Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Lengkuas

Lengkuas

Ratings: (0)|Views: 559 |Likes:
Published by anon_616637932

More info:

Published by: anon_616637932 on Jul 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/20/2013

pdf

text

original

 
Lengkuas
 Lengkuas merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi dandataran rendah. Batangnya terdiri dari susunan pelepah daun. Daunnya bulat panjang dimanadaun bagian bawah terdiri dari pelepah-pelepah saja sedang bagian atas lengkap dengan helaiandaun. Bunganya muncul pada ujung tumbuhan.Lengkuas atau laos ada yang berimpang putih, ada pula yang berimpang merah. Yang merahukurannya lebih besar dan khasiatnya untuk obat Iebih banyak. Tanaman ini memiliki batangsemu seperti jahe, tapi tingginya bisa sampai 2 m. Daunnya pun lebih melebar. Lengkuas yangsubur panjang daunnya bisa setengah meter dan lebarnya 15 cm.
Kandungan dan Manfaat Lengkuas:
 Mengandung minyak atsiri antara lain : galangol, galangin, alpinen, kamfer, methyl-cinnamate.Lengkuas berkhasiat anti jamur, anti bakteri, menghangatkan, membersihkandarah, menambahnafsu makan, mempermudah pengeluaran angin dari dalam tubuh, mengencerkan dahak,mengharumkan, merangsang otot dan konon berkhasiat aprodisiak.Beberapa Khasiat dari Lengkuas dapat dimanfaatkan sebagai penyembuh penyakit, diantaranya :
Obat Gosok 
 
Komposisi :
 Rimpah Lengkuas dan Alkohol
Cara menyajikan :
 Iris rimpang lengkuas, rendam dalam alcohol
Pengobatan :
 Digosokan pada daerah yang sakit
Rematik 
 
Cara Pertama :Komposisi :
 Rimpah Lengkuas secukupnya.
Cara menyajikan :
 Cuci bersih rimpang lengkuas, lalu rebus
Pengobatan:
 Siramkan air rebusannya pada saat masih hangat ke persendian yang terasa sakit.
Cara Kedua :
 
Komposisi :
 
 
3
rimpang lengkuas sebesar ibu jari, setengah sendok teh bubuk merica, 1 potong gula merah dan2 gelas air santankelapa.
Cara menyajikan :
 direbus bersama-sama hingga airnya tinggal 1 gelas
Pengobatan:
 Diminum sedikit demi sedikit selama 1 minggu.
Latin :
Alpinia galanga, Linn
Indonesia :
Lengkuas / Laos / Laja
English :
Greater galingale
Familia :
Zingiberaceae
Daerah Asal
: India
U
raian Tumbuhan :
 Tanaman terna ini tumbuh tegak dengan tinggi sekitar 2 - 2
m. Biasanya hidup di dataranrendah dan dataran tinggi di ketinggian
1200 m di atas permukaan laut. Terdapat 2 jenistumbuhan lengkuas yaitu varietas dengan rimpang umbi (akar) berwarna putih (biasanya dipakaisebagai penyedap makanan) dan varietas berimpang umbi merah (untuk obat). Batangnya terdiridari susunan pelepah daun. Daunnya bulat panjang dimana daun bagian bawah terdiri dari pelepah-pelepah saja sedang bagian atas lengkap dengan helaian daun. Bunganya muncul padaujung tumbuhan. Rimpang umbinya berserat kasar dan beraroma khas. Komposisi kandungankimia: Lengkuas mengandung minyak terbang, minyak atsiri, eugenol, seskuiterpen, pinen, metilsinamat, kaemferida, galangan, galangol dan kristal kuning. Khasiat dan manfaat untuk  pengobatan 1. Rematik 
Lengkuas atau laos ada yang berimpang putih, ada pula yang berimpang merah. Yang merah ukurannyalebih besar dan khasiatnya untuk obat Iebih banyak. Tanaman ini memiliki batang semu seperti jahe, tapitingginya bisa sampai 2 m. Daunnya pun lebih melebar. Lengkuas yang subur panjang daunnya bisasetengah meter dan lebarnya 15 cm.
K
andungan & Manfaat:
 Mengandung minyak atsiri antara lain : galangol, galangin, alpinen, kamfer, methyl-cinnamate. Lengkuasberkhasiat anti jamur, anti bakteri, menghangatkan, membersihkan darah, menambah nafsu makan,mempermudah pengeluaran angin dari dalam tubuh, mengencerkan dahak, mengharumkan,merangsang otot dan konon berkhasiat aprodisiak.
 jahe
 
K
egunaan:
J
ahe
(
 Zingiber officinale
), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagairempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruastengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernamazingeron.
 
J
ahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh WilliamRoxburgh dari kataYunani 
 z 
ingiberi
, dari bahasaSansekerta,
 singaberi
.
J
ahe diperkirakan berasal dariIndia. Namun ada pula yang mempercayai jahe berasal dariRepublik Rakyat Cina Selatan. Dari India, jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hinggaAsiaTenggara, Tiongkok,
J
epang, hinggaTimur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer diEropa.Karena jahe hanya bisa bertahan hidup di daerah tropis, penanamannya hanya bsia dilakukan didaerah katulistiwa seperi Asia Tenggara,Brasil, danAfrika. Saat iniEquador dan Brasil menjadi  pemasok jahe terbesar di dunia.
[
sunting] Ciri morfologis
Batang jahe merupakan batang semu dengan tinggi
3
0 hingga 100 cm. Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning hingga kemerahan dengan bau menyengat. Daunmenyirip dengan panjang 15 hingga 2
3
mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Tangkai daun berbuluhalus.Bunga jahe tumbuh dari dalam tanah berbentuk bulat telur dengan panjang
3
,5 hingga 5 cm danlebar 1,5 hingga 1,75 cm. Gagang bunga bersisik sebanyak 5 hingga 7 buah. Bunga berwarnahijau kekuningan. Bibir bunga dan kepala putik ungu. Tangkai putik berjumlah dua.
[
sunting] Pengolahan dan pemasaran
Rimpang jahe, terutama yang dipanen pada umur yang masih muda tidak bertahan lamadisimpan di gudang. Untuk itu diperlukan pengolahan secepatnya agar tetap layak dikonsumsi.Terdapat beberapa hasil pengolahan jahe yang terdapat di pasaran, yaitu:
y
 
J
ahe segar 
y
 
J
ahe kering
y
 
Awetan jahe
y
 
J
ahe bubuk 
y
 
Minyak jahe
y
 
O
leoresin jahe

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
miftaamief liked this
Erica Fitri liked this
Fandi Sutanto liked this
Arllan Deva liked this
Lesti Ariani liked this
Samel Gausa liked this
Evy Dwi Rahayu liked this
Ary Javanie Cha liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->