistikaE.
Alokasi Waktu
10 jam pelajaranF.
Strategi Pembelajaran
1.
Apersepsi/Motivasi 
Mendiskusikan kegiatan sehari-hari yang menggunakan statistika. Misalnya di pasar kita memperolehbermacam-macam data. Di antaranya data berat suatu jenis buah dapat diperoleh dengan pengukuran,data umur padagang dapat diperoleh dengan angket atau wawancara, serta data jenis pekerjaan danpenghasilan pengunjung dapat diperoleh dengan wawancara.2.
Kegiatan Inti 
Diagram Garis 
a.Melatih siswa membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram garis, misalnya data hasil penjualansepatu dari sebuah toko. Selanjutnya, data yang diperoleh dari hasil membaca diagram garis dicatat.b.Membimbing siswa membuat diagram garis dari suatu data yang telah diberikan.
Diagram Batang Daun 
c.Membimbing siswa memahami langkah-langkah penyajian suatu data dalam bentuk diagram batangdaun, kemudian menyampaikan kepada siswa keunggulan diagram batang daun dibandingkan diagrambatang yang telah dikenal siswa sejak SD, yaitu dari diagram batang daun diperoleh informasi semuanilai data.d.Melatih siswa membaca nilai data yang tersaji dalam diagram batang daun.
Diagram Kotak Garis 
e.Mengingatkan siswa tentang data terbesar (X
maks
), data terkecil (X
min
), dan kuartil (Q
1
, Q
2
, Q
3
) yangtelah dipelajari di SMP dan MTs.f.Membimbing siswa memahami langkah-langkah membuat diagram kotak garis, kemudian menjelaskanmaksud dan informasi-informasi yang dapat diperoleh dari suatu diagram kotak garis.g.Melatih siswa untuk membaca diagram kotak garis, kemudian menekankan kepada siswa bahwainformasi dasar yang diperoleh dari suatu diagram kotak garis adalah statistik lima serangkai, yaitu dataterkecil (X
min
), data terbesar (X
maks
), kuartil pertama (Q
1
), kuartil kedua (Q
2
), dan kuartil ketiga (Q
3
).
Jenjang Sekolah:SMA dan MAMata Pelajaran:MatematikaKelas:XlProgram Studi:Ilmu Sosial dan Bahasa
 
29
PG Matematika Kelas XI 
h.Menguji keterampilan siswa membaca dan menyajikan data dalam bentuk diagram garis, diagramkotak garis, dan diagram batang daun.i.Menguji kemampuan siswa membuat penafsiran berdasarkan fakta-fakta atau data-data yang tersajidalam bentuk diagram.3.
Penutup 
a.Menyampaikan kepada siswa bahwa penyajian data bertujuan agar data lebih mudah dibaca danditafsirkan. Sehingga diagram yang digunakan untuk menyajikan tergantung pada kebutuhan ataukeadaan selain diagram-diagram yang telah dipelajari ada banyak diagram lain yang digunakan untukmenyajikan data, misalnya diagram batang, diagram lingkaran, dan diagram gambar (piktogram).b.Memberikan tugas kepada siswa untuk mencari data di lingkungannya, kemudian disajikan dalambentuk diagram garis, diagram kotak garis, dan diagram batang daun.G.
Sumber/Bahan/Alat
1.Buku Matematika kelas Xl Program Studi Ilmu Sosial dan Bahasa, Intan Pariwara, halaman 1–8.2.Buku PG Matematika kelas Xl Program Studi Ilmu Sosial dan Bahasa, Intan Pariwara, halaman 57–66.H.
Penilaian
1.Tes tertulis (
paper and pen test 
)Aspek-aspek yang dinilai:a.kemampuan membaca sajian data dalam bentuk diagram garis;b.kemampuan menyajikan data dalam bentuk diagram garis;c.kemampuan membaca sajian data dalam bentuk diagram kotak garis;d.kemampuan menyajikan data dalam bentuk diagram kotak garis;e.kemampuan membaca sajian data dalam bentuk diagram batang daun;f.kemampuan menyajikan data dalam bentuk diagram batang daun; dang.kemampuan menafsirkan kecenderungan data dalam bentuk diagram.2.Tes kinerja (
performance test 
)Aspek-aspek yang dinilai:a.kemampuan menyampaikan pendapat;b.kemandirian dalam mengerjakan soal-soal;c.kemampuan bekerja sama dalam kelompok; dand.kemampuan mencari dan menyajikan data.
Histogram
A.
Standar Kompetensi
Menyajikan dan meringkas data dengan berbagai cara, memberi tafsiran, menyusun, dan menggunakan kaidahpencacahan dalam menentukan banyak kemungkinan; menentukan dan menafsirkan peluang kejadian majemuk.B.
Kompetensi Dasar
Membaca, menyajikan, serta menafsirkan kecenderungan data dalam bentuk tabel dan diagram.C.
Indikator
Membaca data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.Menyajikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.Menafsirkan kecenderungan data dalam bentuk tabel dan diagram.D.
Materi Pokok 
StatistikaE.
Alokasi Waktu
10 jam pelajaran

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->