Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengontrolan (Proposal 1)

Pengontrolan (Proposal 1)

Ratings: (0)|Views: 554|Likes:
Published by keyshaponakanku
pengontrolan lampu dengan sms.. untuk menghidupkan dan mematikan lampu...
pengontrolan lampu dengan sms.. untuk menghidupkan dan mematikan lampu...

More info:

Published by: keyshaponakanku on Jul 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/12/2012

pdf

text

original

 
Pengontrolan Lampu dengan SMS (Short Message Sevices)melalui Jaringan GSM Menggunakan Visual Basic 6.0
TUGAS AKHIR 
Diajukan sebagai salah satu syaratUntuk memperoleh gelar Ahli Madya dariPoliteknik Universitas Andalas PadangDiajukan oleh :
Wini Friska Dwiastati08 0108 2039PROGRAM STUDI TEKNIK KOMPUTER JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASIPOLITEKNIK NEGERI PADANG2010
 
PENDAHULUAN1.1Latar Belakang
Kecanggihan Teknologi Informasi ditandai dengan adanya komputerisasi di segala bidang. Pekerjaan yang mungkin mustahil dilakukan oleh manusia secara cepat dan tepatdapat dilakukan komputer. Komputer dapat digunakan untuk menyimpan data, pengolahandata, dan lembar kerja. Seiring dengan perkembangan, komputer dapat dijadikan sebagai alatmengontrol peralatan luar untuk manusia.Kebutuhan akan sistem pengontrolan jarak jauh semakin meningkat seiring dengan eraglobalisasi dimana perpindahan dan pergerakan manusia semakin luas dan cepat. Selama inimasyarakat dapat mengontrol sesuatu dari jauh dengan remote control, tapi itu biasaterhambat jika pengontrol melewati batas toleransi.Jaringan GSM diakui kehandalannya dalam mengirimkan data. Salah satu fasilitasnyaadalah mengirim dan menerima pesan singkat berupa teks. SMS dapat digunakan sebagaisarana pengontrolan. Kelebihan dari SMS adalah biaya murah, cepat, dan langsung padatujuan.Untuk itu, penulis tertarik untuk mengadakan judul
“ 
 Pengontrolan Lampu dengan SMS (Short Message Sevices) melalui Jaringan GSM menggunakan Visual basic 6.0” 
1.2Rumusan Masalah
Sesuai dengan permasalahan yang ada diatas, maka permasalahan pada Tugas Akhir inidapat dirumuskan sebagai berikut :
 
1.Bagaimana caranya agar telepon seluler dapat digunakan dalam pengontrolan lampudengan SMS ?2.Bagaimana membuat aplikasi pengontrolan lampu melalui SMS dengan menggunakanBahasa pemograman Visual Bsic 6.0 ?3.Sejauhmana teknologi GSM dapat digunakan untuk mengontrol lampu ?4.Bagaimana mengoptimalkan penggunaan port paralel dalam pengontrolan lampu denganmemanfaatkan SMS?
1.3Tujuan
Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah:
1.
Pemanfaatn PC untuk melakukan pengontrolan dalam melakukan pengendalian jarak  jauh.2.Memperdalam pengetahuan dalam bidang interface komputer dan program komputer melalui praktek.3.Membangun dan mengaplikasikan sebuah sistem pengontrolan yang berbasis SMS.
1.4Batasan masalah
Dari identifikasi masalah diatas pembatasan masalahnya dapat diuraikan sebagai berikut:1.Pengontrolan sistem sepenuhnya dapat dilakukan oleh komputer melalui interface port paralel.2.Telepon seluler digunakan sebagai media input dan output untuk hidup dan mati lampu.3.Fungsi relay pada sistem ini adalah sebagai saklar otomatis yang akan mengatur aliranarus listrik ke lampu.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->