Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
28Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Program Kerja Sekolah 2010 2011

Program Kerja Sekolah 2010 2011

Ratings: (0)|Views: 2,030 |Likes:
Published by Rudi Hartono

More info:

Published by: Rudi Hartono on Jul 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/21/2013

pdf

text

original

 
SMPN 1 Karangdadap
Program Kerja Sekolah Tahun Pelajaran 2010/2011
 
1
 
BAB IPENDAHULUAN
 
A.
 
Latar Belakang
Sistem pendidikan nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan; meliputiinput, proses, output, dan outcome; yang saling terkait secara terpadu untuk mencapaitujuan yaitu untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yangberiman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu,cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.Visi pendidikan nasional mewujudkan sistem pendidikan sebagai pranata sosialyang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia agarberkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawabtantangan zaman yang selalu berubah.Kepala Sekolah sebagai pilar penjamin mutu dalam rangka meningkatkan mutupendidikan memiliki kewajiban untuk mengembangkan kriteria dan pengukuran.Melaksanakan pengukuran, dan mengevaluasi ketercapaian kinerja sekolah.Standar adalah kriteria minimal yang harus dipenuhi. Untuk memastikan bahwaseluruh kriteria atau standar terpenuhi memerlukan instrumen pengukuran dan prosespengukuran. Apabila kondisi nyata pencapaian sesuai dengan kriteria atau target yangditetapkan dalam perencanaan maka hal tersebut kinerja pada posisi efektif. Atas dasarkaidah tersebut, maka penerapan standar nasional pendidikan berimplikasi padapengembangan model sekolah berbasis kriteria, pengukuran, dan data.Kebijakan tentang penjaminan dan pelaksanaan pengendalian mutu sebagaimanayang diamanatkan PP 19 tahun 2005, penetapan kriteria dan pengukuran harus sekolahlakukan mengenai isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan,sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian.Pemerintah memetakan sekolah dalam tiga kategori; (1) sekolah yang belummemenuhi Standar Nasional Pendidikan, (2) sekolah yang memenuhi atau hampirmemenuhi Standar Nasional Pendidikan ke dalam kategori mandiri, dan (3) sekolah yangtelah memenuhi Standar Nasional Pendidikan yang diperkaya dengan acuan pada standarpendidikan salah satu negara maju yang mempunyai keunggulan tertentu di bidangpendidikan. Dalam hal ini sekolah perlu menetapkan indikator pada setiap komponenyang distandarkan.Sesuai dengan kewenangannya, pemerintah menetapkan bahwa satuan pendidikanwajib menyesuaikan diri dengan berbagai ketentuan pada PP 19. Itu berarti bahwa palinglambat pada tahun 2013 semua sekolah jalur pendidikan formal sudah memenuhi StandarNasional Pendidikan.
 
SMPN 1 Karangdadap
Program Kerja Sekolah Tahun Pelajaran 2010/2011
 
2
 
Menindaklanjuti kebijakan tersebut, Kepala Sekolah menetapkan program yangmerujuk pada seluruh ketentuan yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan. sekolah perlumenyesuaikan secara bertahap sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya untuk mengembangkan potensinya dalam menerapkan standar nasional pendidikan pada tiapranah kegiatannya sehingga memungkinkan sekolah melaksanakan kegaitanpembaharuannya secara terencana, bertahap dan berkelanjutan.Bertolak dari pemikiran di atas, maka perlu disusun rencana kerja sekolah sebagaipedoman pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan SMPN 1Karangdadap Tahun Pelajaran 2010/2011.
B.
 
Dasar
Pengembangan Rencana Kerja Sekolah ini disusun berlandaskan berbagai aturandi bawah ini.1.
 
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang StandarNasional Pendidikan2.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru3.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2007Tentang Sertifikasi Bagi Guru dalam Jabatan4.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2007Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar danMenengah5.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007Tentang Standar Penilaian Pendidikan6.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar danMenengah7.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2006Tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan PeraturanMenteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar KompetensiLulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah8.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007Tentang Standar Sarana dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah(Sd/Mi), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS), danSekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)9.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008Tentang Pembinaan Kesiswaan
 
SMPN 1 Karangdadap
Program Kerja Sekolah Tahun Pelajaran 2010/2011
 
3
 
10.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah11.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah12.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi(SI)
C.
 
Tujuan
Rencana Kerja Sekolah (RKS) ini disusun dengan tujuan :1.
 
Sebagai pedoman pelaksanaan penyelenggaraan di satuan Pendidikan SMPN 1Karangdadap tahun pelajaran 2010/2011.2.
 
Sebagai alat kontrol terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran di satuanpendidikan SMPN 1 Karangdadap tahun pelajaran 2010/2011.3.
 
Sebagai alat evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan proses pembelajaran di satuanpendidikan SMPN 1 Karangdadap selama tahun pelajaran 2010/2011.

Activity (28)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
koera_koera liked this
Agus Mustofa liked this
Agus Mustofa liked this
Agus Supartono liked this
Syafrijal SPd added this note
Terima kasih atas konsep rencana kerja yang sudah dituangkan dalam media ini, semoga banyak manfaatnya bagi kita semua. Ini sangat membantu saya dalam penyusunan Rencana Kerja Sekolah. Sekali lagi terima kasih.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->