Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
209Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Bimbingan Konseling 'Belajar'

Makalah Bimbingan Konseling 'Belajar'

Ratings: (0)|Views: 22,262 |Likes:
Published by Yasheive saadi

More info:

Published by: Yasheive saadi on Jul 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2013

pdf

text

original

 
PENDAHULUANA. Latar Belakang
Siswa adalah bagian dari kesadaran sejarah pendidikan di dunia. Di dalam proses belajar mengajar sangat banyak permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Guruyang profesional akan membantu setiap permasalahan yang dihadapi oleh siswatersebut terutama adalahb guru Bimbingan dan Konseling. Dalam makalah ini kitaakan membahas sebuah permasalahan yang dihadapi siswa, yaitu adalah tentangkesulitan belajar.
B. Rumusan Masalah
1.
Apa Pengertian Bimbingan dan Konseling
 
Belajar?
2.
Apa saja kesulitan belajar itu?
3.
Apa saja yang akan dilakukan oleh seorang guru untuk mengatasi permasalahan belajar?
C. Tujuan
1.
Menjelaskan tentang permasalahan belajar siswa2.Memberikan penalaran kepada guru untuk menghadapi siswa yang bermsalah dalam belajar 
Bimbingan dan Konseling Belajar 1
 
MATERI IBIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR A.Konsep Bimbingan dan Konseling Belajar1.Pengertian Bimbingan
Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada individu dariseorang yang ahli, namun tidak sesederhana itu untuk memahami pengertian dari bimbingan. Pengertian tentang bimbingan formal telahdiusahakan orang setidaknya sejak awal abad ke-20, yang diprakarsai oleh
 Frank Parson (1908)
. Sejak itu muncul rumusan tentang bimbingan sesuaidengan perkembangan pelayana bimbingan, sebagai suatu pekerjaan yangkhas yang ditekuni oleh para peminat ahlinya.Maka untuk memahami pengerian dari bimbingan perlumempertimbangkan beberapa pengertian yang dikemukakan oleh para ahlisebagai berikut:
a.
Bimbingan sebagai bantuan yang diberikan kepada individu untuk dapat memilih, mempersiapkan diri dan memangku suatu jabatan danmendapat kemajuan dalam jabatan yang dipilihnya
(Frank  Parson,1951).
b.
 Frank Parson
merumuskan pengertian bimbingan dalam beberapaaspek yakni bimbingan diberikan kepada individu untuk memasukisuatu jabatan dan mencapai kemajuan dalam jabatan. Pengertian inimasih sangat spesifik yang berorientasi karir.
c.
Bimbingan membantuh individu untuk lebih mengenali berbagaiinformasih tentang dirinya sendiri
(Chiskolm,1959).
d.
Pengertian bimbingan yang dikemukakan oleh Chiskolm bahwa bimbingan membantuh individu memahami dirinya sendiri, pengertianmenitik beratkan pada pemahaman terhadap potensi diri yang dimiliki.
e.
Bimbingan merupakan kegiatan yang bertujuan meningkatkanrealisasi pribadi setiap individu
(Bernad & Fullmer,1969).
Bimbingan dan Konseling Belajar 2
 
f.
Pengertian yang dikemukakan oleh
 Bernard & Fullmer 
bahwa bimbingan dilakukan untuk meningkatkan perwujudan diri individu.Dapat dipahami bahwa bimbingan membantu individu untumengaktualisasikan diri dengen lingkungannya.
g.
Bimbingan sebagai pendidikan dan pengembangan yangmenekankan proses belajar yang sistematik 
(Mathewson,1969).Mathewson
mengemukakan bimbingan sebagai pendidikan dan pengembangan yang menekankanbimbingan sebagai bentuk  pendidikan dan pengembangan diri, tujuan yang diinginkan diperolehmelalui proses belajar.Dari beberapa pengertian bimbingan yang dikemukakan oleh para ahlimaka dapat diambil kesimpulan tentang pengertian bimbingan yang lebihluas, bahwa bimbingan adalah : “Suatu proses pemberian bantuan kepadaindividu secara berkelanjutan dan sistematis, yang dilakukan oleh seorangahli yang telah mendapat latihan khusus untuk itu, dimaksudkan againdividu dapat memahami dirinya, lingkungannya serta dapatmengarahkan diri dan menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk dapatmengembangkan potensi dirinya secara optimal untuk kesejahteraandirinya dan kesejahteraan masyrakat”
2.Pengertian Konseling
Konseling berasal dari bahasa
 Latin
,
Consillium
 berarti dengan atau bersama yang dirangkai dengan menerima atau memahami.Sedangkandalam bahasa Anglosaxon istilah konseling berasal dari istilah sellan yang berarti menyerahkan atau menyampaikan. Sebagaimana istilah bimbingan,istilah konseling juga mengalami perkembangan dan perubahan. Menurut para ahli konseling adalah :
a.Jones, 1951
1)Konseling terdiri atas pengungkapan atau data tentang siswa serta pengarahan kepada siswa untuk dapat mengatasi masalah-masalahyang dihadapinya.
Bimbingan dan Konseling Belajar 3

Activity (209)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Gatya Nicitha liked this
adambitor1713 liked this
adambitor1713 liked this
Alvin Zulkarnaen liked this
guidosipangkar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->