Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Panduan Moving Class

Panduan Moving Class

Ratings: (0)|Views: 1,932 |Likes:
Published by gus_f4tih

More info:

Published by: gus_f4tih on Jul 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/18/2013

pdf

text

original

 
Panduan Moving Class SMAN 2 Pasuruan Page 1
PANDUAN MOVING CLASS SMAN 2 PASURUANTAHUN PELAJARAN 2011/2012
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar BelakangPeraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006. Pada Lampiran
Bab III mengenai beban belajar menyebutkan bahwa “Satuan Pendidikan pada semua
 jenis dan jenjang pendidikan menyelenggarakan program pendidikan denganmenggunakan sistem paket atau system Satuan Kredit Semester (SKS). PP no.19 Tahun2005 Pasal 11 (3), beban belajar untuk sekolah dinyatakan dalam Satuan Kredit Semester(SKS). Pada sistem ini diperlukan suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan siswalebih aktif dengan sistem belajar bergerak atau moving class.Konsep Moving Class mengacu pada pembelajaran yang berpusat pada pesertadidik serta memberikan lingkungan yang dinamis sesuai dengan pembelajarannya.Moving Class merupakan sistem pembelajaran yang bercirikan kelas berkarakter matapelajaran.Dengan konsep ini diharapkan siswa akan tumbuh dinamis dalamketerlibatannya secara alamiah dalam proses pembelajaran yang didukung lingkunganyang dirancang secara cermat dengan menggunakan konsep yang jelas. Konsep movingclass mengacu pada pembelajaran yang bervariasi dari satu kelas ke kelas yang lain.B.
 
Tujuan1.
 
Memfasilitasi siswa yang memiliki beraneka macam gaya belajar baik visual,auditori,dan kinestetik untuk pengembangan diri.2.
 
Tersedianya sumber belajar, sarana prasarana yang sesuai dengan karaktermata pelajaran.3.
 
Melatih siswa mandiri, kerjasama, serta komunikasi sosial. Karena movingclass memungkinkan anak berkomunikasi dengan teman lain kelas.4.
 
Merangsang seluruh aspek perkembangan dan kecerdasan siswa (multipleintelegent)5.
 
Meningkatkan Kualitas proses pembelajaran6.
 
Meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu pembelajaran karenapendamping selalu berada di ruang atau pun laboratorium, sehingga waktupendamping mengajar tidak terganggu dengan hal-hal lain.7.
 
Meningkatkan Disiplin siswa dan pendamping8.
 
Meningkatkan keterampilan pendamping dalam memvariasikan metode danmedia pembelajaran yang diaplikasikan dalam kehidupan siswa sehari-hari9.
 
Meningkatkan keberanian siswa untk bertanya-jawab, mengemukakanpendapat serta bersikap terbuka dalam setiap pembelajaran.10.
 
Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.Pelaksanaan Moving Class akan berjalan dengan tertib dan lancar bila Setiappenanggung jawab ruang kelas berperan aktif terhadap penataan ruang, waktu, sertaproses pembelajaran. Peran Tatib sangat diperlukan agar siswa tidak terlambat masuk.Meminimalisasi kehilangan waktu untuk perpindahan kelas. Hal ini harus diatasi denganberbagai aturan yang dibuat oleh masing-masing guru mata pelajaran. Kelengkapanmasing-masing kelas sesuai dengan matapelajaran yang mendukung.Meningkatnya biayaoperasional pelaksanaan program ini. Karena itulah maka dirasa perlu ada panduanpelaksanaan MOVING CLASS di SMA N 2 Pasuruan.Menuju pelaksanaan Sistem Kredit Semester, maka tahun pelajaran 2011/2012SMA Negeri 2 Pasuruan mengawali dengan moving class.
 
Panduan Moving Class SMAN 2 Pasuruan Page 2
C.
 
Hasil Yang DiharapkanHasil yang diharapkan dari panduan moving class adalah :a.
 
