Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah-administrasi-perkantoran

makalah-administrasi-perkantoran

Ratings: (0)|Views: 647 |Likes:

More info:

Published by: Wallopugu Gagal Melelom on Jul 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/06/2013

pdf

text

original

 
BAB I
 
PENDAHULUAN
 
1.1
 
Latar Belakang Masalah
 Dalam melaksanakan pengelolaan suatu perusahaan, diperlukan kebijakan-kebijakanyang tepat dilakukan oleh orang-orang dalam perusahaan tersebut. Dalam pelaksanaannya,kebijakan manajemen memerlukan suatu pengetahuan yang dipadukan dengan keterampilandan pengalaman orang-orang dalam perusahaan tersebut. Perusahaan juga memerlukan suatucara yang dapat memberikan informasi sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilankeputusan, yaitu adanya perencanaan dan pengawasan. Perencanaan merupakan proses penelusuran atas peluang dan ancaman dari luar, penetapan tujuan yang diinginkan dan pemanfaatan sumber daya guna pencapaian tujuan tersebut.Perencanaan yang baik harus lah meliputi aktivitas yang akan dilakukan untuk masayang akan datang oleh personil-personil dari perusahaan tersebut. Dukungan pengawasanmerupakan suatu usaha yang sistematis perusahaan serta suatu alat nilai yang akan dicapaidari suatu prestasi kerja yang terencana yang dilakukan, terutama dalamhal biaya produksi.Anggaran berfungsi sebagai perencanaan yaitu dikatakan sebagai pedoman kerja danmemberikan arah serta sekaligus memberikan memberikan target-target yang harus dicapaioleh kegiatan-kegiatan perusahaan di waktu yang akan datang. Perencanaan anggaran juga berkaitan dengan penyusunan anggaran.Untuk merencanakan anggaran biaya operasi biasanya dilakukan dengan melihatrealisasi pemakaian biaya operasional tahun sebelumnya. Sedangkan pengawasan dilakukan pihak manajemen melalui anggaran dengan membandingkan biaya aktual yang telahdikeluarkan dengan anggaran yang telah disusun. Dengan melakukan perbandingan ini akandapat dilihat perbedaannya yang dinamakan sebagai penyimpangan. Penyimpangan tersebutdijadikan sebagai dasar atau pedoman bagi penyusunan anggaran tahun berikutnya.
 
PT Start Cosmos merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi Alat-alat elektonik seperti Kipas Agin, Setrika, Rice Cooker, dll. Biaya yang besar maupun kecilakan berpengaruh langsung pada perolehan laba atau rugi. Dalam pengawasan biaya operasi perlu dimasukkan kedalam suatu rencana atau anggaran terlebih dahulu, untuk memperolehsuatu daya guna yang tepat, dimana anggaran semula didasarkan atas daya guna masa lalu, perkembangan biaya di masa yang akan datang, perubahan kebijakan operasi dan lain-lain.Fungsi anggaran biaya operasi sebagai alat pengawasan merupakan satu bagian yangtidak terpisahkan dalam kegiatan operasi perusahaan. Dengan memanfaatkan anggaran biayaoperasi maka pengawasan terhadap biaya operasi akan efektif dan efisien. Analisis dan perbandingan antara biaya aktual dan estimasi atau standar digunakan untuk mengidentifikasikan sebab-sebab timbulnya perbedaan. Manajemen perusahaan kemudiandapat merumuskan suatu rencana operasional yang tepat guna mencapai tujuan organisasi perusahaan. Namun kondisi yang kini terjadi di perusahaan menunjukkan bahwa realisasi biaya operasi selalu lebih besar dari yang dianggarkan, hal ini terlihat dari perbedaan antaraanggaran yang disusun dengan realisasi yang terjadi. Penyimpangan biaya operasi yang tidak menguntungkan tersebut sebagai indikasi perencanaan biaya yang kurang memperhatikankondisi anggaran yang terjadi pada tahun sebelumnya dan pengawasan biaya operasi kurangoptimal dalam meminimalisasikan penyimpangan.Berdasarkan uraian-uraian diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitiandengan judul: ³Perencanaan dan Pengawasan Biaya Operasional Pada PT Start Cosmos´.
1.2 Rumusan Masalah
 Berdasarkan identifikasi masalah yang telah disebutkan di atas, maka penulismerumuskan masalah seagai berikut : ³Apakah anggaran sudah berperan sebagai alat perencanaan dan pengawasan biaya operasi PT Start Cosmos?´
 
1.3 Batasan Masalah
 Karena pembahasan tentang anggaran sangat luas, serta mengingat keterbatasnkemampuan dan waktu yang penulis miliki serta menghindarkan keseimpangsiuran di dalam pembahasan ini, maka penulis membatasi permasalahan yang berkaitan dengan peranananggaran sebagai alat perencanaan dan pengawasan biaya operasi pada PT Start Cosmos daritahun 2005 s/d 2007.
1.4
 
Tujuan Penelitian
 1.
 
Untuk mengetahui penyusunan anggaran yang ada di PT Start Cosmos.2.
 
Untuk mengetahui peranan anggaran sebagai alat perencanaana dana pengawasan biayaoperasi pada perencanaan dan pengawasan biaya operasi.3.
 
Untuk mengetahui terjadinya perbedaan anggaran dengan realisasi dalam mengevaluasianggaran.
1.5 Manfaat Penelitian
 1.
 
Bagi penulis, untuk menamba wawasan tentang peranan anggaran sebagai alat perencanaandan pengawasan biaya operasi.2.
 
Bagi perusahaan, sebagai bahan masukan yang dapat dijadikan dasar dalam memecahkanmasalah yang sedang dihadapi perusahaan, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.3.
 
Bagi lembaga, sebagai acuan dan pedoman bagi penulis berikutnya dengan penelitian yangsama.

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ria Zulzannah liked this
Ida Suaida liked this
Deri Yanna liked this
Siti Huuriyah liked this
Ida Suaida liked this
valentnasamya liked this
Nur Ainni liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->