Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Jenis Jaringan Komputer

Jenis Jaringan Komputer

Ratings: (0)|Views: 500 |Likes:
Published by Andy Kusumahyadi
macam-macam komputer
macam-macam komputer

More info:

Published by: Andy Kusumahyadi on Jul 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2012

pdf

text

original

 
Jenis Jaringan Komputer 
1.
 
Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah beberapa komputer yang saling berhubungan antarasatu dengan yang lainnya sehingga memungkinkan untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi.Sebuah jaringan komputer pada intinya terdiri darai perangkat keras dan perangkat lunak serta pengguna dan semuanya memiliki interaksidengan tim administrator jaringan. Bila diurai, maka perangkat keras komputer desktop, kabel, perangkat jaringan komputer dan server serta sarana komunikasi data sewaan atau milik sendiri.Perangkat lunak didalam jaringan komputer yang tersambung ke internet melaluisaluran komunikasi data sewaan atau milik sendiri, terdiridari sistem operasi komputer desktop dan server. Perangkat lunak pada komputer desktop selain sistem operasi, ada juga perangkat lunak aplikasi Browser, FTP Client, Word Processor, Spreadsheet, PDF reader danwriter, software aplikasi grafis, perangkat lunak anti virus,dll.Didalam server terdapat perangkat lunak seperti FTP server, Mail server, DNSserver, Web server, Firewall, Router, Network AddressTranslation (NTS). 
2.
 
Fasilitas
a.
 
Mengakses data file yang tersimpan dikomputer lain tanpa menggunakandisket. b.
 
Menggunakan Periferal yang terpasang dikomputer lain.
 
c.
 
Mengirim pesan ke pengguna komputer lain.d.
 
Menjalankan program yang tersimpan dikomputer lain. 
3.
 
Manfaat
a.
 
Menghemat biaya karena memungkinkan pengguna bersama komputer dalam jaringan. b.
 
Menghemat kapasitas karena dimungkinkan pengaksesan dari komputer lain sehingga tidak harus melakukan pengcopyan.c.
 
Memungkinkan pengerjaan suatu proyek bersama dalam jaringansehingga membuat pengerjaan lebih efisien dan efektif.d.
 
Mempermudah pertukaran informasi. 
4.
 
Macam-macam Jaringan
Jaringan dapat dibedakan menjadi beberapa macam. Dilihat dari segi cakupangeografisnya dapat dibedakan menjadi 4 macam yaituLAN,MAN, WAN dan GAN. Ditinjau dari model koneksinya dapat dibedakanmenjadi 2 yaitu Peer to Peer dan Client-Server. sedangkandilihat dari media penghubungnya jaringan dapat dibedakan menjadi jaringandengan teknologi kabel dan jaringan dengan teknologi wireless. 
☻ Jaringan menurut cakupan geografisnya
A. LAN (Local Area Network)
LAN merupakan jaringan komputer yang dapat digunakan pada area tertentu.LAN dapat digunakan sampi jarak 10 KM. Namun,dalam praktek jaringan ini hanya digunakan pada lingkup yang sangat sempitmisalnya pada sebuah gedung yang memerlukan hubungan antar komputer yang satu dengan komputer yang lain, disuatu sekolahan, universitastertentu, dll.
 
Local Area Network yang baik dibangun dari perangkat keras dan perangkatlunak yang memadai meliputi server, hub, kabel data, ethernet,komputer dan perangkat lainnya serta sistem operasi server dan dekstop. Desainnetwork yang menghindarkan terjadinya kejenuhan traficdata dengan cara pemakaian perangkat switching, router serta pelaksanaan kaidahTCP/IP berikut pengaturan akses pengguna jaringankomputer atau user policy akan semakin meningkatkan performance network danefektifitas penggunaan bandwidth.LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut:1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi.2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit.3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operatotelekomunikasi.Local Area Network (LAN)Tujuan atau kebutuhan yang ingindipenuhiLAN dengan file server Pengguna dapat mendapatkan filedari server LAN dengan akses InternetPengguna dapat akses ke Internet,kirim dan terima email, dapat jugaupload atau download file.LAN dengan servemessaging, personal webdirektori, email server,interface komunikasi berbasisweb antar anggota dengananggota atau anggota dengan pimpinan (server chating,server blog, wordpress, dll) baik tersambung ke Internetmaupun tidak tersambung keInternetLAN dengan server messaging, personal web direktori, emailserver, interface komunikasi berbasis web antar anggotadengan anggota atau anggotadengan pimpinan (server chating,server blog, wordpress, dll) baik tersambung ke Internet maupuntidak tersambung ke InternetSSL server tersambung ke bank penyelengara servistransaksi on line, servedatabase yang dilengkapidengan form order, web server dengan direktori prenstasiElectronik payment, automaticorder recording, product web presentation

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Aaq Too Ayou liked this
Celyn Lin liked this
Andre Deeng liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->