Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Vektor dan Transformasi Geometri SMA XII-IA

Vektor dan Transformasi Geometri SMA XII-IA

Ratings: (0)|Views: 1,661 |Likes:
Published by M.Rahmatullah, S.Pd

More info:

Published by: M.Rahmatullah, S.Pd on Jul 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2012

pdf

text

original

 
61
PG Matematika Kelas XII 
Bab 5VektorPengertian Vektor
A.
Standar Kompetensi
Merancang dan menggunakan model matematika program linear, serta menggunakan sifat dan aturan yangberkaitan dengan barisan, deret, matriks, vektor, transformasi, fungsi eksponen, dan logaritma dalam pemecahanmasalah.B.
Kompetensi Dasar
Menggunakan sifat-sifat dan operasi aljabar vektor dalam pemecahan masalah.C.
Indikator
Menjelaskan ciri suatu vektor sebagai ruas garis berarah dan pasangan terurut bilangan nyata.D.
Materi Pokok 
VektorE.
Alokasi Waktu
4 jam pelajaranF.
Strategi Pembelajaran
1.
Apersepsi/Motivasi 
a.Mendiskusikan permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan vektor.b.Menugaskan siswa untuk mencari arti kata vektor dalam kamus besar bahasa Indonesia, kemudiandibahas bersama.2.
Kegiatan Inti 
Vektor 
S
ebagai Garis Berarah 
a.Menjelaskan vektor sebagai suatu garis berarah, yaitu berupa anak panah. Kemudian menjelaskancara menamakan suatu vektor.
Vektor 
S
ebagai Pasangan Terurut Bilangan Real 
b.Menjelaskan cara menentukan vektor pada bidang koordinat sebagai pasangan terurut bilangan realyang dituliskan dalam bentuk matriks kolom, baik vektor di R
2
maupun di R
3
.c.Siswa mencoba menyatakan suatu vektor pada R
2
dan R
3
sebagai pasangan terurut bilangan realdengan melengkapi isian.d.Menginformasikan kepada siswa, bahwa selain dituliskan dalam bentuk kolom, suatu vektor dapat juga dituliskan dalam bentuk baris.e.Menguji keterampilan siswa dalam menyatakan suatu vektor pada bidang koordinat sebagai pasanganterurut bilangan real.3.
Penutup 
Menekankan kepada siswa bahwa secara geometri, suatu vektor digambarkan sebagai garis berarah.Sedangkan secara aljabar, suatu vektor digambarkan sebagai pasangan terurut bilangan real.G.
Sumber/Bahan/Alat
1.Buku Matematika kelas XIl Program Studi Ilmu Alam, Intan Pariwara, halaman 109–113.2.Buku PG Matematika kelas XlI Program Studi Ilmu Alam, Intan Pariwara, halaman 277–281.
Jenjang Sekolah:SMA dan MAMata Pelajaran:MatematikaKelas:XlIProgram Studi:Ilmu Alam
 
62
Model Pembelajaran 
H.
Penilaian
1.Tes tertulis (
paper and pen test 
)Aspek-aspek yang dinilai:a.kemampuan menyatakan vektor di R
2
sebagai pasangan terurut bilangan nyata;b.kemampuan menyatakan vektor di R
3
sebagai pasangan terurut bilangan nyata.2.Tes kinerja (
performance test 
)Aspek-aspek yang dinilai:a.kemampuan menyampaikan pendapat dalam diskusi;b.kemandirian dalam mengerjakan soal-soal latihan.
Aljabar Vektor
A.
Standar Kompetensi
Merancang dan menggunakan model matematika program linear, serta menggunakan sifat dan aturan yangberkaitan dengan barisan, deret, matriks, vektor, transformasi, fungsi eksponen, dan logaritma dalam pemecahanmasalah.B.
Kompetensi Dasar
Menggunakan sifat-sifat dan operasi aljabar vektor dalam pemecahan masalah.C.
Indikator
Menentukan panjang suatu vektor di bidang dan ruang.Menentukan jumlah, selisih, hasil kali vektor dengan skala, dan lawan suatu vektor.Menggunakan rumus perbandingan vektor di bidang dan ruang.Menjelaskan sifat-sifat vektor secara aljabar dan geometri.D.
Materi Pokok 
VektorE.
Alokasi Waktu
8 jam pelajaranF.
Strategi Pembelajaran
1.
Apersepsi/Motivasi 
Bertanya jawab untuk mengingatkan siswa tentang dalil Pythagoras dan jarak antara dua titik.2.
Kegiatan Inti 
Panjang Vektor 
a.Bertanya jawab untuk menentukan panjang vektor dari sebuah contoh.b.Siswa mencoba menghitung panjang vektor di R
2
dan R
3
dengan melengkapi isian, kemudian bersama-sama menyimpulkan rumus untuk menentukan panjang vektor.c.Menjelaskan tentang pengertian vektor satuan dan cara menentukannya.d.Menguji keterampilan siswa dalam menentukan panjang vektor, kemudian hasilnya dibahas bersama.
Vektor Basis 
e.Menjelaskan pengertian dari vektor basis, vektor basis di R
2
dan R
3
.f.Siswa mencoba menuliskan suatu vektor menggunakan vektor basis i_, j_, dan k_dengan melengkapiisian.
Operasi Jumlah dan Selisih Dua Vektor 
g.Menjelaskan penjumlahan vektor secara geometri, yaitu dengan cara segitiga atau dengan cara jajargenjang. Kemudian menjelaskan penjumlahan vektor di R
2
dan R
3
secara aljabar.h.Mempraktikkan penjumlahan vektor dengan cara segitiga dan geometri pada sebuah kubus.i.Siswa mencoba menjumlahkan dan mengurangkan dua vektor dengan melengkapi isian. j.Menginformasikan kepada siswa tentang kesamaan dua vektor, yaitu dua vektor yang mempunyaibesar (panjang) dan arah yang sama.k.Secara terbimbing, siswa menurunkan sifat-sifat pada operasi penjumlahan dan pengurangan vektor.l.Menguji keterampilan siswa dalam melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan vektor, kemudianhasilnya dibahas bersama.
 
