Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PSAK no 2

PSAK no 2

Ratings: (0)|Views: 836|Likes:
Published by Ankga Suhenda

More info:

Published by: Ankga Suhenda on Jul 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/26/2011

pdf

text

original

 
PSAK no 2 (eksp draft) th 2009 selaras IFRS
Posted: 12 Februari 2011 by
hepiprayudi
inIFRS Tag:arus kas,investasi, pendanaan 
0 Secara umum perbedaan antaraED PSAK 2 (revisi 2009):
 Laporan Arus Kas 
dengan PSAK 2 (1994):
 Laporan Arus Kas
adalah sebagai berikut:dengan PSAK 2 (1994):
 Laporan Arus Kas
adalah sebagai berikut:
Perihal
 
PSAK 2 (1994)
 
ED PSAK 2 (Revisi 2009)
 Arus kas yang berasal dari beberapa transaksi sertakeuntungan atau kerugian daritransaksi tersebutTidak diatur secara eksplisit- Arus kas dari beberapatransaksi, misalnya penjualan peralatan pabrik diakuisebagai arus kas investasi.- Arus kas dari keuntunganatau kerugian dari transaksi diatas diakui sebagai arus kasoperasi.Metode tidak langsungPenyesuaian atas laba ataurugi termasuk berasal darihak minoritas dalam laba /rugi konsolidasi.DihilangkanArus kas dari pos luar biasaTerdapat peraturan mengenaiarus kas pos luar biasaDihilangkanArus kas dari pelepasankepemilikan pada entitas anak yang tidak mengakibatkanhilangnya pengendalianTidak ada pengaturanArus kas dari transaksitersebut diakui sebagai aruskas pendanaan.Perbedaan ED PSAK 2 (Revisi 2009):
 Laporan Arus kas
mengadopsi IAS 7
Statement of Cash Flow
per 1 Januari 2009, kecuali untuk paragraf 53, 54 dan 55 IAS 7 mengenai tanggalefektif awal dan tangal efektif dari amandemen atas IAS 7.
PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN NO.2
 
LAPORAN ARUS KAS
 Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 2 (revisi 2009) : Laporan Arus Kas terdiri paragraph1-53. PSAK 2 (revisi 2009) dilengkapi dengan lampiran yang bukan merupakan bagian dariPSAK 2 (revisi 2009). Seluruh paragraph tersebut memiliki kekuatan mengatur yang sama.Paragraf yang dicetak dengan huruf tebal dan miring mengatur prinsip-prinsip utama. PSAK 2 (revisi 2009) nharus dibaca dalam konteks tujuan pengaturan dan Kerangka Dasar Penyusunan dan penyajian Laporan Keuangan. PSAK 25 (revisi 2009) : KebijakanAkuntansi, Perubahan Estimasi Akuntansi dan Kesalahan memberikan dasar memilih danmenerapkan kebijakan akuntansi ketika tidak ada panduan yang eksplisit. Pernyataan ini tidak wajib diterapkan untuk unsur-unsur yang tidak material.
PENDAHULUAN
 
 
Tujuan
 Informasi tentang arus kas entitas berguna bagi para pengguna laporan keuangan sebagaidasar untuk menilai kemampuan entitas dalam menghasilkan kas dan setara kas serta menilaikebutuhan entitas untuk menggunakan arus kas tersebut. Dalam proses pengambilankeputusan ekonomi, pengguna perlu melakukan evaluasi terhadap kemampuan entitas dalammenghasilkan kas dan setara kas serta kepastian perolehannya.Tujuan Pernyataan ini adalah memberikan pengaturan atas informasi mengenai perubahanhistoris dalam kas dan setara kas dari suatu entitas melalui leporan arus kas yangmengklasifikasikan arus kas berdasarkan aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan selamasuatu periode.
Ruang Lingkup
 Entitas menyusun laporan arus kas sesuai persyaratan dalam Pernyataan ini dan menyajikanlaporan tersebut sebagai begian tidak terpisahkan dari laporan keuangan untuk setiap periode penyajian laporan keuangan.Pengguna laporan keuangan entitas berkepentingan untuk mengetahui bagaimana entitas berkepentingan untuk mengetahui bagaimana entitas menghasilkan dan menggunakan kasdan setara kas. Hal tersebut bersifat umum dan tidak bergantung pada aktivitas entitas sertaapakah kas dapat dipandang sebagai produk entitas seperti yang berlaku di lembagakeuangan. Pada dasarnya,entitas memerlukan kas dengan alasan yang sama meskipunterdapat perbedaan dalam aktivitas penghasil pendapatan utama (revenue-producingactivities). Entitas membutuhkan kas untuk melaksanakan usaha, melunasi kewajiban, danmembagikan dividen kepada investor. Oleh karena itu Pernyataan ini mensyaratkan semuaentitas menyajikan laporan arus kas.
Manfaat Informasi Arus Kas
 Jika digunakan dalam kaitannya dengan laporan keuangan lainnya, maka laporan arus kasdapat memberikan informasi yang memungkinkan pengguna untuk mengevaluasi perubahandalam asset neto entitas, struktur keuangannya (termasuk likuiditas & solvabilitas) dankemampuannya mempengaruhi jumlah serta waktu arus kas dalam rangka penyesuaianterhadap keadaan dan peluang yang berubah. Informasi arus kas berguna untuk menilaikemampuan entitas dalam menghasilkan kas dan setara kas dan emmungkinkan penggunamengembangkan model untuk menilai dan membandingkan nilai kini arus kas masa depandari berbagai entitas. Infromasi tersebut juga meningkatkan juga meningkatkan daya banding pelaporan kinerja operasi berbagai entitas karena dapat meniadakan pengaruh penggunaan perlakuan akuntansi yang berbeda terhadap transaksi dan peristiwa yang sama.Informasi arus kas historis sering digunakan sebagai indicator dari jumlah, waktu, dankepastian arus kas masa depan. Disamping itu, informasi arus kas historis juga berguna untuk meneliti kecermatan dari taksiran arus kas masa depan yang telah dibuat sebelumnya dandalam menentukan hubungan antara profitabilitas dan arus kas neto serta dampak perubahanharga.
Definisi
 
