Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
16Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perencanaan Transportasi

Perencanaan Transportasi

Ratings: (0)|Views: 1,724|Likes:
Published by Winda Anoem

More info:

Published by: Winda Anoem on Jul 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/12/2013

pdf

text

original

 
Perencanaan Transportasi
Teknik transportasi (khususnya perencanaan transportasi) bertujuan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pergerakan dari orang dan barang (transport) ini adalah inti ketertiban dari perencanaan sipil. Segi rencana dari perencanaan transportasi berhubungan dengan rencana daerah kota, dan meliputi keputusanramalan secara teknik dan faktor politik. Ramalan secara teknik dari pengguna jalan biasanya meliputi apa yangdisebut 4 tingkatan rencana model transportasi daerah kota, dibutuhkan pendapat dari generasi perjalanan (berapa banyak perjalanan yang dimaksud), penyaluran perjalanan (pilihan tujuan, dimana pengguna jalan pergi), pilihancara (apa cara yang akan diambil), dan penempatan jalur (jalan mana atau jalur yang akan digunakan), dan penempatan jalur (jalan mana atau jalur yang akan digunakan). Beberapa pengalaman ramalan dapat dijadikansalahsatu dari segi keputusan pengguna jalan, termasuk pemilik kendaraan, rangkaian perjalanan (keputusan untuk hubungan bepergian individual bersama-sama disebuah perjalanan) dan pilihan dari kediaman atau lokasi bisnis(pengetahuan digunakan sebagai ramalan). Segi rencana dari perencanaan transportasi memasukkan ukuran dari fasilitas transportasi (berapa banyak jalur atau berapa banyak kapasitas fasilitas yang dimiliki), penentuan bahan dan ukuran yang digunakan dalam pengaspalan, perencanaan ilmu ukur (pengaturan vertical dan horizontal) dari jalan (atau lintasan). Penggunaan dan perawatan meliputi perencanaan lalu lintas sehingga kendaraaan berpindah dengan lancar di jalanatau lintasan. Cara yang lebih bagus adalah penandaan, lampu, dan jalur penyebrangan. Teknologi yang lebih barumeliputi sistem kemampuan transportasi, termasuk kemajuan sistem informasi pengguna jalan, misalketidaktepatan pesan penanda, dan kemajuan sistem control lalu lintas, misal jalur yang melandai. Faktor manusiamerupakan aspek yang paling penting dari aspek perencanaan transportasi, khususnya mengenai antar pengemudikendaraan dan antar pengguna dari tanda jalan, lampu, dan jalur penyebrangan. 
Perencanaan Lalu Lintas
Perencanaan lalu lintas adalah cabang dari perencanaan sipil yang digunakan perencana teknik untuk mencapaikeamanan dan kenyamanan perpindahan orang dan barang-barang. Sebagian besar terfokus pada penelitian dan pembuatan dari kebutuhan infrastruktur yang berubah-ubah pada perpindahan ini, misal jalan, jalur lintasan keretaapi, jembatan, rambu lalu lintas dan lampu lalu lintas. Bagaimanapun perkembangannya, malah sebaliknya pertambahan bangunan infrasruktur, unsur penggerak  biasanya memajukan kedalam penggelolaan rambu jalan (digunakan dalam waktu lama dalam transport rel). Inimerupakan cara mengukur kekuatan dan kepraktisan rambu lalu lintas, sistem hubungan pengendalian (sebagaicontoh tanda rambu yang terbuka pada jalur diberi petunjuk berbeda secara bergiliran pada setiap waktu) untuk mengatur rambu terutama pada jam tersibuk. Hubungan antara kekuatan jalur (Q) (kendaraan per jam) kecepatan maksimum (V) (kilometer/jam) dan berat jenis(kendaraan/kilometer) adalah Q = KV. Pengamatan untuk akses fasilitas terbatas menyebabkan terjadinyakekuatan maksimum, kecepatan tidak menurun apabila berat jenis bertambah, tapi situasi diatas merupakan permulaan, bertambahnya berat jenis menurunkan kecepatan, dan melampui batas permulaan, pertambahan berat jenis menurunkan kekuatan dengan baik. Oleh karena itu, pengaturan berat jenis lalu lintas oleh berkurangnya tingkat kendaraan memasuki jalan rayaselama periode puncak dapat diatasi antara kecepatan dan kekuatan jalur pada kemacetan tinggi. Jalur yangmelandai, lampu pada pintu masuk lereng ditangani dengan tingkatan yang mana kendaraan diijinkan untuk memasuki fasilitas jalur utama, menyediakan kegunaan ini Perencanaan lalu lintas mempunyai beberapa hubungandengan beberapa peraturan :- Perencanaan transportasi- Kemacetan lalu lintas- Perencanaan jalan raya
 