63
PG Matematika Kelas XII 
Hasil Kali Vektor dengan Skalar 
m.Menjelaskan cara mengalikan skalar dengan vektor, baik secara geometri maupun secara aljabar,kemudian bersama-sama menyimpulkannya.n.Secara terbimbing, siswa mencoba mengalikan skalar dengan vektor. Pengerjaan ini sekaligus sebagaicontoh berlakunya sifat-sifat perkalian skalar dengan vektor. Selanjutnya menyimpulkan sifat-sifatperkalian skalar dengan vektor.o.Menguji keterampilan siswa dalam menentukan hasil kali skalar dengan vektor, kemudian hasilnyadibahas bersama.
Rumus Perbandingan Vektor 
p.Bertanya jawab untuk menurunkan rumus perbandingan dalam bentuk vektor. Rumus ini digunakanuntuk menentukan vektor posisi dari titik yang terletak pada ruas garis yang menghubungkan dua titiktertentu.q.Menugaskan siswa untuk membuktikan rumus yang digunakan untuk menentukan vektor posisi darititik P yang terletak pada perpanjangan garis AB.r.Siswa mencoba menentukan vektor posisi suatu titik pada garis yang menghubungkan dua titik denganmelengkapi isian.s.Bertanya jawab untuk menurunkan perbandingan dalam bentuk koordinat titik, kemudian menugaskansiswa untuk menurunkan rumus perbandingan dalam bentuk koordinat titik pada perpanjangan ruasgaris.t.Siswa mencoba menentukan koordinat titik yang terletak pada ruas garis dan perpanjangan dari ruasgaris dengan melengkapi isian.u.Menguji pemahaman siswa tentang perbandingan dengan menyelesaikan soal yang menantang.v.Menguji keterampilan siswa dalam menentukan vektor posisi dan koordinat titik yang terletak padaruas garis atau pada perpanjangan ruas garis, kemudian hasilnya dibahas bersama.3.
Penutup 
Mengevaluasi kegiatan belajar yang telah dilakukan dengan melakukan tanya jawab untuk memantapkanpemahaman siswa tentang vektor dan operasinya.G.
Sumber/Bahan/Alat
1.Buku Matematika kelas XIl Program Studi Ilmu Alam, Intan Pariwara, halaman 114–130.2.Buku PG Matematika kelas XIl Program Studi Ilmu Alam, Intan Pariwara, halaman 282–300.H.
Penilaian
1.Tes tertulis (
paper and pen test 
)Aspek-aspek yang dinilai:a.kemampuan menentukan panjang suatu vektor di bidang;b.kemampuan menentukan panjang suatu vektor di ruang;c.kemampuan melakukan operasi penjumlahan vektor;d.kemampuan melakukan operasi pengurangan vektor;e.kemampuan melakukan operasi perkalian vektor dengan skalar;f.kemampuan menentukan lawan suatu vektor;g.kemampuan menggunakan rumus perbandingan vektor di bidang; danh.kemampuan menggunakan rumus perbandingan vektor di ruang.2.Tes kinerja (
performance test 
)Aspek-aspek yang dinilai:a.keaktifan dalam tanya jawab;b.kemandirian dalam menyelesaikan soal-soal latihan.

Activity (20)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rizky Rahmat liked this
Andica Diamanta liked this
Zein Ulfa liked this
jakak liked this
Intan Susanti liked this
Ditta Dava liked this
Khan Bey liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->