Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
4. Wawasan Bimbingan Dan Konseling

4. Wawasan Bimbingan Dan Konseling

Ratings: (0)|Views: 281 |Likes:
Published by David Sigalingging

More info:

Published by: David Sigalingging on Jul 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/20/2014

pdf

text

original

 
BAB IVWAWASAN BIMBINGAN DAN KONSELINGPENDAHULUAN
Materi yang dibahas dalam pokok bahasan ini mencakup konsep dasar dan pentingnyawawasa bimbingan dan konseling dikuasai oleh guru. Oleh sebab itu tujuan dari pokok bahasanwawasan dan bimbingan konseling agar mahasiswa bias memahami pengertian dan tujuan bimbingan dan konseling, dan mampu mendeskripsikan latar belakang perlunya bimbingan dankonseling dalam pendidikan, menjelaskan fungsi dan prinsip bimbingan dan konseling, sertamenjelaskan azas-azas bimbingan dan konseling.
MATERIA.Penegertian Bimbingan dan Konseling
Bimbingan dan konseling merupakan suatu kegiatan yan terintegrasi dalam keseluruhan proses belajar megajar. Bimbingan adalah bantuan yang diberikan kepada individu ataukelompok agar mereka dapat
mandiri
, melalui
bahan, interaksi, nasehat, gagasan ,alat 
 
danasuhan
yang di dasarkan atas
norma
atau
nilai-nilai
yang berlaku. Sedangkan konselingsebagai suatu usaha memperoleh
konsep diri
pada individu siswa.Konsep diri meliputi
konsep tentang diri, orang lain, pendapat orang lain tentan diri,tujuan (harapan, kepercayaan diri) serta menyesuaikan diri dengan norma yang berlaku
dilingkungan
dan masyarakat. (prayitno,
1987).Kegiatan bimbingan dan konseling disekolah ditetapkan adanya 4 bidang bimbingan dankonseling. Keempat biadang tersebut adalah :
1.
Bidang bimbingan pribadi; membantu individu menilai kecakapan, minat bakat, dankarakteristik kepribadian diri sendiri untuk mengembangkan diri secara realistik.
2.
Bidang bimbingan sosial; membantu individu menilai dan mencari alternatif hubungansosial yang sehat dan efektif dengan teman sebaya atau dengan lingkungan sosial yanglebih luas.
3.
Bidang bimbingan belajar; membantu individu dalam kegiatan dalam rangka mengikuti jenjang dan jalur pendidikan tertentu dan/atau dalam rangka menguasai kecakapan atauketerampilan tertentu.
David Sigalingging, SPdrbl_david@yahoo.comhttp://davidsigalingging.wordpress.com
 
4.
Bidang bimbingan karier; membantu individu dalam mencari dan menetapkan pilihanserta mengambil keputusan berkenaan dengan karier tertentu, baik karier di masa depanmaupun karier yang sedang dijalaninyaUntuk melaksanakan keempat bidang tersebut ada tujuh layanan yang diberikan kepadasiswa menurut prayitno antara lain :1.Layanan orientasiLayanan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman penyesuaian diri siswa terhadaplingkungan sekolah dan atau koponen pendidikan lainnya yang baru dimasuki siswa.2.Layanan informasiLayananini bertujuan untuk membekali siswa dengan berbagai hal yang bergunauntuk mengenal diri, dan merencanakan dan mengembangkan pola kehidupan sebagai siswa,anggota keluarga dan masyarakat.3.Layanan penempatan dan penyaluranLayanan ini bertujuan untuk memberikan layanan tentang berbgai hal sepertikemampuan, bakat dan minat siswa yang belum tersalurkan secara tepat.4.Layanan pembelajaranLayanan ini bertujuan untuk memungkinkan siswa memahami dan mengembangkansikap dan kebiasaan belajar yang baik, keterampilan dan materi belajar yang cocok dengan kecepatan dan kesulitan belajarnya serta tuntutan kemampuan yang bergunauntuk kehidupan dan pekembangannya.5.Layanan konseling peroranganLayanan ini dapat dipecahkan dalam berbagai masalah siswa dan dapat dilaksanakanuntuk segenap masalah siswa secara perorangan.
6.
Layanan bimbingan kelompok Layanan ini memugkinkan siswa secara bersama-sama memperoleh bahan dari narasumber yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari baik secara individu, keluarga danmasyarakat.7.Layanan konseling kelompoLayanan ini siswa memperoleh kesempatan untuk membahas dan menuntaskan masalahmelalui dinamika kelompok.
David Sigalingging, SPdrbl_david@yahoo.comhttp://davidsigalingging.wordpress.com
 
Agar terlaksananya kegiatan bimbingan dan konseling dengan baik disekolah diperlukankegiatan pendukung dalam kaitannya dengan kegiatan bimbingan dan konseling, menurut prayitno (1997) adalah :1.Aplikasi intrumen bimbingan dan konseling2.Konferensi kasus3.Kunjungan rumah4.Alih tangan kasus.
B.Latar Belakang Perlunya BImbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan
Berikut akan dikemukakan beragai latar belakang perunya bimbingan dan konselingdalam pendidikan.a.Latar belakang social budayaPerkembangan dan perubahan social budaya sangat cepat terjadi dalam kehidupanmanusia saat ini, terutama dengan adanya era globalisasi. Perkembangan dan perubahantersebut akan mengakibtkan bertambahnya jenis pekerjaan, pendidikan, dan pola yangdituntut untuk mengisi kehidupan tersebut. b.Latar belakang pendidikanSekolah sebagai lembaga pendidikan formal mempunyai peranan yang penting dalamusaha mendewasakan siswa. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar ada tiga bidang pendidikan yang satu sama lain saling berkaitan1.Bidang pengajaran dan kurikulum2.Bidang administrasi dan kepemimpinan3.Bidang layanan bantuanc.Latar belakang psikologisLatar belakang dari segi psikologis menyangkut masalah perkembangan individu, perbedaan individu, kebutuhan individupenyesuaian diri serta masalah belajar. Masalah psikologis siswa dapat berupa:1.Masalah perkembangan individuPada masalah ini siswa diharapkan dapat memberikan bimbingan dan arahandalam proses perkembangan mereka.2.Masalah perbedaan individu
David Sigalingging, SPdrbl_david@yahoo.comhttp://davidsigalingging.wordpress.com

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Rizqi Fajril liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->