Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penjelasan PP No 48 Tahun 2008

Penjelasan PP No 48 Tahun 2008

Ratings:

4.75

(8)
|Views: 1,436 |Likes:
Published by Yati Kurniawati
Penjelasan PP No 48 Tahun 2008 Tentang Pendanaan Pendidikan
Penjelasan PP No 48 Tahun 2008 Tentang Pendanaan Pendidikan

More info:

Published by: Yati Kurniawati on Sep 15, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/30/2012

pdf

text

original

 
PENJELASANATASPERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 48 TAHUN 2008 TENTANGPENDANAAN PENDIDIKANI. UMUMPengaturan mengenai pendanaan pendidikan dalam Pasal 46,Pasal 47, Pasal 48, dan Pasal 49, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003tentang Sistem Pendidikan Nasional disusun berdasarkan semangatdesentralisasi dan otonomi satuan pendidikan dalam perimbanganpendanaan pendidikan antara pusat dan daerah. Dengan demikianpendanaan pendidikan menjadi tanggung jawab bersama antaraPemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat. Tanggung jawab Pemerintah dan pemerintah daerah untukmenyediakan anggaran pendidikan berdasarkan prinsip keadilan,kecukupan, dan keberlanjutan. Dalam rangka memenuhi tanggung jawabpendanaan tersebut, Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakatmengerahkan sumberdaya yang ada sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang dikelola berdasarkan prinsip keadilan, efisiensi,transparansi, dan akuntabilitas publik.Untuk melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional tersebut di atas perluditetapkan Peraturan Pemerintah tentang Pendanaan Pendidikan.Pendanaan pendidikan dalam Peraturan Pemerintah ini meliputipengaturan lebih lanjut mengenai tanggung jawab pendanaan, sumberpendanaan, pengelolaan dana, dan pengalokasian dana.
 
II. PASAL DEMI PASAL Pasal 1Cukup jelas.Pasal 2Ayat (1)Cukup jelas.Ayat (2) . . .
 
 
- 2 -Ayat (2)Huruf aCukup jelas.Huruf bCukup jelas.Huruf cYang dimaksud dengan “pihak lain” misalnya pengusaha,alumni, dan organisasi sosial.Pasal 3Ayat (1)Huruf aBiaya satuan pendidikan merupakan biayapenyelenggaraan pendidikan pada tingkat satuanpendidikan.Huruf bBiaya penyelenggaraan dan/atau pengelolaan pendidikanmerupakan biaya penyelenggaraan dan/atau pengelolaanpendidikan oleh Pemerintah, pemerintah provinsi,pemerintah kabupaten/kota, atau penyelenggara/satuanpendidikan yang didirikan masyarakat.Huruf cBiaya pribadi peserta didik merupakan biaya personal yang meliputi biaya pendidikan yang harus dikeluarkanoleh peserta didik untuk bisa mengikuti prosespembelajaran secara teratur dan berkelanjutan.Ayat (2)Huruf aCukup jelas.Huruf bCukup jelas.Huruf cBantuan biaya pendidikan adalah dana pendidikan yangdiberikan kepada peserta didik yang orang tua atauwalinya tidak mampu membiayai pendidikannya.Huruf dBeasiswa adalah bantuan dana pendidikan yang diberikankepada peserta didik yang berprestasi.Ayat (3) . . .
 
 
- 3 -Ayat (3)Huruf aBiaya investasi satuan pendidikan meliputi biayapenyediaan sarana dan prasarana, pengembangansumberdaya manusia, dan modal kerja tetap.Angka 1Cukup jelas.Angka 2Cukup jelas.Huruf bAngka 1Biaya personalia meliputi gaji pendidik dan tenagakependidikan serta tunjangan yang melekat padagaji.Angka 2Biaya nonpersonalia meliputi bahan atau peralatanpendidikan habis pakai, dan biaya tak langsungberupa daya, air, jasa telekomunikasi, pemeliharaansarana dan prasarana, uang lembur, transportasi,konsumsi, pajak, asuransi, dan lain sebagainya. Ayat (4)Cukup jelas.Pasal 4Cukup jelas.Pasal 5Cukup jelas.Pasal 6Cukup jelas.Pasal 7Cukup jelas.Pasal 8Cukup jelas.Pasal 9Ayat (1)Huruf aCukup jelas.Huruf b . . .

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Basuki SPd liked this
Afifah Qaatnaa liked this
Nyoman Swasti liked this
Dede Setiadi liked this
Panji87 liked this
Daryanto Aiz liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->