Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ayat al qur'an yang menjelaskan tentang manajemen

ayat al qur'an yang menjelaskan tentang manajemen

Ratings: (0)|Views: 1,613 |Likes:
Published by Cong Limboo

More info:

Published by: Cong Limboo on Jul 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/30/2013

pdf

text

original

 
³Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berjuang di jalan-nya dalam barisanyang teratur,mereka seakan-akan seperti suatu yang kokoh.´(QS Ash shaff 4)
Ketika kita membuka kembali ayat-ayat yang terukir indah dalam surat Ash Shaff ini,akan banyak sekali kandungan tentang manfaat serta konsep-konsep dalam berorganisasi, bekerja dalam sebuah barisan yang teratur dan kokoh. Salah satu surat Madaniyah inimengupas secara rinci tentang konsep berjamaah di dalam Islam. Hal ini memang sangatditekankan oleh Rasulullah SAW pada masa berdakwah di Madinah, saat surat iniditurunkan. Dimana, pengokohan organisasi dan kejamaahan adalah titik tekan dakwahRasulullah SAW di Madinah, berbeda dengan titik tekan dakwah Rasulullah SAW ketika diMekkah yang fokus pada pengokohan aqidah dan ruhiyah ummat Islam masa itu. Dalam suratini, terdapat lima konsep besar yang harus ada untuk mewujudakn organisasi yangkokoh.Yaitu,kesesuaian konsep dan pelaksanaan dalam organisasi, soliditas tim, ketepatanmengukur dan mengetahui kekuatan dan tantangan, konsep kesungguhan dalam bekerja dan berjuang, serta memiliki kader yang militan (kader yang solid).
 Pertama,
untuk mewujudkan organisasi yang kokoh diperlukan adanya kesesuaian konsep(perkataan) dan pelaksanaan (at tawafuq bainal qouli wal amal). Hal ini tercantum dalam ayat1 - 3. Dijelaskan dalam ayat ini, bahwa seruan-seruan ini hanya ditujukan untuk orang-orang beriman dan tidak untuk semua orang. Artinya bahwa, sebagai orang beriman harusmemahami dan melaksanakan hal tersebut. Selain itu, yang diseru di sini adalah orang-orang beriman bukan hanya satu orang beriman.dan di sinilah pesan konsep kejamaahannya(keorganisasiannya). Kesesuaian antara konsep (perkataan) dan pelaksanaan artinya tidak hanya lihai merumuskan ide yang tidak diiringi dengan amal nyata. Justru keduanya harus berjalan dengan sinergi antara konsep dan pelaksanaan. Organisasi itu harus mempunyaikonsep cara bekerja. Bukan hanya sekedar mempunyai kemampuan bekerja tetapi jugamenguasai cara bekerja. Penguasaan cara bekerja akan memudahkan bagaimana mencapaitujuan berkerja.
 Kedua,
dalam ayat keempat surat ini disebutkan bahwa Allah SWT menyukai mukmin yang berjuang dalam sebuah bangunan yang kokoh. Ciri dari bangunan yang kokoh adalah seluruhkomponen di dalamnya saling menguatkan satu dengan yang lain. Dapat dirinci, bahwasoliditas organisasi memiliki tiga ciri, yaitu: masing-masing komponen didalamnya bisamenguatkan satu dengan yang lain, bersinergi dalam bekerja serta memiliki program yang jelas, termasuk pembagian pelaksanaan program (pembagian potensi dan pemanfaatankemampuan). Dalam hal ini, diperlukan adanya ketepatan di dalam penempatan orang. Siapayang harus jadi tiang, jendela, atap, dsb.
 Ketiga,
dalam ayat 5 - 9 dijelaskan tentang tantangan yang dihadapi oleh para nabi dan rasul.Dari ayat ini kita dapat mengambil pelajaran bahwa perlunya untuk mengukur tantangan-tantangan yang akan dihadapi dalam kerja-kerja organisasi. Jika kita mengetahui ukurantantangan itu, maka kita bisa membuat program yang bisa mengatasi tantangan tersebut.

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
AmiePoenya liked this
Bagus Al Faateh liked this
Zaenal Abidin liked this
Alvian Aura liked this
Iwenk Gagah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->