- Pengaturan transportasi- Pengaturan daerah kota- Penandaan jalur  
Perencanaan Jalan Raya
Perencanaan jalan raya adalah proses dari bentuk dan konstruksi dari kenyamanan dan keamanan jalan raya dan jalan. Ini dijadikan peranan penting pada abad ke-20 dan dijadikan akar dari ketentuan perencanaan sipil. Standar dari perencanaan jalan raya akan terus-menerus meningkat. Rencana seperti kelas, susunan permukaan, jarak  pandang, dan radius mendatar tikungan tajam, dan ketegakan kelandaian pada hubungan untuk mengatur tempat,rencana itu semua unsur yang sangat penting dari perencanaan jalan raya. Banyak para pembangun yang memiliki pencaharian luas pada jaringan jalan raya. Rencana Standar asuransi digunakan di Amerika Serikat khususnya pangkal pada penertiban dari AmericanAssociation of State Highway and Transportation Officials lebih penting dari penelitian, disebarluaskan olehdewan pengurus penelitian transportasi, lembaga perencanaan transportasi, administrasi jalan raya federal, dandepartemen administrasi.Perencanaan dalam menangani spesialisasi bentuk, konstruksi, penggunaan jalan raya, jalan dan lainnya yang berhubungan dengan fasilitas kendaraan. 
Perencanaan Bandara
Perencana dalam menangani spesialisasi bentuk dan konstruksi bandara. Perencana bandara harus menghitungkhusus benturan dalam syarat pesawat terbang pada bentuk dan fasilitas bandara. Sebagai salah satu contoh penelitian atas petunjuk lingkaran utama untuk menentukan orientasi landasan pacu. 
Perencanaan Jalan Kereta
Perencana dalam menangani spesialisasi bentuk, konstruksi dan penggunaan dari jalan kereta api dan sistem perpindahan massa digunakan pemandu jalan tertentu (seperti lampu rel atau sistem monorel). Tugas khusustermasuk faktor kesejajaran dan bentuk permukaan, lokasi stasiun dan bentuk, dan perkiraan harga konstruksi perencana jalan raya bisanya dapat pindah kedalam lahan spesialisasi dari pemberangkatan kereta api yang manafokus pada pengawasan perpindahan kereta api. 
Perencanaan Pelabuhan sungai dan pelabuhan laut
Perencana dalam menangani spesialisasi bentuk, konstruksi dan penggunaan dari pelabuhan sungai, pelabuhanlaut, terusan, dan fasilitas bahari lainnya. Ini tidak perlu dipikirkan karena ada perencanaan dari komando angkatanlaut.
Lajur lalu lintasDari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
 
Berbagai jalur di pusat kota Jakarta, jalur lambat di kiri, jalur cepat di kanannya yang terdiri dari dualajur, jalur khusus bus di kanannya
 
Lajur  lalu lintassebagai bagian  jalan
Lajur lalu lintas
adalah bagian dari  jalur lalu lintas tempat lalu lintas bergerak, untuk satu kendaraan. Lebar satu lajur yang dijadikan acuan adalah 3,5 meter ,sehingga bila dilewati oleh kendaraan dengan lebar maksimum 2,5 meter masih ada ruang bebas sebesar 0,5 meter di kiri kanan kendaraan.Lajur yang sebelah kiri diperuntukkan untuk kendaraanyang berjalan dengankecepatan rendah dan yang sebelah kanannya untuk kendaraan yang berjalan dengan kecepatan lebih tinggi, atau di jalantol antar kota yang memiliki dua lajur, lajur kanan hanya diperuntukkan untuk kendaraan yang menyalib.
Daftar isi
o
o
[sunting]Marka jalan pemisah lajur [sunting]Marka pada ruas
Untuk memisahkan dan menandai lajur yang satu dengan lajur lainnya, lajur lalu lintas diberimarka jalan:
Marka utuh yang berarti pengendara tidak boleh berpindah lajur 
Marka putus-putus yang berarti pengendara boleh berpindah lajur 
[sunting]Marka pada persimpangan
Marka simbol panah di tengah lajur dimulut persimpangan untuk menunjukkan lajur yang harus diikuti pada saat melalui persimpangan
Marka simbul segitiga dimulut persimpangan untuk menunjukkan bahwa pengemudi yangmemasuki persimpangan harus memberikan perioritas pada kendaraan yang ada di kanan.
Marka tulisan STOP yang mewajibkan pengemudi untuk berhenti dan bila memungkinkan barumasuk persimpangan.
[sunting]Beberapa istilah lajur Lajur tunggu
adalah lajur khusus sebelum bukaan separator yang berfungsi sebagai tempat kendaraanmenunggu sebelum melakukan perpindahan jalur.

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
arsitektur90 liked this
Tirta Ramadhan liked this
Nazir ULim liked this
Tya P Kusuma liked this
Amar Doank liked this
Tirta Ramadhan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->