Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah pribadi

makalah pribadi

Ratings: (0)|Views: 489 |Likes:

More info:

Published by: Chacha Theresia Helena on Jul 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/19/2012

pdf

text

original

 
1
COMMUNITY MEDICINE
ADMINISTRASI KESEHATAN
Theresia Helena (102008147)Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida WacanaJl. Arjuna Utara no.6 Jakarta BaratEmail: chacha_chuby41@yahoo.com
PENDAHULUAN
Kesehatan masyarakat sangat penting bagi ketersediaan sumber daya manusia (SDM) berkualitas yang menentukan daya saing bangsa. Menurut Achmad Suyudi (1999), pembangunan kesehatan merupakan pembangunan investasi SDM berkelanjutan. Namun,diakui atau tidak, dewasa ini persoalan kesehatan masyarakat semakin kompleks, baik di pedesaan maupun di perkotaan. Menurut Surjadi (2000), seringkali kita kurang menyentuhakar permasalahan kesehatan, seperti (a) kemiskinan dan lingkungan yang menyebabkanmasyarakat tidak berdaya untuk mengakses pelayanan publik karena terbebani oleh stigma-stigma tertentu; (b) pengaruh industrialisasi, seperti pariwisata, makanan, dan perilaku; (c)factor psikososial keluarga dan individu, seperti stress, ketergantungan terhadap NAPZA(Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya); (d) faktor yang berkaitan dengan anak  jalanan, pekerja sektor informal, pekerja seks komersial, petugas kebersihan kota, remajakota, dan usia lanjut (manula); serta (e) faktor akibat terjadinya krisis seperti bencana banjir,gempa bumi, kebakaran, dll.
3
 Sementara, di daerah pedesaan, sering dijumpai (a) keterbatasan jumlah tenaga medis diwilayah-wilayah pedalaman, minimnya ketersediaan infrastruktur prasarana pelayanankesehatan, dll. Kondisi ini menyebabkan (b) minimnya penanganan gizi buruk, busung lapar,serta diare bayi dan balita; (c) minimnya pelatihan tentang upaya perbaikan gizi masyarakatdengan pembudidayaan dan pemanfaatan berbagai sumber makanan nabati, seperti ubi-ubian,kacang-kacangan, dll. yang dimiliki bangsa Indonesia; (d) perilaku masyarakat yang acuh tak acuh terhadap kesehatannya sendiri atau keluarganya dll.; (e) ada praduga kesengajaansistematis dari pemerintah daerah (pemda) tertentu dalam memberikan laporan objektif mengenai status kesehatan masyarakatnya, gizi buruk, dan busung lapar yang terjadi di
 
2
 
daerahnya dengan dalih akan dicap sebagai daerah miskin atau takut dianggap gagal oleh pemerintahan yang lebih tinggi. Laporan para bidan desa (Bindes) mengenai derajatkesehatan masyarakat yang buruk, termasuk kasus-kasus gizi buruk dan busung lapar, danlain-lain disimpan dan ditutup rapat-rapat, serta memberikan laporan kepada atasan yang baik-baik.
3
 Dengan demikian, diperlukan pengembangan pola pendekatan kesehatan masyarakatyang melibatkan berbagai pihak. Pola pendekatan bukan secara medis saja, tetapi bagaimanamelakukan pendekatan kombinasi secara medis, kultural, sosiologis, berdasarkan nilai-nilai,dan keberagaman budaya bangsa Indonesia.
3
 
ISI
 
Pendekatan Sistem
a.
 
Pengertian Sistem
Ada beberapa pengertian tentang sistem antara lain:
3
 1.
 
Sistem ialah satu kesatuan yang utuh diperkirakan berhubungan, serta satusamalain saling mempengaruhi, yang ketemunya dengan sadar dipersiapkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (Azrul Azwar)2.
 
Suatu sistem adalah merupakan suatu penggabungan, penyatuan dari dua atau lebih bagian-bagian, komponen-komponen atau subsistem-subsistem yang interdependendan ditandai oleh batas-batas yang jelas dari lingkungan suprasistemnya. (Fremont)3.
 
Suatu sistem adalah suatu tatanan yang terdiri dari beberapa bagian (subsistem)yang berkaitan dan tergantung satu sama lain dalam upaya mencapai tujuan bersama. (Loomba)Dari ketiga pengertian sistem di atas dapat kita ambil suatu kesimpulan ada beberapakata kunci yang perlu kita perhatikan dalam pengertian suatu sistem yaitu:
3
 1.
 
Kesatuan yang utuh/penggabungan/tatanan.2.
 
Terdiri dari sebagai faktor/bagian-bagian (subsistem).3.
 
Saling tergantung satu sama lain.4.
 
Dalam upaya mencapai tujuan.Unsur-unsur atau komponen dasar sistem adalah:
3
 
 
3
 
1.
 
Input ialah kumpulan elemen/bagian yang terdapat dalam sistem dan yangdiperlukan untuk dapat berfungsinya sistem tersebut.2.
 
Proses ialah kumpulan elemen/bagian yang berfungsi mengubah masalah menjadikeluaran yang direncanakan.3.
 
Output 
ialah kumpulan elemen/bagian yang dihasilkan dari berlangsungnya prosesdalam sistem.4.
 
 Feed 
back 
(balikan) ialah kumpulan elemen/bagian yang merupakan keluaran darisistem dan sekaligus sebagai masukan bagi sistem tersebut.5.
 
Dampak: meningkatnya derajat kesehatan masyarakat, terpenuhinya kebutuhan dantuntutan.6.
 
LingkunganUntuk 
in
 put 
diperlukan
 R
e
courc
es
 
dan
output 
dapat diperluas menjadi
im
 pact.
Di luar komponen daerah terdapat lingkungan (ekonomi, sosial, budaya) yang mempengaruhi sistemtetapi tidak dapat dipengaruhi oleh situasi itu sendiri, dan para pelaksana sistem harusmenyesuaikan diri dengan lingkungan apabila ingin berhasil dengan baik.Ciri-ciri suatu sistem:
3
 1.
 
Mempunyai tujuan.2.
 
Mempunyai struktur.3.
 
Terdapat mekanisme
in
 put-pro
 ses
-output 
yang kadang-kadang disertai
 f 
eed 
back.
 4.
 
Merupakan satu kesatuan usaha yang terdiri dari bagian-bagian yang saling bergantung satu sama lain.5.
 
Mempunyai batasan dengan lingkungan.6.
 
Mempunyai supra sistem.7.
 
Ada Hirarki8.
 
Ada sistem yang lain yaitu subsistem.Kita mengenal beberapa macam sistem yaitu:
3
 a.
 
Sistem yang statis dan tertutup contohnya arloji. b.
 
Sistem yang dinamis dan tertutup.c.
 
Sistem yang statis dan terbuka contohnya stabilisator.d.
 
Sistem yang dinamis dan terbuka contohnya Organisasi.e.
 
Sistem yang dinamis dan terbuka dalam lingkungan yang berubah.

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dairi Jatnika liked this
Hermi Barasa liked this
Hermi Barasa liked this
Imran Setiawan liked this
Mega Astari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->