Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
82Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kompor tenaga surya

Kompor tenaga surya

Ratings:

4.71

(7)
|Views: 6,272 |Likes:
Published by Fatahul Arifin

More info:

Published by: Fatahul Arifin on Sep 16, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/17/2013

pdf

text

original

 
DISAIN DAN PROPTOTIPE KOMPOR TENAGA SURYADENGAN SISTEM REFLEKTOR TUNGGALFatahul ArifinAli MediStaf Jurusan Teknik MesinPOLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYAAlamat Kantor: Jalan Srijaya Negara, Bukit Besar Palembang 30139Telp. 0711-353414Alamat Rumah: Jalan Bendung Indah I no.36 Rt. 25 Palembang 30113Telp. 0711 367737, Mobile : 08127112907 Email:farifinus@polisriwijaya.ac.idABSTRACT
Indonesia is a country that placed in equator. God bless this country which is shinedby sun a long year. Sun shine is cheap energy and can be used for cooking. So, thewriter designed and made solar oven with single reflector system. The size of thisstove is 600 mm length, 400 mm width, 300 mm height. This stove is able to be usedfor cooking, boiling and meat roasting. The research result is optimum degree of reflector is 75
0
and time to boil 1.5 liter water is about 100 minutes. By using this stoveis expecting can decrease using fossil fuel in our country.
ABSTRAK
Indonesia merupakan negara yang terletak di garis khatulistiwa yang dianugrahi olehTuhan YME, alam yang berlimpah ruah yang disinari oleh Matahari sepanjang tahun.Sinar matahari ini adalah energy yang murah dan ramah lingkungan serta dapatdimanfaatkan untuk memasak, memanggang, merebus, menanak. Untuk itu penulismerancang dan membuat kompor tenaga surya dengan sistem reflektor tunggal,dengan ukuran panjang 600 mm, lebar 400 mm, dan tinggi 300 mm. Kompor ini dapatdigunakan untuk memasak, merebus dan memanggang. Hasil dari penelitian sudutoptimum untuk memasak air adalah 75
0
dan waktu yang diperlukan untuk merebus air 1.5 liter rata-rata adalah 100 menit. Diharapkan dengan kompor ini dapat mengurangiketergantungan akan bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui di negeri ini.
1. PENDAHULUANa.Latar Belakang
1
 
Peradaban manusia terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu.Sungguh tepat ungkapan mengatakan di dunia ini semuanya selalu berubah dan tidakada yang tetap, salah satu perubahan yang sangat nyata adalah perubahan akankebutuhan energi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa seluruh umat manusiamembutuhkan energi, hal ini terlihat dari seluruh aktifitas yang ada sepertipenerangan, memasak, menjalankan kendaraan bermotor dan lain-lain.Di Indonesia banyak energi yang dapat dimanfaatkan seperti energi matahari,angin, air, bahan fosil, minyak bumi, kotoran ternak, sampah daun kering, dan lain-lain. Tetapi hanya sebagian sumber energi yang dimanfaatkan oleh masyarakat yaituenergi dari minyak bumi, bahan fosil dan gas alam. Seperti telah diketahui bahwakedua energi ini tidak dapat diperbaharui dengan kata lain bahwa energi ini akan habisterpakai. Maka dari itu untuk mengurangi akan ketergantungan akan kedua energi inialangkah bijaknya mulai dicarikan cara untuk menggunakan energi yang lainnya.Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa ini telah dikarunia oleh sangpencipta mempunyai energi matahari yang berlimpah, untuk itu penulis inginmerancangan suatu alat yang dapat digunakan untuk memasak, memanggang,membakar, merebus dan mengukus dengan memanfaatkan energi ini. Alat ini nantinyadiberi nama kompor tenaga surya dengan sistem reflektor tunggal. Kompor tenagasurya dengan sistem reflektor tunggal ini nantinya dapat meringankan beban daripemerintah dan khususnya masyarakat yang sekarang ini telah kesulitan untukmencari minyak tanah. Dengan kompor ini berarti dapat mengurangi ketergantunganpada minyak tanah dan mencari alternatif energi yang murah.
b.Perumusan Masalah
Dalam kaitan perancangan dan pembuatan kompor dengan tenaga suryadengan sistem reflektor tunggal ini ada beberapa hal yang menjadi rumusan masalahyaitu:1.Apakah sistem reflektor tunggal dapat memanfaatkan energi matahari menjadisumber energi sehingga dapat digunakan untuk memasak?2.Seberapa banyak waktu yang diperlukan kompor ini untuk memasak?
c.Tujuan Penelitian
Bertolak dari rumusan masalah diatas, penelitian ini dilakukan dengan tujuanmemperoleh data sebagai berikut:
2
 
1.Memperoleh data tentang aplikasi sistem reflektor tunggal pada kompor tenagasurya.2.Mendapatkan waktu optimum yang diperlukan untuk memasak dengan kompotenaga surya sistem replektor tunggal.
d.Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari hasil penelitian ini diharapkan:1.Mengurangi pemakaian energi minyak bumi, bahan fosil dan gas alam,khususnya minyak tanah yang sekarang ini cukup sulit didapat dang kalaupunada harganya sangat mahal.2.Dengan Menggunakan kompor tenaga surya system reflector ini masyarakatmendapatkan sumber energi yang murah sehingga dapat menghemat ongkospengeluaran (belanja).3.Orientasi ke depan yaitu untuk pengembangan industri kecil khususnya indutsripembuatan kompor sehingga dapat membuat kompor tenaga surya ini sebagaipengembangan dari produk atau dengan kata lain disertifikasi produk.
2. KERANGKA PEMIKIRAN
Pada dasarnya sumber energi di dunia banyak dan tersebar dimana-mana.Tetapi hanya sebagian saja yang banyak dimanfaatkan oleh manusia yaitu energi dariminyak bumi, bahan fosil dan gas alam, sedangkan sumber energi lain seperti sampahdedaunan, kayu, angin, air, matahari, dan gelombang pasang sedikit sekalidimanfaatkan.
Sumber Energi Yang Tidak Dapat Diperbaharui
Sumber energi ini banyak digunakan disegala sektor sekarang ini. Sumber energi ini yaitu yang berasal dari minyak bumi, bahan fosil, dan gas alam. Semuasumber ini memerlukan proses yang panjang untuk mendapatkannya dan kemudiandapat dimanfaatkan, sebagai contoh minyak bumi membutuhkan proses berjuta-jutatahun. Sebaliknya, pengekplotasianya dilakukan terus-menerus dan bisa dibayangkanpasti persediaannya akan menipis dan mungkin akan habis. Hal inilah mengakibatharga minyak bumi dunia melonjak dengan tajam sampai mendekati 100 dolar AS per barel (Kompas, 2007). Oleh karena itu sekarang ini para ahli berlomba untuk mencarialternatif sumber energi yang salah satunya yaitu dengan memanfaatkan energi suryasebagai energi untuk memasak.
Sumber Energi Yang Dapat Diperbaharui
3

Activity (82)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Catur Kurniawan added this note
klo boleh tau buat alatnya habis dana berapa gan.?
Aprilia Yunita liked this
Mohd Syamsiro liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->