 
B
erikut adalah pengertian istilah yang digunakan dalam Pernyataan ini :
Aktivitas investasi
adalah perolehan dan pelepasan asset jangka panjang serta investasi lainyang tidak termasuk setara kas.
Aktivitas operasi
adalah aktivitas penghasil utama pendapatan entitas dan aktivitas lain yang bukan merupakan aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan.
Aktivitas pendanaan
adalah aktivitas yang mengakibatkan perubahan dalam jumlah sertakomposisi kontribusi modal dan pinjaman entitas.
Arus kas
adalah arus masuk dan arus keluar kas dan setara kas.
Kas terdiri atas
saldo kas (cash on hand) dan rekening giro (demand deposits).
Setara kas (cash equivalent
) adalah investasi yang sifatnya sangat likuid, berjangka pendek,dan yang dengan cepat dapat dijadikan kas dalam jumlah yang dapat ditentukan dan memilikirisiko perubahan nilai yang tidak signifikan.
Kas dan Setara Kas
 Setara Kas dimiliki untuk memenuhi komitmen kas jangka pendek, bukan untuk investasiatau tujuan lain. Untuk memenuhi persyaratan sebagi setara kas, suatu investasi harus segeradapat dirubah menjadi kas, dalam jumlah yang dapat ditentukan dan memiliki resiko perubahan nilai yang tidak signifikan. Karenanya, suatu investasi pada umumnya memenuhisyarat sebagai setara kas, hanya jika akan segera jatuh tempo dalam waktu, misalnya tiga bukan atau kurang sejak tanggal perolehannya. Investasu dalam bentuk saham tidak termasuk setara kas, kecuali substansi investasi saham tersebutadalah setara kas, misalnya saham preferen yang diperoleh dalam suatu periode singkat dari jumlah jatuh tenponya dan tanggal penebusan telah ditentukan.Pinjaman bank pada umumnya termasuk aktivitas pendanaan. Namun demikian, cerukan(bank overdraft) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengelolaan kas entitas.Dalam keadaan tersebut, cerukan termasuk komponen kas dan setara kas. Karakteristik dari pengaturan perbankan tersebut mengakibatkan saldo bank kadang kala berfluktuatif darisaldo positif ke posisis penarikan berlebih.Arus kas tidak termasuk mutasi di antara pos-pos yang termasuk dalam kas atau setara kas,karena komponen tersebut lebih merupakan bagian dari pengelolaan kas entitas dan bukansebagai bagian dari aktivitas operasi, investasi, dan pendannaan. Pengelolaan kas termasuk investasi kelebihan kas pada setara kas.
PENYAJIAN LAPORAN ARUS KAS
 Laporan arus kas melaporkan arus kas selama periode tertentu dan diklasifikasikan menurutaktivitas operasi, investasi, dan pendanaan.Entitas menyajikan arus kas dari aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan dengan cara yang paling sesuai dengan bisnisnya. Klasifikasi menurut aktivitas memberikan informasi yangmemungkinkan pengguna untuk menilai pengaruh aktivitas tersebut terhadap posisi keuangan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->