Adanya pemahaman dan persepsi yang sama tentang moving class.b.
 
Dengan panduan ini, Para siswa SMA N 2 Pasuruan dapat melaksanakan movingclass dengan benar.c.
 
Adanya arah pengembangan pendidikan di SMA N 2 Pasuruan.d.
 
Sebagai salah satu rujukan penyusunan program tahunan sekolah dalam memenuhikebutuhan pendidikan.e.
 
Terlaksananya moving class sebagai layanan pendidikan yang semakin bermutu.
 
Panduan Moving Class SMAN 2 Pasuruan Page 3
BAB IIPELAKSANAAN MOVING CLASS DI SMA N 2 PASURUANA.
 
Pengertian Moving ClassMoving Class adalah kegiatan pembelajaran dengan peserta didik berpindahSesuai dengan pelajaran yang diikutinya. Karena itu perlu adanya kelas ,mata pelajaranatau kelas mata pelajaran serumpun. Agar pelaksanaan dengan system Kelas berpindah(moving class) dapat terlaksana dengan baik dan member peningkatan yang signifikanterhadap mutu pembelajaran dan lulusan siswa maka perlu disusun strategi pelaksanaan,perangkat peraturan dan administrasi dalam kegiatan tersebut.B.
 
Tahapan Pelaksanaan Moving Class1.
 
PerencanaanKegiatan ini dilakukan pada tahun pelajaran 2010/2011 dalam bentuk pengumpulaninformasi dan daya dukung yang kemudian dituangkan dalam bentuk rancanganpedoman pelaksanaan moving class di SMA N 2 Pasuruan. Kegiatan iniditindaklanjuti dengan musyawarah guru SMA N 2 Pasuruan.2.
 
SosialisasiKegiatan sosialisasi dilakukan pada rapat awal semester genap tahun pelajaran2010/2011 kepada para guru, staf, serta karyawan SMA N 2 Pasuruan. Sedang untuk siswa, wali siswa, serta komite belum dilakukan sosialisasi secara menyeluruh.3.
 
Uji CobaUji coba pelaksanaan moving class akan dilaksanakan pada tahun 2011/2012 secaraserentak kelas X, XI, dan XII. Pelaksanaan ini akan dievaluasi setiap tahun agarterlaksana system moving class yang ideal.C.
 
Strategi Pelaksanaan Moving ClassStrategi pembelajaran dengan system moving class merupakan salah satu syaratpelaksanaan Sekolah Model yang mempunyai program ke depan menggunakan systemkredit semester. Pelaksanaannya akan diatur dengan pedoman pelaksanaan belajardengan moving class. Untuk mencapai hasil yang optimal dalam pembelajaran yangdilakukan secara moving class maka perlu ditetapkan strategi pelaksanaannya.1.
 
Penanggung jawab akademik.-
 
Kepala SekolahMemberikan arahan teknis kepada warga sekolah tentang system belajar movingclass.-
 
Waka Akademik Menyusun draf rencana kegiatan yang berisi uraian kegiatan, sasaran, pelaksanakegiatan dan waktu/jadwal pelaksanaan yang meliputi:a.
 
Menganalisis kebutuhan ruang mata pelajaran,b.
 
Membuat denah ruang mata pelajaranc.
 
Merencanakan pengadaan sarana dan prasarana ruang mata pelajaran(bersama waka sarana prasarana)d.
 
Menyusun pembagian tugas mengajar gurue.
 
Menyusun penanggung jawab ruang/koordinator mata pelajaran, penasihatakademik, wali kelas, Tim kerja moving classf.
 
Menyusun jadwal pembelajarang.
 
Memantau kelancaran proses belajar mengajar dibantu semua wakah.
 
Mensosialisasikan rencana kerja kepada warga sekolah

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Cavina Yasa liked this
Rietha Aiu liked this
Ari Wenas liked this
Adi Saputra liked this
Asmah Amir liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->