Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PROPOSAL PENELITIAN MATEMATIKA BERBASIS TIK

PROPOSAL PENELITIAN MATEMATIKA BERBASIS TIK

Ratings: (0)|Views: 510 |Likes:
PROPOSAL PENELITIAN “DUKUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TIK UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KELILING DAN LUAS SEGI EMPAT”
PROPOSAL PENELITIAN “DUKUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TIK UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KELILING DAN LUAS SEGI EMPAT”

More info:

Published by: Mas Waterbender Bukhori on Jul 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/01/2013

pdf

text

original

 
PROPOSAL PENELITIAN ³DUKUNGAN MEDIAPEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TIK UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEPKELILING DAN LUAS SEGI EMPAT´
BAB I
 
PENDAHULUAN
 
A. Latar Belakang Masalah
Pada saat ini perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telahmenyentuh di segala aspek kehidupan manusia. Mulai dari dunia bisnis sampai dunia pendidikan sangat merasakan kebermanfaatannya. Sejalan dengan perkembangan TeknologiInformasi dan Komunikasi (TIK) tersebut, maka teknologi komputer sangat pesat, sehinggakeunggulan komputer tidak hanya terbatas pada kemampuan mengolah data, tetapi lebih dariitu komputer dapat menunjang dalam proses pengambilan keputusan. Dengan komputer dapatmenjalankan informasi yang berbasiskan komputer maka data yang masuk akan diolah secaratepat, akurat, mudah dalam mengaksesnya.Selain sarana untuk menyajikan informasi, komputer dapat dimanfaatkan di berbagai bidang termasuk bidang pendidikan. Pemanfaatan komputer sudah tidak berkembang tidak hanya sebagai alat yang hanya dipergunakan untuk membantu urusan keadministrasian saja,melainkan juga sangat dimungkinkan untuk digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pemilihan media pembelajaran.Secara umum siswa sering mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaranmatematika, diantaranya adalah kesulitan dalam menghitung cepat, kemampuan logika,ketrampilan menulis atau menggambar dan rasa malas belajar matematika. Ini disebabkansiswa memandang pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan.Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang menduduki peran penting dalam pendidikan karena dilihat dari waktu yang digunakan dalam pelajaran matematika disekolah,lebih banyak dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Serta pelaksanaan pendidikandiberikan pada semua jenjang pendidikan yang dimulai dari SD sampai Perguruan Tinggi.Maka dari itu pelajaran harus diusahakan menarik dan menyenangkan.
 
G
ambaran permasalahan diatas menunjukkan bahwa pembelajaran matematika perludiperbaiki guna meningkatkan pemahaman konsep siswa. Untuk itu diperlukan solusi yangtepat untuk mengatasi masalah tersebut sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika.Berdasarkan penjelasan diatas, bahwa untuk meningkatkan kualitas pembelajaranmatematika dengan dukungan media pembelajaran pada proses belajar mengajar. MenurutDjamerah dan Zain (1996: 136) dalam kegiatan belajar mengajar ketidakjelasan bahan yangdisampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Kerumitan bahan pelajaran dapat disederhanakan dengan bantuan media. Media dapat mewakili apa yangkurang mampu guru ucapkan melalui kata-kata atau kalimat. Saat ini pemanfaatan komputer sangat diminati untuk media pembelajaran.Setelah menyelesaikan suatu proses belajar untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa dengan dukungan media pembelajaran tersebut, perlu adanya kerjasama antara gurudan peneliti yaitu melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Proses PTK ini memberikankesempatan kepada peneliti dan guru untuk mengidentifikasi masalah- masalah pembelajarandi sekolah sehingga dapat dikaji ditingkatkan dan dituntaskan.Penelitian tindakan kelas ini difokuskan pada peningkatan pemahaman konsepkeliling dan luas segi empat siswa SMP. Pemahaman dalam penelitian ini adalahkesanggupan dan kecakapan untuk mengenal fakta, konsep, prinsip, dan
 skill 
.Keliling sebuah bangun datar adalah total jarak yang mengelilingi bangun tersebut.Ukuran keliling adalah mm, cm, km, atau satuan panjang lainnya. Sedangkan yang dimaksudluas sebuah bangun datar adalah besar daerah tertutup suatu permukaan bangun datar. Ukuranuntuk luas adalah
 
cm
2
, m
2
km
2
atau satuan luas lainnya.Berdasarkan latar belakang tersebut maka diperlukan suatu dukungan media pembelajaran berbasis TIK untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa khususnya pada pokok bahasan keliling dan luas segi empat siswa SMP.
B. Perumusan Masalah
 Berdasarkan fokus PTK diatas maka dapat dirumuskan permasalahan:1) Apakah proses pembelajaran matematika melalui dukungan media pembelajaran berbasis TIK oleh guru dapat meningkatkan pemahaman siswa?2) Apakah proses pembelajaran matematika melalui dukungan pembelajaran berbasisTIK oleh guru dapat meningkatkan keaktifan atau response siswa?
 
3) Apakah proses pembelajaran matematika melalui dukungan madia pembelajaran berbasis TIK oleh guru dapat meningkatkan kreatifitas siswa?
C
.
 
Tujuan Penelitian
 Tujuan Penelitian merupakan jawaban dari rumusan masalah agar suatu penelitiandapat lebih tearah dan ada batasan- batasannya tentang objek yang diteliti. Adapun tujuan penelitian ini adalah :1) Meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep keliling dan luas segi empat2) Meningkatkan keaktifan/response siswa dalam pembelajaran matematikakhususnya pada keliling dan luas segi empat.3) Meningkatkan kreatifitas siswa dalam pembelajaran matematika khususnya padakeliling dan luas segi empat.
D. Manfaat Penelitian
1.
 
Manfaat TeoritisSecara umum hasil penelitian ini diharapkan secara teoritis dapat memberikansumbangan kepada pembelajaran matematika.Terutama pada peningkatan pemahaman siswa dalam mengikuti pelajaran matematika melalui dukungan media pembelajaran matematika dianggap penting dan perannya yang cukup besar dalam halmeningkatkan pemahaman, keaktifan/response dan kreatifitas siswa dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu guru dapat menerapkan pada pembelajaranmatematika.1.
 
Manfaat PraktisSecara praktis, penelitian ini memberikan masukan kepada guru agar dapat digunakanuntuk memperbaiki pembelajaran matematika melalui dukungan media pembelajaran berbasis TIK bagi siswa yang menjadi obyek penelitian diharapkan dapatmeningkatkan pengalaman mengenai pembelajaran matematika dengan media pembelajaran berbasis TIK.

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Saiful Wali liked this
Ganjar Candra liked this
Niky Hardinata liked this
Niky Hardinata liked this
Niky Hardinata liked this
hmuft_ry liked this
nntriew liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->