Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ManusiadanPenderitaan

ManusiadanPenderitaan

Ratings: (0)|Views: 623|Likes:

More info:

Published by: Syaifullah Iam Fulla on Jul 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/24/2012

pdf

text

original

 
 
MAKALAH
MANUSIA DAN PENDERITAAN
Ditujukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata KuliahILMU SOSIAL BUDAYA DASAR
 
Oleh :
M U R T I M A H
 NIM : 3100151Dosen Pembimbing :AGUS SETYO WIDODO, S.Ip. M.Pd
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH( STIT ) PEMALANG2011
 
 
BAB IPENDAHULUAN
 
A.
 
Latar Belakang
Manusia adalah makhluk cipataan Tuhan yang paling mulia. Kemuliaan itudikarenakan manusia dianugerahi akal dan pikiran untuk membedakan mana yangbaik dan mana yang buruk untuk kehidupannya. Walaupun dalam kenyataannyabanyak manusia yang tidak menggunakan akal pikirannya sehingga ia salah arahyang akhirnya merusak dirinya sendiri.Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaanmanusia bertingkat-tingkat, ada yang berat dan ada juga yang ringan. Namun,peranan individu juga menentukan berat-tidaknya Intensitas penderitaan. Suatuperristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang, belum tentu merupakanpenderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dankebahagiaan.Akibat dari penderitaan itu ada yang mengambil hikmah dari semuapenderitaan yang telah dia alami dan ada juga yang tidak seperti itu, mudah-mudahan semua manusia bisa mengambil hikmah dari penderitaan yang merekaalami.
B.
 
Rumusan Masalah
Adapun masalah
 – 
masalah yang akan dibahas dalam makalah ini, antara lain :
 
Apa hakekat manusia itu ?Apa yang dimaksud dengan penderitaan ?Apa sumber, sebab dan pengaruh penderitaan ?Bagaimana hubungan Manusia dengan Penderitaan ?
C.
 
Tujuan Makalah
Dari rumusan masalah yang telah dirumuskan oleh penulis diatas, makalahini disususn dengan tujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan :Hakikat manusia.Definisi penderitaan.Sebab dan pengaruh penderitaan.Hubungan antara Manusia dan penderitaan.
D.
 
Manfaat
Makalah ini disusun dengan harapan bisa berguna secara teoritis sebagaipengetahuan agar biasa menyikapi positif dalam penderitaan yang dialami dalamhidup ini dan Secara praktis makalah ini diharapkan bermanfaat bagi penulis danpembaca.
 
 
BAB IIISIA.
 
Hakekat Manusia.
Manusia adalah mahluk Allah yang sempurna dan mulia dibandingkanmahluk Allah lainnya karna manusia dibekali akal ghorizi untuk berpikir dan jugamanusia diberi tugas dan peran di muka bumi ini.Al-Quran menerangkan bahwa manusia berasal dari tanah denganmempergunakan bermacam-macam istilah, seperti : Turab, Thien, Shal-shal, danSualalah.
Firman Allah itu iyalah dalam Qur’an Surat Nuh, 71 ayat 17
-18 :
 
 
   
 
     
  
   
 
   
 
   
   
  
 
 
 
 
 
  
   
 
   

 
 
     
  
 
 
 
 
   
 
 
 
 
  
   
  
   
 
 
 

   
  
 
 

 Dan Allah menumbuhkan kamu dari tanah dengan sebaik-baiknya, kemudian Diamengembalikan kamu ke dalam tanah dan mengeluarkan kamu (daripadanya padahari kiamat) dengan sebenar-benarnya. (QS. Nuh, 71 : 17-18)
Hal ini dapat diartikan bahwa jasad manusia diciptakan Allah daribermacam-macam unsure kimiawi yang terdapat dari tanah. Adapun tahapan-tahapan dalam proses selanjutnya, al-Quran tidak menjelaskan secara rinci.Manusia yang sekarang ini, prosesnya dapat diamati meskipun secara bersusahpayah. Berdasarkan pengamatan yang mendalam dapat diketahui bahwa manusiadilahirkan ibu dari rahimnya yang proses penciptaannya dimulai sejak pertemuanantara permatozoa dengan ovum.Manusia diciptakan Allah Swt. Berasal dari saripati tanah, lalu menjadinutfah, alaqah, dan mudgah sehingga akhirnya menjadi makhluk yang palingsempurna yang memiliki berbagai kemampuan. Oleh karena itu, manusia wajibbersyukur atas karunia yang telah diberikan Allah Swt.
B.
 
Penderitaan.
Penderitaan berasal dari kata derita, kata derita berasal dari bahasaSanskerta
“dhara” 
artinya menahan, menanggung. Derita berarti menanggung ataumerasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu ialah keluh kesah,kesengsaraan, kelaparan, kekenyangan, kepanasan, dan lain-lain.Contoh penderitaan yang terjadi pada diri manusia antara lain :1.
 
Derita kehidupan yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW, mulai dari dalamkandungan sampai lahir didunia menjadi yatim-piatu.2.
 
Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsanya. dll

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->