Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
33Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Psikologis Pada Masa Menstruasi

Psikologis Pada Masa Menstruasi

Ratings: (0)|Views: 2,069|Likes:
Published by Damayanti Sinaga

More info:

Published by: Damayanti Sinaga on Jul 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/04/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1Pengertian
Menstruasi adalah perdarahan dari uterus karena perubahan hormonal yang teratur atau berdaur teratur, kira-kira empat minggu sekali (kamus istilah kebidanan, hal116)
.
Menstruasi adalah pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertaidengan perdarahan yang terjadi secara berulang setiap bulannya kecuali pada saatkehamilan. Menstruasi yang pertama atau menarche paling sering terjadi pada usia 11tahun, tetapi bisa juga terjadi pada usia 8 tahun atau 16 tahun tergantung factor-faktor yang mempengarui kedewasaan atau perkembangan hormone pada gadis itu sendiri.
1.2 Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang akan dibahas pada makalah ini antara lain:a. Bagaimana gambaran tentang proses menstruasi? b. Bagaimana kondisi psikologis menstruasi dan prosesnya?c. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi psikologisnya?
1.3 Tujuan
Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah untuk:a. Memperoleh gambaran tentang proses menstruasi. b. Mengetahui kondisi psikologis menstruasi.c. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi psikologisnya.1
 
BAB IIPEMBAHASAN
2.1 Gangguan Menstruasi
Gangguan menstruasi yang paling sering terjadi pada wanita diantaranya yaitu:
1.
 
Disminore
Disminore adalah nyeri pada waktu haid terasa di perut bagian bawah ataudidaerah bujur sangkar michaelis, nyeri terasa sebelum, selama dan sesudah haid.Dapat bersifat kholik atau terus-menerus. (kamus istilah kebidanan hal 47)
.
Disminore adalah yeri perut yang berasal dari kram rahim dan terjadi selamamenstruasi. Disebuut disminore primer jika tidak ditemukan penyebab yangmendasar. Nyeri pada disminor primer diduga bersal dari kontraksi rahim yangdirangsang oleh prostaglandin.
2.
 
Amenorea
Amenorea adalah keadaan dimana menstruasi berhenti pada masa menstruasiteratur. Amenorea bisa disebabkan oleh penyakit pada indung telur atau uterus, beberapa penyakit berat misalnya penyakit ginjal kronik, obat-obatan, serta pengangkatan kandung rahim atau indung telur.
2.2 Gangguan Psikologi Menstruasi
Pada masa menstruasi banyak sekali terdapat gangguan-gangguan baik darisegi fisik maupun dasi segi psikologis. Gangguan-gangguan menstruasi ini dapat2
 
menyebabkan tergangguanya aktivitas-aktivitasdari wanita yang mengalamigangguan menstruasi tersebut. Gangguan-gangguan psikologi pada saat menstruasiyaitu :1Kecemasan atau ketakutan terhadap menstruasi, sehingga menimbulkan fobiaterhadap menstruasi. Maksudnya disini jika keregangan dan kecemasan inisecara terus menerus serta berlebihan serta tidak segera diatasi maka akanmenimbulkan fobia pada menstruasi.2Merasa terhalangi atau merasa dibatasi kebebasan dirinya oleh datangnyamenstruasi. Wanita akan merasa kebebasannya terbatas akibat datangnyamenstruasi ini misalnya saja wanita akan terbatas dalam melaksanakanaktivitasnya sehari-hari contohnya ia tidak dapat melaksanakan ibadah,aktivitas olahraga dan aktivitas-aktivitas lainnya.3Mudah tersinggung atau mudah marah. Perasaan ini timbul dikarenakanakibat dari perubahan cara kerja hormone-hormon serata karena pengaruh rasanyeri yang timbul pada saat menstruasi.4Perubahan pola makan pola makan cenderung meningkat terutama padamakan yang manis5Merasa gelisa dan gangguan tidur. Pada saat menstruasi seorang wanita akanmengalami gangguan atau masala susah tidur atau insomnia.3

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->